Monday, September 5, 2022

author photo September 05, 2022

Daftar isi [Tampil]

Sesuai dengan namanya, Instagram Lite merupakan aplikasi Instagram  yang dikemas dalam versi lebih ringan. Meskipun beda dengan versi originalnya, namun aplikasi ini mampu menghadirkan tampilan serta beberapa fitur yang hampir sama seperti aslinya.

perbedaan aplikasi instagram dengan instagram lite apk
perbedaan aplikasi instagram dengan instagram lite apk

Artikel ini tidak akan membahas tentang aplikasi Instagram Lite secara keseluruhan, melainkan lebih ke perbedaan keduanya. Jadi, untuk kamu yang masih bingung bisa menjadikan artikel ini sebagai acuan.


#1 Perbedaan Instagram Lite dengan Instagram Original

Berikut ini beberapa perbedaan dari Instagram Lite dengan versi original mulai dari ukuran, jaringan hingga storagenya!

1. Ukuran 

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Instagram Lite memiliki ukuran yang lebih ringan dibandingkan dengan versi aslinya. Untuk menyimpan aplikasi ini, pengguna hanya membutuhkan ruang penyimpanan sekitar 2,98 MB di luar dari data aplikasi dan cache. Sedangkan untuk aplikasi aslinya, pengguna harus menyiapkan ruang atau storage yang cukup besar yaitu sekitar 100 MB.

2. Bisa Digunakan Android Versi Minim

Instagram versi asli bisa dijalankan dengan optimal pada ponsel dengan sistem Android yang memiliki RAM memadai. Sedangkan untuk Instagram lite versi lawas bisa dijalankan pada ponsel Android bahkan dengan spesifikasi dan fitur yang sangat minim.


Baca juga: Download Facebook Lite APK versi Lama

3. Kualitas Jaringan

tampilan top menu instagram lite apk jauh lebih simpel dan ringan
tampilan top menu instagram lite apk jauh lebih simpel dan ringan diakses
Untuk mengoperasikan aplikasi Instagram versi asli dibutuhkan koneksi jaringan setidaknya 4G ataupun 5G. Sedangkan pada IG Lite versi lawas, kamu bisa tetap menggunakannya meskipun di koneksi jaringan 2G. 

4. Hemat Kuota Internet

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, IG Lite masih bisa digunakan meskipun di jaringan 2G. Hal ini tentu sangat menguntungkan karena selain tak perlu koneksi internet yang stabil, kamu juga bisa lebih hemat kuota internet.


Penggunaan Instagram Lite akan lebih menghemat kuota dibandingkan dengan versi aslinya. Pengguna tetap bisa menikmati berbagai konten menarik di Instagram lite meski dengan kuota yang menipis atau sedikit.

5. Keterbatasan Fitur

Sama seperti versi aslinya, Instagram lite juga menghadirkan fitur Story, Feed, DM dan beberapa fitur utama lainnya. Namun sayangnya, Instagram lite tidak menyediakan fitur Instagram live. Selain itu, fitur filter yang ada pada Instagram lite sangat terbatas.

6. Tidak Support dengan Sistem iOS

tidak ada versi iOS untuk ig lite
tidak ada versi iOS untuk ig lite
Perbedaan lainnya yang ada pada Instagram Lite yaitu masih belum mendukung untuk digunakan pada ponsel dengan sistem iOS. Sedangkan pada versi aslinya mendukung semua sistem yang ada pada ponsel iOS atau Android. Selain itu Instagram lite juga belum menyediakan mode atau tema “dark mode”.

#2 Cara Download dan Instal Instagram Lite APK

Saat ini Instagram Lite sudah bisa diunduh melalui Google Play Store. Bagi pengguna yang tertarik untuk menggunakannya berikut cara instal aplikasi Instagram Lite:

Nama AplikasiInstagramInstagram Lite
Ukuran file38.3 MB2.1 MB
Versi terbaru188.0251.0
Package namecom.instagram.androidcom.instagram.lite
Link download[Unduh][Unduh]
  • Langkah 1: Pertama buka Play Store yang ada pada ponsel yang pengguna miliki.
  • Langkah 2: Search dengan kata kunci "Instagram Lite".
  • Langkah 3: Nanti akan muncul untuk apk Instagram Lite, lalu klik instal.
  • Langkah 4: Tunggu proses instal sampai selesai, lalu pengguna bisa buka Instagram Lite dengan akun Instagram yang sudah dimiliki.
  • Langkah 5: Selesai, pengguna sudah bisa menggunakan Instagram Lite.
cara install instagram lite apk dari situs pihak ketiga (uknown source)
cara install instagram lite apk dari situs pihak ketiga (uknown source)

Demikian beberapa perbedaan dan cara instal aplikasi Instagram Lite yang bisa pengguna ketahui. Instagram lite sangat direkomendasikan bagi pengguna yang memiliki ponsel dengan kapasitas yang terbatas, namun tetap bisa menikmati berbagai konten menarik melalui Instagram lite.


Setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Disarankan untuk memilih aplikasi sesuai dengan kebutuhan pengguna. Semoga informasi mengenai perbedaan Instagram dan Instagram Lite dari Autobild.co.id diatas bisa bermanfaat.

Next article Next Post
Previous article Previous Post