Thursday, September 1, 2022

author photo

Daftar isi [Tampil]
Saat ini, WhatsApp telah menjadi aplikasi pesan instan sekaligus alat komunikasi paling populer baik dalam bentuk tulisan maupun panggilan suara. Hal ini tentu membuat suara notifikasi atau nada dering default dari aplikasi WA terdengar monoton dan membosankan.
cara mudah mengganti nada dering wa
cara mudah mengganti nada dering wa
Untungnya, lewat tutorial singkat ini, Autobild akan memberikan tutorial cara mengganti nada dering WA dengan suara Google tanpa perlu aplikasi tambahan apapun. Buat kamu yang belum tahu, dengan memanfaatkan teknologi text to speech yang mampu mengubah tulisan ke dalam bentuk suara robot, kamu bisa menjadikan nada dering WhatsApp menyebutkan nama serta mengucapkan kalimat apapun yang kamu mau dalam berbagai bahasa.

Buat Suara Google di HP Android

Salah satu aplikasi untuk menghasilkan suara Google yang sangat populer adalah Soundoftext.com wed. Selain gratis, aplikasi ini termasuk yang paling mudah untuk digunakan sekalipun untuk pemula. Berikut langkah-langkah membuat suara Google dalam format MP3 menggunakan aplikasi sound of text:

  1. Klik situs berikut ini: soundoftext.com
  2. Ketikkan tulisan yang ingin dibuat menjadi nada dering pada kolom Text
  3. Pilih bahasa tulisan kamu pada kolom Voice dan ketuk opsi Indonesian jika kamun menggunakan bahasa Indonesia
    buat suara google mp3
    buat suara google mp3
  4. Klik tombol Submit
  5. Download suara Google dalam format MP3 dengan mengklik tombol DOWNLOAD di bagian kolom Sounds
  6. Simpan file mp3 tersebut di memori internal ponsel Anda

Bagaimana, tidak sulit bukan membuat suara Google tanpa aplikasi di ponsel Android/iPhone yang kamu miliki? Cukup dengan akses internet, kamu dapat mengubah teks atau tulisan yang kamu punya ke dalam bentuk suara yang siap diunduh dalam format MP3.

Selain Sound of text seperti cara diatas, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi text to speech serupa seperti freeTTS ataupun Botika text to speech yang memang khusus untuk suara robot natural berbahasa Indonesia.

Cara Pakai Nada Dering WA Suara Google Bahasa Jawa, Sunda, Korea

Selain cara paling populer yaitu membuat nada dering suara Google menggunakan situs sound of text, kamu juga bisa mengkreasikan suara Google untuk jadi nada dering dalam berbagai macam karakter suara. Berikut beberapa daftar situs yang bisa kamu pilih untuk membuat nada dering suara Google lebih keren dan unik:

  • Voiceoftext.com: nada dering suara Google Jawa
  • Voicemaker.in: nada dering sound of text bayi
  • Wideo text to speech: nada dering suara pria
  • Fakeyou: nada dering sound of text anime
  • Botika text to speech: nada dering sound text wanita manja

Untuk melihat daftar serta panduang lengkap menggunakan situs diatas untuk membuat suara Google, kamu bisa merujuk ke tutorial kami sebelumnya yaitu cara membuat suara Google anime, wanita, pria dan anak kecil tanpa aplikasi berikut ini.

Cara Mengganti Nada Dering WhatsApp

Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mengganti nada dering default bawaan aplikasi WhatsApp dengan suara Google yang sudah kamu siapkan pada tahap awal diatas tadi. Berikut panduan singkat menambahkan nada dering di hp Android dan mengubah nada dering WA dengan suara robot Google text to speech:

  1. Buka folder di Android kamu menggunakan aplikasi File Manager, My FIles, atau File Explorer 
  2. Pilih Internal Storage atau apapun nama yang menunjukkan penyimpanan internal ponsel kamu.
  3. Selanjutnya, cari folder Notifications dan simpan atau pindahkan file MP3 suara Google ke dalam folder tersebut
    cara buat nada dering di android
    cara buat nada dering di android
  4. Jika suara Google tadi sudah berhasil ditambahkan menjadi nada dering di Android kamu, selanjutnya tinggal mengubah nada dering notifikasi di aplikasi WhatsApp. Caranya buka aplikasi WA, klik icon titik tiga di kanan atas aplikasi, ketuk menu Settings, pilih Notification, ketuk Notification tone, lalu pilih file MP3 yang sudah kamu simpan ke dalam folder Notifications tadi. 
    ganti nada dering notifikasi wa
    ganti nada dering notifikasi wa
  5. Selesai, dengan mengikuti langkah-langkah diatas, kamu sudah berhasil mengganti nada dering WA dengan suara Google tanpa aplikasi.

Cara Alternatif Ganti Nada Dering WA dari Lagu Mp3

Selain dengan cara diatas, kamu juga bisa mengganti nada dering WhatsApp secara langsung lewat pengaturan dafault di ponsel Android. Adapun langkah-langkahnya cukup mudah, tinggal mengkuti langkah berikut ini:

  1. Buka Pengaturan/Settings di App Drawer Android
  2. Pilih menu Sounds and vibrations
  3. Masuk ke menu Ringtones lalu ketuk tombol Add ringtones atau icon plus (+) di bagian atas
    tambah nada dering wa dari lagu mp3 langsung lewat pengaturan android
    tambah nada dering wa dari lagu mp3 langsung lewat pengaturan android
  4. Pilih file mp3 atau lagu yang ingin kamu tambahkan sebagai nada dering wa, lalu simpan
  5. Selesai, nada dering dari lagu mp3 sudah berhasil kamu tambahkan ke dalam daftar ringtone WhatsApp

Selanjutnya, kamu dapat mengubah nada dering seperti biasa lewat pengaturan WhatsApp. Sangat mudah bukan menggunakan metode diatas, apalagi untuk tipe ponsel Android yang tidak tersedia menu File manager ataupun Explorer di hp nya. Kamu dapat menambah serta mengubah nada dering wa dari file mp3 kustom tanpa harus menginstall aplikasi tambahan apapun.

Nah itulah tadi panduan lengkap cara mengubah nada dering WhatsApp menggunakan aplikasi text to speech dengan bermodalkan akses internet serta kata-kata yang sudah kamu siapkan. 

Dengan cara ganti nada dering dengan suara Google dari tim Autobild.co.id diatas, kamu bisa juga memasukkan suara sebut nama ke dalam nada dering sehingga suara yang terdengar akan lebih personal dan berbeda dengan ringtone orang lain. Selamat mencoba dan bereksperimen dengan engine suara robot yang paling kamu sukai!

Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
×