Sunday, December 5, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

Untuk mengubah teks menjadi suara, dibutuhkan situs atau platform khusus yang bisa melakukan konversi TTS. Dengan melakukan konversi ini, jenis teks bisa diubah menjadi suara dengan memakai bahasa tertentu dan nada yang berbeda-beda.

Situs Buat Suara untuk Monetisasi YouTube
Situs Buat Suara untuk Monetisasi YouTube

Kenapa situs sejenis ini banyak digunakan oleh para content creator, khususnya mereka yang ingin membuat konten dengan menggunakan YouTube? Alasannya adalah karena tanpa menggunakan voice over, konten bisa dibuat dengan menarik sehingga bisa disukai oleh banyak orang.

Rekomendasi Situs Ubah Teks Jadi Suara

Ada beberapa situs yang direkomendasikan untuk mengubah teks menjadi suara. Apabila ingin mencobanya bisa memakai salah satu yang tertulis di bawah ini.

Voicetic.com untuk Buat Suara Narasi YouTube

software voice over berbasis ai
software voice over berbasis ai
Situs ini dikembangkan oleh tim yang berasal dari Indonesia. Jadi, secara umum mudah digunakan oleh siapapun khususnya mereka yang tidak paham bahasa Inggris. Begitu membeli lisensi, Anda bisa langsung memanfaatkannya secara maksimal. Jadi sangat minim terjadi kesalahan.


Keunggulan yang dimiliki oleh situs ini adalah semua pengguna tidak perlu membayar setiap bulan untuk biaya berlangganan. Mereka bisa menggunakannya dengan hanya membayar 1 kali saja sebesar Rp700.000.


Dengan biaya yang harus dikeluarkan itu, seseorang akan mendapatkan jatah untuk menggunakan aplikasi sebesar 1,5 juta karakter untuk 1 bulan. Jumlah Ini sebenarnya sudah sangat banyak apabila ini dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan.


Apalagi situs ini memiliki banyak sekali nada-nada unik yang akan membuat suara menjadi lebih sempurna. Bahkan, meski menggunakan situs ini suara yang nantinya dihasilkan tidak akan mirip dengan suara robot yang terdengar sangat berantakan.


Selain menggunakan bahasa Indonesia, ternyata situs ini juga bisa dipakai untuk menggunakan bahasa lain seperti bahasa Inggris dan beberapa bahasa lainnya. Jadi kemungkinan untuk dipakai membuat konten di berbagai bahasa sangat tinggi.

Situs Notevibes.com: Voice over profesional untuk beragam kebutuhan

Situs ini bisa digunakan untuk melakukan konversi dari teks ke suara dengan mudah. Apalagi terdapat setidaknya 200 nada yang berbeda-beda sehingga suara yang dihasilkan bisa semakin unik dan tidak akan sama dengan milik orang lain.

fitur lengkap text to audio editor di notevibes.com
fitur lengkap text to audio editor di notevibes.com

Suara yang nantinya dihasilkan juga tidak akan mirip sekali dengan robot karena sudah menggunakan teknologi yang canggih. Jadi suara bisa dimanfaatkan secara maksimal yang tidak mirip dengan robot, apalagi suaranya terdengar natural.


Satu hal yang cukup disayangkan apabila menggunakan situs ini adalah biaya berlangganan yang cukup tinggi untuk 1 bulan. Biasanya, untuk biaya berlangganan satu bulan membutuhkan dana sekitar 10 dolar. 


Agar mendapatkan harga yang lebih murah, Anda harus membayar biaya berlangganan untuk 1 tahun. 


Meski demikian, apabila ingin menggunakannya untuk keperluan profesional seperti pembuatan video dan juga tutorial maka harga tidak terlalu dipusingkan. Mengingat apa yang akan didapatkan juga jauh lebih besar.

Voicely.in Buat Suara Robot Natural dengan Instan dan Mudah 

Voicely merupakan salah satu situs yang bisa digunakan untuk melakukan proses konversi dari teks menjadi suara secara cepat. Biasanya, untuk satu kali proses konversi prosesnya tidak akan memakan waktu lama atau sekitar beberapa detik saja.

buat suara langsung dari blog wordpress dengan voicely
buat suara langsung dari blog wordpress dengan voicely

Selain itu, terdapat banyak sekali bahasa yang bisa digunakan sehingga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan konten. Apabila sedang membutuhkan konten dalam bahasa Inggris bisa menggunakan konversi dalam bahasa Inggris, begitupun jika membutuhkan ke bahasa lainnya.


Apabila ingin menggunakan platform ini maka harus membayar sebesar 50 dolar untuk satu kali saja. Artinya, tidak perlu membayar lagi setiap bulan seperti yang dilakukan oleh beberapa aplikasi atau situs mengkonversi.

Speechelo.com Text to Speech Premium Sekali Bayar

Apabila ingin menggunakan Speechelo, Anda hanya perlu membayar biaya lisensi sebesar 50 dolar. Dengan menggunakan harga ini, Anda hanya perlu satu kali transaksi saja dan pada bulan berikutnya tidak akan ada lagi tagihan karena berjenis one payment.

speechelo ubah teks jadi suara buatan dengan teknologi kecerdasan buatan
speechelo ubah teks jadi suara buatan dengan teknologi kecerdasan buatan

Kelebihan yang dimiliki oleh platform ini adalah mampu melakukan proses konversi ke berbagai jenis bahasa secara natural. Artinya, tidak akan terlihat seperti dibuat-buat atau terdengar seperti suara robot yang sangat kaku.


Selain itu, terdapat banyak sekali nada sehingga suara yang nantinya dihasilkan bisa terdengar lebih natural dan mudah diterima oleh telinga. Jadi tidak perlu khawatir jika suaranya nanti kaku dan berantakan.

Voiceoftext.com Downloader Suara Google Translate

Situs terakhir yang bisa digunakan untuk melakukan proses konversi dari teks ke suara adalah Voice of Text. Berbeda dengan beberapa situs atau platform yang sudah dibahas sebelumnya, apabila menggunakan situs ini maka tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali. Situs voiceoftext.com ini sebenarnya adalah pengembangan lanjut dari situs soundoftext.com yang menyediakan tools download suara Google dengan beberapa penambahan bahasa seperti bahasa Jawa dan Sunda.

download suara google translate beragam bahasa dengan voiceoftext
download suara google translate beragam bahasa dengan voiceoftext

Artinya, Anda bisa menggunakannya secara gratis untuk melakukan berbagai jenis konversi mulai dari bahasa Indonesia hingga ke bahasa daerah. Jadi apabila ingin menggunakan konvensi untuk menarasikan bahasa Jawa atau bahasa Sunda bisa menggunakan situs ini.


Sayangnya, apabila menggunakan situs text to speech yang gratisan akan ada batasan kata ataupun bahasa yang harus digunakan. Jadi hanya bisa digunakan untuk membuat narasi dari teks pendek seperti kalimat atau dua kalimat saja. Selain itu, jika suara terlalu mirip robot alias terlalu kaku, akun YouTube atau video YouTube kamu juga beresiko di dismon (dismonetization) oleh pihak YouTube. 


Sehingga, kamu harus berhati-hati juga jika selalu menggunakan suara buatan dalam membuat video YouTube, pastikan jangan terlalu mirip dengan suara robot Google. Selebihnya, situs ini bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan tanpa ada gangguan sama sekali.


Aplikasi yang digunakan untuk melakukan proses konversi tes menjadi suara secara umum terbagi menjadi dua. Pertama adalah situs yang bisa digunakan secara gratis. Kedua adalah platform yang bisa digunakan secara premium sehingga kualitas yang didapatkan bisa maksimal.


Sebenarnya, tidak ada salahnya untuk mencoba salah satu dari apa yang sudah direview oleh tim Autobild.co.id diatas. Jadi apabila ingin menggunakan yang berbayar disarankan untuk memilih yang sesuai dengan keinginan, seperti hanya perlu membayar satu kali dan tidak perlu membayar biaya bulanan.

Next article Next Post
Previous article Previous Post