Friday, July 9, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

Saat ini, email adalah bagian penting dalam teknologi. Tanpa akun email, Anda tidak bisa menggunakan perangkat Android dengan maksimal. Berbagai situs web yang Anda kunjungi juga meminta Anda untuk mendaftarkan email Anda untuk bisa mendapatkan akses tertentu.


Tapi kalau situs web yang Anda kunjungi dan meminta akses email, tampaknya kurang aman atau kurang meyakinkan, Anda mungkin ragu untuk menggunakan alamat email Anda yang asli. Di sinilh peranan email 10 menit sangat dibutuhkan. Apa itu email 10 menit?

Email Sementara untuk Keperluan Sekali Pakai

Sebenarnya ada banyak sekali jenis email sementara atau sekali pakai. Email semacam ini juga sudah semakin populer daripada tahun-tahun sebelumnya. Salah satu email yang bisa digunakan sekali pakai bernama email 10 menit. Bagaimana cara kerja email semacam ini?

email temporer 10 menit
email temporer 10 menit

Email sementara atau temp email merupakan suatu alamat email yang umur pemakaiannya terbatas. Tujuan adanya email ini adalah sebagai solusi praktis, sehingga Anda akan terhindar dari spam email yang sangat mengganggu ketika mendaftarkan email di suatu situs web seperti untuk akun Zoom, PB, Notevibes yang sifatnya temporer.

Cara Memakai Email 10 Menit Tanpa Aplikasi

Tidak butuh aplikasi tertentu seperti Gmail untuk membuat akun di email sementara. Anda bisa menggunakan salah satu penyedia email sekali pakai seperti 10minutemail melalui situs web. Setelah mendapatkan email sementara, Anda bisa langsung menggunakan alamat email tersebut.


Untuk membuat akun email sementara dan menggunakannya, Anda cukup mengikuti beberapa langkah berikut ini:


  1. Buka tab baru saat Anda sedang melakukan browsing di aplikasi web browser dan diminta untuk mendaftarkan alamat email. Ketikkan alamat situs web 10minutemail di https://10minutemail.net atau https://10minutemail.com.
  2. Segera setelah halaman 10minutemail.net terbuka, Anda akan mendapatkan sebuah alamat email serta batas waktu penggunaan. Untuk menggunakannya, langsung klik atau tap tombol Copy ke clipboard yang ada di bawah alamat email berdurasi 10 menit.
  3. Kalau Anda menggunakan 10minutemail.com, Anda perlu menyalin alamat email yang ada di kolom secara manual
    cara email 10 menit sekali pakai
    cara email 10 menit sekali pakai
  4. Setelah itu, Anda bisa menempelkan alamat email yang didapatkan di situs web tempat Anda membuat akun baru.
  5. Jika ada verifikasi yang dikirim ke alamat email 10minutemail.net, Anda bisa melihatnya di bagian Kotak Masuk. Klik pesan tersebut untuk melihat isi pesan di dalam email yang masuk. Anda bisa menggunakan cara ini untuk melakukan verifikasi email.
  6. Email masuk di 10minutemail.com ada di kolom Inbox yang letaknya di sebelah kanan alamat email sementara atau di atas timer. Jika ada email yang masuk counter di samping ikon amplop akan menunjukkan jumlah email yang belum dibaca.
  7. Klik Inbox dan semua email yang masuk selama durasi 10 menit itu akan terlihat. Kode verifikasi yang terkirim ke email bisa terbuka dan Anda bisa membuat akun baru dengan sukses di berbagai situs web yang Anda inginkan.
  8. Anda bahkan bisa membalas salah satu email yang masuk ke alamat email 10 menit ini. tinggal klik tombol reply atau panah ke kiri di email masuk 10minutemail.com. 
  9. Ketikkan pesan balasan lalu klik Send reply sehingga pesan balasan akan terkirim.
  10. 10minutemail.com menawarkan satu fitur penting. Jika Anda butuh waktu lebih dari 10 menit untuk menggunakan email sementara, tinggal klik di tombol bertuliskan Get 10 more minutes yang posisinya ada di bawah timer.
  11. Anda akan memperoleh tambahan waktu 10 menit lagi untuk mengakses email dari 10minutemail.com. Jika Anda tidak mengklik tombol tersebut, maka alamat email yang ada di kolom akan berganti setiap 10 menit sekali.

Hal yang istimewa dari berbagai layanan email sementara adalah tidak perlu melakukan pendaftaran apapun. Tinggal kunjungi saja situs web penyedianya dan Anda akan otomatis memperoleh alamat email baru yang siap digunakan untuk keperluan sekali pakai.


Karena dirancang untuk keperluan sekali pakai saja, sebaiknya hindari menggunakan email 10 menit untuk menciptakan akun yang penting seperti membuat akun Instagram, Facebook, Tokopedia, dan yang lainnya. Setelah 10 menit alamat email tersebut akan hilang dan tidak bisa dipakai lagi.


Selalu gunakan alamat email Anda yang asli setiap kali mendaftar atau membuat situs web yang sifatnya penting dan permanen.

Next article Next Post
Previous article Previous Post