Monday, June 7, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

TikTok menjadi salah satu platform yang sangat besar di masa kini, dimana bukan hanya sebagai media hiburan saja, namun juga sudah menjadi media penghasil uang. Tak heran banyak orang berlomba-lomba membuat konten unik agar dapat terkenal dengan cepat.

jadwal fyp tiktok
jadwal fyp tiktok

Salah satu hal yang membuat konten cepat viral ialah waktu post konten di TikTok, dimana Anda harus tahu bahwa terdapat waktu-waktu tertentu kapan konten akan ramai dilihat oleh orang. Waktu ini biasa disebut sebagai FYP atau For You Page.

Waktu FYP Terbaik untuk Post TikTok

Setiap hari memiliki FYP yang berbeda-beda, karena disesuaikan dengan rutinitas atau kebiasaan orang di suatu wilayah. Oleh karena itu, Anda harus tahu FYP yang tepat agar konten TikTok cepat viral, sehingga Anda pun akan terkenal. Namun sebelum membahas jadwal FYP TikTok terbaru, ada baiknya kamu juga mengetahui jam upload video TikTok yang kemungkinan memiliki engagement paling tinggi, berikut jam upload terbaiknya:


  • Jam 9.00 pagi hari Selasa
  • Jam 12.00 siang setiap hari Kamis
  • Jam 5.00 pagi setiap hari Jum'at
tabel jadwal upload agar fyp
tabel jadwal upload agar fyp / influencermarketinghub.com

Nah, setelah mengetahui jam-jam pilihan diatas, berikut rekomendasi jadwal FYP yang tepat setiap harinya:

1. Senin

Senin menjadi awal minggu bagi sebagian besar negara, tak terkecuali dengan negara Indonesia yang pastinya sangat sibuk di hari Senin. Hal inilah yang membuat Anda tidak boleh sembarangan mengupload video TikTok di hari Senin.


FYP TikTok untuk hari ini sangat krusial, dimana Anda bisa membuat konten di jam-jam orang sedang memiliki waktu senggang. Misalnya saja pukul 06.00 pagi, 10.00 siang, dan 10.00 malam. Jam tersebutlah yang paling cocok untuk Anda gunakan dalam membuat konten TikTok.

2. Selasa

Di hari Selasa rutinitas masih cukup padat, namun sebagian besar orang memiliki waktu yang lebih fleksibel. Namun FYP TikTok untuk hari ini sangatlah sulit untuk dilakukan, karena Anda harus membuat konten di jam 2, 4, dan 9 pagi.


Meskipun terlihat tidak masuk akan, namun jam tersebut sangat efektif untuk membuat konten yang ramai. Karena sebenarnya TikTok membutuhkan beberapa jam agar video dapat maksimal, sehingga bila Anda membuat konten di jam itu maka akan tepat dengan jadwal hari Selasa yang lebih fleksibel.

3. Rabu

Hari Rabu mungkin sudah banyak orang yang memiliki waktu lebih, namun tidak sedikit pula yang justru memiliki banyak pekerjaan di hari ini. Sehingga waktu FYP hari tersebut memiliki rentang waktu yang lebih lega, apalagi hari ini merupakan pertengahan minggu dan termasuk sebagai hari transisi.


Anda bisa membuat konten di pukul 7 dan 8 pagi serta pukul 11 malam, waktu inilah yang paling aman untuk Anda memposting video TikTok. Karena di jam 7 dan 8 pagi kebanyakan orang belum bekerja, sedangkan di jam 11 malam orang-orang sudah tidak bekerja atau lembur lagi.

4. Kamis

Sebagian besar pekerja, karyawan, pelajar, ataupun masyarakat di hari Kamis biasanya memiliki waktu yang sangat longgar. Bahkan di siang hari sekalipun banyak orang lebih suka bermain sosial media, karena mereka sudah lelah dengan aktivitas harian dan hari ini tugas mereka sudah selesai.


Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin membuat konten TikTok di siang hari, maka hari Kamis menjadi hari yang paling tepat. Terutama di jam-jam tertentu, misalnya saja jam 9 pagi, jam 12 siang, ataupun jam 7 malam.

5. Jumat

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia yang beragama Islam, pastinya hari Jumat terkesan sebagai setengah hari. Karena mereka bekerja atau sekolah benar-benar serius hanya di pagi hari, sedangkan untuk siang hari menuju sore banyak sekali waktu senggang.


Di sinilah Anda bisa membuat konten TikTok dan berpeluang ditonton banyak orang, di antaranya pada rentang pukul 1 siang hingga 3 sore. Waktu inilah yang paling tepat untuk Anda membuat postingan video TikTok agar lebih cepat viral.

6. Sabtu

Memasuki weekend yaitu di hari Sabtu, tentunya FYP TikTok berubah secara drastis. Dimana Anda bisa membuat video TikTok dengan lebih leluasa, namun waktu yang paling efektif ialah pukul 11 siang, 7 malam, dan pukul 8 malam.


Alasannya waktu itulah yang kebanyakan orang sudah membuka sosial media, karena di jam lain orang akan lebih memilih berolahraga atau beristirahat setelah penat bekerja dalam satu minggu terakhir mereka.

7. Minggu

Setelah hari Sabtu yang sudah puas dengan istirahat atau olahraga ringan, maka di hari Minggu orang-orang akan lebih memilih bangun pagi dan menikmati suasana di pagi hari. Oleh karenanya Anda bisa mengupload video TikTok di pagi hari saat weekend.


Misalnya saja pukul 7 pagi atau pukul 8 pagi, di sisi lain Anda juga bisa membuat konten rutin di sore hari sekitar pukul 4 pada hari minggu. Waktu itulah yang dirasa sebagai waktu paling tepat atau FYP TikTok di hari Minggu.


Memperhatikan FYP memang sangat penting untuk dilakukan, bahkan bukan hanya TikTok saja namun platform lainnya juga memiliki FYP masing-masing. Sehingga bagi Anda seorang public figure atau konten kreator, maka pastikan Anda sudah menerapkan FYP benar saat mengupload konten.

Next article Next Post
Previous article Previous Post