Monday, May 3, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

Salah satu proses yang terlihat cukup rumit saat menulis makalah, skripsi dan lain sebagainya di Microsoft Word adalah membuat Daftar Pustaka otomatis yang rapi. Tanpa mengetahui cara yang benar (alias menulis biasa), kamu akan kerepotan mencocokkan sumber kutipan dan Daftar Pustaka di akhir karya tulis. Padahal kalau tahu caranya, hal itu sangat mudah dilakukan. Apalagi kutipan dan Daftar Pustaka berhubungan.

Apa itu Daftar Pustaka dan Penggunaannya

daftar pustaka dalam sebuah karya ilmiah
daftar pustaka dalam sebuah karya ilmiah
Daftar Pustaka merupakan salah satu komponen yang penting dalam menyusun laporan, skripsi, karya ilmiah, jurnal, buku, atau makalah. Biasanya daftar pustaka ini berada pada halaman akhir karya yang kita buat. 

Fitur Daftar Pustaka Otomatis di Ms Word

Tahukan kamu  jika pada Microsoft Word terdapat fitur otomatis yang dapat mengorganisir daftar pustaka? Sehingga kamu tidak perlu khawatir apabila lupa format penulisan daftar pustaka. Word akan menyesuaikan dengan jenis Daftar Pustaka yang kamu miliki seperti apakah berasal dari buku, jurnal, website, dan sebagainya dengan atribut dan format masing-masing. Nah, simak langkah-langkah berikut ini!


  1. Buka dokumen Microsoft yang berisi Daftar Pustaka. Pastikan bahwa kamu sudah menulis kutipan di dalam dokumen dengan benar, sehingga kamu bisa membuat Daftar Pustaka dengan mudah. Hanya dengan dua kali klik!
    buat daftar pustaka otomatis di word
    Buat daftar pustaka otomatis di Word

  2. Pilih halaman tempat kamu akan membuat Daftar Pustaka.
  3. Klik tombol ‘Bibliography‘ di toolbar Reference. Dengan memanfaatkan menu reference tersebut, kita hanya perlu menuliskan identitas buku seperti judul, nama penulis, tahun terbit, dan lain-lain pada kolom yang tersedia.
  4. Selanjutnya kita bisa memilih format atau “style” mana yang akan kita gunakan dalam penulisan daftar pustaka. Setelah itu, daftar pustaka tadi akan membentuk pola yang sesuai format yang kamu pilih secara otomatis. Cukup mudah dan praktis bukan?
  5. Bisa kamu lihat, semua kutipan dan sumber yang kamu tambahkan sebelumnya akan masuk ke Daftar Pustaka secara otomatis.

Cara Memperbaharui Daftar pustaka

Tapi bagaimana kalau ada sumber kutipan yang berubah?


Tenang. Selama kamu menyunting kutipan dan sumber kutipan dengan benar, kamu bisa memperbarui Daftar Pustaka dengan mudah. Caranya sama seperti menyunting sumber kutipan di atas. Cara memperbarui isi Daftar Pustaka secara otomatis adalah sebagai berikut:


  1. Klik pada sumber kutipan di dokumen. Makakan muncul kotak yang menunjukkan seleksi aktif.
  2. Klik tombol panah ▾ di samping kanan kotak.
  3. Klik "Update Citations and Bibliography"

Semua informasi sumber kutipan yang lebih segera hadir di Daftar Pustaka. Bagaimana? Mudah bukan?


Terkadang kita malas mencari sesuatu yang rumit. Kesannya merepotkan diri sendiri. Padahal, kalau kita menggunakan fitur yang sudah tersedia, kita kan lebih mudah mengaturnya kemudian hari. Begitu pula di Microsoft Word. Tampilan fitur yang ada memang terlihat rumit. Tapi kalau sudah menguasai, mau menulis bagaimanapun akan mudah. Termasuk membuat kutipan dan Daftar Pustaka ini.

Next article Next Post
Previous article Previous Post