Monday, April 12, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

Tren invasi perusahaan penerbangan ke jasa pengantaran kargo memang masih terus berkembang. Yang awalnya hanya tersedia untuk permintaan pelanggan dalam negeri, saat ini sudah dilebarkan ke pengemasan mancanegara.


China merupakan Negara yang gigih untuk menjadi trendsetter, salah satunya melalui barisan China Airlines. Maskapai ini bisa didapuk sebagai promotor kargo pesawat pertama yang melakukan pengiriman ke seluruh dunia.

Siapa Cargo China Airlines?

pesawat china airlines cargo
pesawat China Airlines Cargo (China-airlines.com)

Kargo yang ditengarai oleh China Airlines merupakan salah satu jasa pengantaran yang hadir dengan performa terbaik. Berikut adalah pemaparan mengenai profil singkat dan tata cara pengecekan barang di Cargo China Airlines.

Lihat pula: Cargo China

Profil Cargo China Airlines

Maskapai ini dibentuk dengan patungan saham antara China Eastern Airlines sebesar 70% dan China Ocean Shipping sebesar 30%. Sejak awal maskapai ini memang terbangun atas semangat penerbangan dan pengantaran kargo. Setelah mencapai kesepakatan, maskapai diresmikan pada 30 Juli tahun 1998, dan memulai operasionalnya pada bulan Oktober di tahun yang sama.


Seiring perkembangan zaman, kepemilikan yang ada di maskapai China Airlines terus mengalami perubahan. Beberapa perusahaan bonafit yang memegang saham China Airlines adalah Singapore Airlines Cargo dan EVA Air. Tepat pada tahun 2011, grup ini makin besar dengan bergabungnya Shanghai Airlines Cargo dan Great Wall Airlines.


Saat ini Cargo China Airlines sudah memiliki jaringan di semua benua dunia. Bahkan membangun kantor di belahan Eropa, Korea, Jepang, Timur Tengah, Amerika Utara, Asia Selatan, dan Asia Tenggara. Untuk layanan kargonya, meliputi pengiriman barang berketentuan khusus (dangerous goods), hewan, hingga bahan-bahan beku,

Pelacakan Barang Cargo China Airlines

Berikut adalah beberapa tahapan untuk mengecek pengiriman barang oleh Cargo China Airlines.

Pembuatan akun atau member

Pembuatan akun atau member Cargo China Airlines sebenarnya berguna untuk mengakses situs operasionalnya secara keseluruhan. Anda bisa melakukan berbagai pemesanan di dalamnya, mulai dari pengecekan jadwal pesawat, pembelian tiket, hingga melakukan pemberitahuan untuk pengiriman kargo.

Pengiriman kargo

Setelah proses pengiriman kargo mulai dilakukan, Anda akan menerima Airwaybill Number. Nomor ini bertindak seperti resi pada umumnya, yang bisa digunakan untuk melakukan pelacakan ataupun pelaporan keluhan kepada pihak Cargo China Airlines.

Pengecekan kargo

pelacakan paket china airlines cargo
pelacakan paket china airlines cargo

Pengecekan kargo dilakukan di situs resmi cargo china airlines, atau langsung melalui tautan berikut ini: https://cargo.china-airlines.com/ccnetv2/content/manage/ShipmentTracking.aspx


Pada laman diatas, Anda langsung diarahkan pada proses pengecekan melalui Airwaybill Number. Ketika dimasukkan dan di submit, laman akan memperlihatkan status pengantaran kargo. Mulai dari jenis maskapai yang digunakan, detail waktu, keterangan tempat, hingga estimasi waktu sampainya kargo ke tujuan.

Pertanyaan dan komplain

Jika Anda mengalami kesulitan terkait pengiriman barang, keluhan dan pertanyaan bisa langsung disampaikan melalui situs resminya di https://cargo.china-airlines.com/, dan mengakses bagian Customer Support.


Itulah penjelasan singkat mengenai Cargo China Airlines. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa langsung mengaksesnya di situs resmi.

Next article Next Post
Previous article Previous Post