Tuesday, April 13, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]
Tumbuh pesatnya bisnis e-commerce membuat lalu lintas barang tidak hanya berkutat di pasar domestik. Untuk bisnis ritelpun, pengiriman barang sudah mulai dilakukan antar negara seperti platform Akulaku yang menawarkan pengiriman barang langsung dari China. Hal ini tentu menuntut integrasi rantai pasok logistik yang solid antar perusahaan logistik di kedua negara tersebut.
aplikasi akulaku dengan sen hong kurir
aplikasi akulaku dengan sen hong kurir
Untungnya, platform Akulaku telah menggaet Sen Hong Logistics untuk menghandle barang dari China dan bekerjasma dengan JNE untuk penanganan barnag setelah sampai di Indonesia. Nah, lewat tulisan ini, Autobild akan memberikan panduan lengkap cara cek resi Sen Hong secara lengkap mulai pengiriman barang dari China, Bea Cukai, hingga cara pengecekan barangnya setelah sampai di Indonesia.

Cara Lengkap Cek Resi Pengiriman Sen Hong

Berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk melacak resi pengiriman Sen Hong yang dikirim dari China ke Indonesia lewat platform Akulaku:

  1. Dapatkan nomor resi pengiriman (airway bill) dari barang yang kamu beli di Akulaku.
  2. Salin kode resi tersebut dan masukkan pada kolom di halaman SenHong/public/tracking berikut, lalu klik tombol Track di sebelah kanan.
    cek pengiriman di sen hong tracking
    cek pengiriman di sen hong tracking
  3. Jika disana terdapat tulisan bahwa paket telah diterima kurir JNE, kamu dapat langsung memasukkan kode resi tersebut di aplikasi cek resi JNE resmi seperti pada tautan berikut ini: www.jne.co.id/id/tracking/trace.
  4. Jika kamu menemukan kendala dan paket kamu belum diterima oleh pihak JNE, kamu dapat memeriksa status barang kamu dengan memasukkan nomor resi tersebut pada situs pelacakan barang kiriman di Bea Cukai pada halaman berikut ini: www.beacukai.go.id/barangkiriman.html
    lacak barang kiriman di situs bea cukai
    lacak barang kiriman di situs bea cukai
  5. Setelah memriksa status pengiriman pada situs Bea Cukai diatas, kamu dapat melihat posisi terkini dengan mengklik tombol See Details yang berwarna hijau dan lihat History Status barang kamu di bagian bawah.
  6. Silakan menunggu hingga status SPPBMCP sudah dilunasi di situs Bea Cukai, jika status SPPBMCP telah dilunasi muncul, maka kamu hanya perlu menunggu barang kamu diantar oleh jasa pengiriman yang ada di Indonesia dalam hal ini JNE. 
    status sukses pengiriman lewat bea cukai
    status sukses pengiriman lewat bea cukai
  7. Segera cek status pengiriman barang kamu seperti pada langkah nomor 3 diatas dan kamu tinggal menunggu kurir JNE mengantar barang pesanan kamu di Akulaku.

Mudah saja bukan melacak pengiriman barang menggunakan Sen Hong dari Dongguan, China? Mengenai masalah waktu pengiriman, barang kamu seharusnya sampai dalam waktu kurang dari sebulan, antara 14-17 hari. Namun terkadang karena satu kendala terutama saat pandemi seperti ini, bisa saja waktu pengiriman barang dari luar negeri memakan waktu lebih dari itu.

Yang menarik, walaupun Sen Hong Logistic dan JNE yang bertanggungjawab atas pengiriman barang kamu, nyatanya pada resi Akulaku tersebut, akan muncul beberapa perusahaan logistik perantara yang lain seperti PT Ekspedisi Pintar Indonesia atau PT Andalan Ekspress Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa ada banyak perusahaan logistik yang terlibat dalam menangani kiriman barang kamu. Oleh karenanya, kamu perlu bersabar jika barang kiriman dari China di Akulaku belum sampai.

Jika kamu masih menemukan kendala terkait status barang pesanan kamu. Silakan hubungi pihak Call center resmi yang akan melayani keluhan kamu lewat jaringan berikut:

  • Customer Service: Call Center 1500920 (08:00 -21:00 WIB)
  • Pusat Bantuan pada aplikasi akulaku (08:00 -21:00 WIB)
  • WhatsApp: +62 811-1350-8161
  • Email: cs.id@akulaku.com

Mudah saja bukan melacak dan melakukan pembelian barang dari China dengan Akulaku? Dengan adanya panduan diatas, kamu tidak perlu khawatir lagi barang kamu tidak sampai atau bahkan tertahan di Bea Cukai walaupun pesanan kamu dikirim dari luar negeri dengan kurir Sen Hong yang mungkin tidak umum beroperasi di negara Indonesia.

Next article Next Post
Previous article Previous Post