Tuesday, January 26, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

Platform Youtube merupakan salah satu media sosial yang saat ini menjadi sebuah platform terpopuler di dunia. Tidak hanya orang biasa yang ingin menjadi youtuber, namun pengusaha hingga artis sekarang berlomba-lomba menjadi youtuber. Tentunya selain untuk mendapatkan uang, mereka juga mempromosikan brand atau produk melalui Youtube.

format video youtube  2021
format video youtube  2021

Bagi Anda yang ingin menjadi seorang youtuber, selain mengerti cara membuat channel Youtube, Anda juga perlu mengetahui format video terbaik untuk Youtube. Jenis formatnya sendiri beragam, seperti FLV, MP4, AVI, WMV, dan lain sebagainya.

Format Video Terbaik untuk Youtube

Bagi Anda yang memang belum mengerti soal format-format tersebut, tidak usah khawatir, karena di bawah ini akan ada penjelasan singkatnya. Berikut beberapa penjelasan mengenai format video terbaik untuk Youtube:

1. MP4

MP4 adalah salah satu jenis format video yang populer dan banyak digunakan para editing video untuk dipakai pada berbagai tayangan. Format MP4 atau MPEG-4 sangat dikenali masyarakat sebab banyak para konten kreator Youtube yang memakainya.


Bisa dibilang format ini sebagai format video yang sangat mudah digunakan untuk pembuatan video. Selain itu, video Youtube yang menggunakan format MP4 cenderung lebih mudah untuk Anda download di berbagai jenis penyimpanan.


Bagusnya lagi, format video MP4 ini tidak memerlukan device dengan spesifikasi tinggi untuk penayangan. 

2. AVI

Format video selanjutnya yang bisa digunakan pada platform Youtube adalah AVI. Format ini menjadi salah satu format yang sangat terkenal di berbagai media. Biasanya tayangan film pada Youtube selalu menggunakan format AVI. 


Banyak para editing video menggunakan format ini, karena mudah dikombinasikan dengan codec Divx.AVI sendiri dikembangkan oleh Microsoft.. Anda cukup menginstall alat pembaca codec, supaya dapat memutar format video AVI dengan lebih gampang.

3. WMV

Kalau AVI ciptaan Microsoft, maka Windows juga tidak kalah . Ia menciptakan salah satu format video untuk Youtube, bahkan perkembangan cukup pesat, yakni WMV. Format WMV sengaja dibuat untuk memudahkan Anda memutar video di berbagai jenis Windows, supaya tidak mendapat gangguan.


Windows movie video menjadi salah satu format untuk penayangan Youtube yang memiliki peranan penting dalam pengembangan platform tersebut. Format ini juga bisa dipakai untuk mengakses Youtube dengan memakai Windows XP.


Format WMV, dapat dikatakan sebagai salah satu format yang ringan dan gampang digunakan pada berbagai jenis PC. Jadi, tidak ada salahnya mencoba format ini untuk video yang Anda upload ke Youtube.

4. FLV

Format video selanjutnya yang dulunya cukup terkenal adalah FLV. Namun dengan seiring berkembangnya media, format untuk Youtube ini sekarang jarang dipakai. Bahkan dianggap sebagai format jadul, dan biasanya hanya dipakai untuk penayangan video pada PC model terdahulu.  


Umumnya format FLV bisa Anda jumpai pada berbagai film dan anime. Dari segi kualitas, format video Youtube yang memakai FLV juga terbilang bagus. Selain itu, format ini tidak memakan ruang yang terlalu besar.


Berikut beberapa standar yang harus Anda ikuti ketika mau upload video ke Youtube dengan kualitas standar:


  • Format video yang direkomendasikan adalah MP4.
  • Audio Codec: AAC-LC (Channels: Stereo + 5.1 Sample rate: 96khz atau 48 khz).
  • Video Codec: H264
  • Frame Rates disesuaikan dengan video aslinya, supaya pada saat diputar tidak terlihat patah-patah.
  • Ukuran Video YouTube
contoh setting format fideo di Filmora
detail video format di media player classic

Selain perlu memahami berbagai jenis format, Anda juga harus mengetahui ukuran video youtube. Berikut beberapa penjelasan lengkap mengenai ukuran video Youtube: 


  • Perlu diketahui, jika Anda mengupload video ke Youtube memakai ukuran selain di atas, yang sudah-sudah tidak akan terlihat pada saat diplay di Youtube. 
  • Ternyata, kondisi di atas juga berlaku untuk ukuran Thumbnail Youtube, dimana ukurannya harus sesuai. 
  • Bagi yang belum tahu, Thumbnail Youtube merupakan bagian cover video yang Anda upload dan yang akan muncul sebelum seseorang mengklik video Anda.  Oleh karena itu, harus diperhatikan betul-betul mengenai ukuran.

Resolusi Video YouTube

Selain dua faktor di atas, Anda juga harus memperhatikan resolusi video Youtube yang akan diupload. Sekarang Youtube menawarkan berbagai resolusi dari rendah hingga HD. 

contoh setting format fideo di Filmora
contoh setting format fideo di Filmora

Semakin bagus kualitas yang Anda pilih, akan semakin besar juga ukuran file videonya. Namun,videonya akan enak dan menarik dilihat. Selain itu, juga membuat nyaman mata kita. Berikut beberapa ukuran video Youtube:


  • 240pixel: 426×240 (16:9)
  • 360pixel: 640×360 (16:9)
  • 480pixel: 854×480 (16:9)
  • 720pixel: 1280×720 (16:9)
  • 1080pixel: 1920×1080 (16:9)
  • 1440pixel (2k): 2560×1440 (16:9)
  • 2160pixel (4k): 3840 x 2160 (16:9)

Sedangkan jika Anda mau mengupload video beresolusi tinggi, maka ada standar yang wajib Anda ikuti, seperti:


  • Video format: MP4
  • Audio Codec: AAC-LC (Channels: Stereo or Stereo + 5.1 Sample rate: 96khz atau 48 khz).
  • Video Codec: H264
  • Frame Rates: Sesuai video aslinya supaya tidak terlihat patah-patah.


Kesimpulan dari pembahasan ini adalah semakin bagus format, ukuran, resolusi video yang digunakan, maka semakin besar juga file ukurannya. Namun itu sepadan, karena kualitas video Anda akan terlihat bagus, enak dilihat, dan nyaman di mata. 

Next article Next Post
Previous article Previous Post