Thursday, February 4, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

PT Pos Indonesia adalah jasa pengiriman barang yang memiliki agen terbanyak dan terluas. Bahkan jangkauannya hingga ke daerah terpencil yang sulit diakses oleh transportasi. Salah satu layanan yang paling banyak dipilih oleh masyarakat adalah pos kilat.


Kelebihannya adalah estimasi kedatangan paket yang cepat dengan harga yang terjangkau. Namun, bagaimana jika ternyata paket tersebut tidak sampai atau bermasalah? Simak pembahasan lebih lanjut di bawah ini:

3 Cara Komplain Paket Pos Kilat yang Tidak Sampai

Anda adalah pelanggan PT Pos Indonesia yang sedang menggunakan layanan kilat (lebih cepat dibanding yang lainnya). Ternyata Anda memiliki permasalahan yaitu tak kunjung menerima paket padahal sudah lebih dari jangka waktu yang ditentukan.

layanan paket internasional di POS Indonesia
layanan paket internasional di POS Indonesia

Apabila sudah mengecek resi dan hasilnya tidak beres, maka bisa melakukan komplain paket POS Kilat melalui beberapa cara di bawah ini:

1. Melalui Call Center Pos Indonesia

Pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghubungi call center PT Pos Indonesia di Halo Pos 161. Anda langsung terhubung dengan customer care dan ceritakan masalah yang terjadi. Tanyakan apapun yang Anda butuhkan dan solusi terbaik yang diberikan.

form permintaan informasi POS Indonesia di lapor.go.id
form permintaan informasi POS Indonesia di lapor.go.id

Kelebihannya, respon cepat customer care membuat Anda tidak lagi bertanya-tanya nasib paket Anda. Kekurangannya, layanan ini tidak gratis jadi Anda harus mengisi pulsa terlebih dahulu agar bisa tersambung. Siapkan nomor resi dan detail paket Anda sebelumnya, ya!

2. Melalui Email Pengaduan

Cara kedua untuk melakukan komplain paket pos kilat yang tidak sampai adalah dengan mengirimkan pesan ke alamat email pengaduan. Anda harus sabar menunggu, karena tidak bisa langsung dibalas.


Anda bisa mencoba salah satu di antara email ini, yaitu care1@posindonesia.co.id, care2@posindonesia.co.id, care3@posindonesia.co,id ataupun care4@posindonesia.co.id.

3. Melalui Form Pengaduan di Website

Jika memang tidak ingin ribet mengirim email atau pulsa habis karena menghubungi call center, maka Anda juga bisa mengisi form pengaduan yang ada di website resmi PT Pos Indonesia yang beralamat https://www.lapor.go.id/instansi/pt-pos-indonesia.


Tuliskan permasalahan yang dialami, lengkap dengan tanggal kejadian. Setelah itu, upload lampiran (jika ada) dan tekan fitur Lapor. Tunggu sebentar dan PT Pos akan merespon keluhan Anda.

4. Melalui Media Sosial PT Pos Indonesia

Cara yang ketiga adalah melalui media sosial resmi PT Pos Indonesia baik itu twitter, facebook atau Instagram. Utarakan via chatting apa yang menjadi keluhan Anda, admin akan meresponnya. Alamatnya adalah:



Jika memang lebih akurat, carilah akun media sosial cabang terdekat lokasi Anda. Cara ini lebih efektif dan akurat dibandingkan Anda chat akun pusat. Tinggal cari saja namanya di mesin pencarian.

5. Datang Langsung ke Cabang Terdekat

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan jika keempat poin di atas tidak banyak membantu adalah datang langsung ke cabang terdekat. Anda bisa langsung menanyakan status paket dan meminta customer care untuk mencari solusi secara bersama-sama.

Daftar kantor pos terdekat dari sini via posindonesia.co.id
Daftar kantor pos terdekat dari sini via posindonesia.co.id

Mereka akan melakukan tracking lengkap tentang status paket Anda. Apakah hilang, rusak atau memang ada kendala tertentu saat pengiriman? Cara ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki banyak waktu luang. Datanglah pada jam kerja ya yaitu hari Senin-Jum’at pukul 08.00-15.00.


Cara komplain paket pos kilat yang tidak sampai di atas harus Anda lakukan dengan bahasa yang baik, sopan, dan tidak perlu marah-marah. Hal tersebut akan membantu pihak ekspedisi mencarikan solusi yang terbaik. Jangan terlalu menekan dan bertindak berlebihan, dan tidak lupa untuk membawa resi dan KTP juga, ya!

Next article Next Post
Previous article Previous Post