Friday, November 27, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]

Bima Tri adalah aplikasi gratis yang bisa Anda download dari App Store dan Play Store khusus untuk pengguna kartu Tri. Aplikasi dari PT Hutchison 3 Indonesia ini bisa Anda gunakan untuk melihat profil kartu Tri yang sedang digunakan, mengetahui masa berlaku kartu, serta mengecek sisa pulsa dan kuota data.

Cara login bimatri / bima.tri.co.id
Cara login bimatri / bima.tri.co.id


Anda juga bisa menggunakannya untuk isi ulang pulsa dan membeli paket internet (ada opsi pembayaran dengan kartu kredit lho). Ada juga tips & trik seputar penggunaan kartu serta fitur notifikasi sisa kuota yang Anda miliki, jadi Anda bisa segera melakukan pembelian ulang sebelum kuota benar-benar habis.

Cara Login Bima Tri

Agar bisa menikmati semua fitur di atas, Anda harus tahu dulu nih bagaimana cara login ke Bima Tri. Berikut dua caranya:

1. Lewat Aplikasi

Bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan kartu Tri, download dulu ya aplikasi Bima Tri dari App Store atau Google Play Store. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah sederhana di bawah ini:

Fitur lengkap aplikasi BimaTri
Fitur lengkap aplikasi BimaTri / Google Play Store
  • Bagi pengguna baru, Anda harus registrasi dulu agar bisa mengakses aplikasi. Caranya dengan klik tulisan "Daftar" atau "Registrasi" kemudian masukkan nomor Tri Anda.
  • Selanjutnya Anda akan mendapatkan kode masuk aplikasi lewat SMS.
  • Masukkan kode tersebut ke bagian kolom yang sudah tersedia di aplikasi.
  • Setelah berhasil login, Anda akan melihat semua fitur Bima Tri mulai dari informasi nomor kartu Tri Anda, fitur isi pulsa dan paket data internet, hingga mengecek jumlah poin dan sharing kuota dengan teman atau keluarga.
  • Jika sudah selesai melakukan aktivitas di aplikasi, sebaiknya Anda tidak usah log out, jadi untuk menggunakan aplikasi di kemudian hari tinggal buka saja aplikasinya tanpa perlu login lagi. Mudah, kan?

2. Lewat Website

Bagi Anda yang tidak bisa mendownload aplikasi Bima Tri, mungkin karena memori hape sudah penuh, kuota Anda tidak mencukupi, atau alasan lainnya, maka Anda bisa login lewat website. Caranya cukup mudah, yaitu:

fitur dan promo via website bimatri
fitur dan promo via website bimatri

  • Pertama buka dulu website resmi provider Tri di https://bima.tri.co.id/login atau https://my.tri.co.id/login.
  • Selanjutnya masukkan nomor kartu Tri Anda ke kolom yang sudah disediakan lalu klik ikon panah kanan warna orange.
  • Website akan segera mengirimkan kode OTP (One Time Password) ke nomor Tri Anda lewat SMS.
  • Masukkan kode tersebut ke kolom kode. Kode ini biasanya hanya berlaku 5 menit, jadi setelah 5 menit Anda perlu mengirim kode lagi agar bisa login lewat website. Kodenya sendiri terdiri dari 6 angka acak.
  • Jika setelah beberapa menit Anda masih tidak mendapatkan SMS kode, maka klik tulisan "Kirim Ulang Kode" di website tadi.
  • Setelah memasukkan kode, silahkan klik tulisan "Login" di pojok kanan bawah dan Anda akan langsung masuk ke Bima Tri. Tampilan via website tak jauh beda dengan yang ada di aplikasi kok, ada fitur isi ulang pulsa, opsi paket internet, jumlah poin, tips & trik, nomor kartu Tri, dll.

Jika Anda membuka website ini dari browser laptop teman Anda atau komputer umum, jangan lupa untuk langsung log out ya, agar data-data Anda tetap aman dan nomor Anda tidak disalahgunakan. Jika di lain hari Anda ingin login lagi, Anda hanya perlu mengulang beberapa langkah di atas.

Solusi Jika Tidak Bisa Login di Aplikasi

Menurut sejumlah review pengguna di Play Store, aplikasi Bima Tri dirasa cukup berat dan lumayan memakan kuota. Bahkan di beberapa waktu, aplikasi ini tidak bisa dibuka dan proses login lama. Jika Anda mengalami hal yang sama, jangan panik dulu ya. Anda bisa mencoba salah satu dari empat cara berikut:

1. Login Lewat Website

Biasanya, login lewat website jauh lebih mudah dan cepat daripada lewat aplikasi lho. Karena membuka website lebih ringan daripada membuka aplikasi (membutuhkan lebih sedikit kuota).

2. Cek Jaringan

Jika Anda bisa dengan mudah login lewat website tapi aplikasi tetap tidak bisa dibuka, kemungkinan besar jaringan internet Anda sedang lemot. Hal ini biasanya terjadi jika Anda sedang berada di lokasi terpencil yang cukup jauh dari kota.

3.  Aplikasi Perlu Diupdate

Ada beberapa jenis aplikasi yang mulai susah dibuka saat ia telat di update. Karena itu, rajin-rajin update aplikasi Bima Tri Anda ya.

4. Perangkat Kurang Mendukung

Jaringan sudah stabil dan aplikasi sudah update tapi aplikasi masih susah dibuka? Wah, jangan-jangan perangkat Anda nih yang tidak support, minimal device Android Anda memiliki versi 4.1 atau yang lebih tinggi. Jika RAM smartphone Anda hanya sedikit sementara aplikasi yang Anda install cukup banyak, biasanya aplikasi-aplikasi di smartphone memang akan lemot saat dibuka.


Sebagai salah satu provider lama di Indonesia, kartu Tri masih memiliki banyak peminat dan bahkan ikut update dengan teknologi. Salah satu contohnya adalah Tri menyediakan berbagai pilihan paket internet dengan harga bersahabat dan meluncurkan aplikasi dengan berbagai fitur yang dibutuhkan pengguna.

Next article Next Post
Previous article Previous Post