Tuesday, December 8, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]

Jika Anda bertanya surga kecil yang ada di Indonesia, jawabannya adalah Raja Ampat. Terletak di bagian ujung Timur yaitu Papua, Raja Ampat ternyata sangat indah dan menjadi idaman para wisatawan untuk segera mengunjunginya.


Sayangnya, harga tiket penerbangan ke sana dinilai cukup mahal dan masih banyak yang tidak tahu rute mana saja yang harus dilewati. Nah, informasi singkat di bawah ini akan membantu Anda.

Pilihan Penerbangan dari Jakarta ke Raja Ampat Beserta Biaya

Mayoritas masyarakat lebih memilih naik pesawat ketika akan berlibur, selain cukup nyaman, pesawat juga membuat Anda tidak membuang waktu terlalu lama di perjalanan. Terdapat dua pilihan penerbangan dari Jakarta menuju Raja Ampat.

raja ampa surga wisata bahari indonesia
raja ampa surga wisata bahari indonesia

Anda bisa memilih salah satu dengan tetap memperhitungkan waktu dan biaya. Yuk langsung aja cek penjelasan di bawah ini:

1. Penerbangan Transit

Pertama adalah penerbangan transit (dua rute). Anda bisa berangkat dari Bandara Soekarno Hatta di Tangerang Banten dan akan berhenti di salah satu daerah seperti Ambon, Maluku, Surabaya atau Makassar. Namun lebih enak jika Anda transit di Surabaya.


Harga tiket diperkirakan sebesar 6 juta rupiah, dengan rincian Jakarta-Surabaya Rp500.000-Rp1.000.000. Kemudian Surabaya-Bandar Udara Domine Eduard Osok Sorong Rp3.000.000-Rp5.000.000. Diperkirakan Anda akan menghabiskan waktu hampir 13 jam di perjalanan.

pelabuhan waisai Raja Ampat Papua Barat
pelabuhan waisai Raja Ampat Papua Barat

Setelah dari Bandar Udara Sorong, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Raja Ampat via jalur laut. Tenang, semua akan terbayarkan ketika Anda sudah sampai di sana.  

2. Penerbangan Langsung

Cara kedua yang bisa Anda tempuh adalah dengan penerbangan langsung atau direct flight dari Soekarno Hatta menuju Domine Eduard Osok Sorong. Waktu perjalanan yang akan Anda tempuh sekitar 4 hingga 5 jam, untuk tarifnya hampir sama yaitu sekitar 3-7 jutaan.


Jangan kaget ya, mengingat perjalanan dari Jakarta ke Papua Barat memang cukup jauh. Tapi dijamin tidak akan membuat Anda kecewa karena menurut pendapat mayoritas wisatawan, keindahan Raja Ampat memang tidak bisa dinilai dengan jumlah biaya yang dikeluarkan.

Rute Penerbangan Baru

Sekarang Anda tidak perlu berpikir banyak soal biaya lagi karena ada kabar baik yaitu Airasia akan membuka rute baru dari Jakarta menuju Sorong. Mereka menawarkan promo mulai dari Rp2.200.000 sekali jalan.


Keuntungannya banyak sekali, pertama selain memangkas waktu perjalanan, Anda juga bisa menghemat biaya yang dikeluarkan untuk membeli tiket pesawat. Kehadiran maskapai Air Asia ini pastinya sudah disambut baik oleh Garnis Tour and Travel.


Sekarang, hanya dengan Rp5.000.000 Anda bisa pulang pergi dari Jakarta ke Raja Ampat, begitupun sebaliknya. Walaupun demikian, Anda tetap harus berharap dan berdoa untuk pemerintah agar secepatnya membangun bandar udara di Raja Ampat.


Sayang sekali kan jika keindahan di Indonesia ini dilewatkan begitu saja. Seperti kata pepatah, berpetualanglah maka Anda akan mengetahui makna kehidupan. Anda bisa berkunjung ke beberapa tempat di bawah ini:

Pulau karang di Pianemo Raja Ampat
Pulau karang di Pianemo Raja Ampat
  • Pulau Misool, sebagai pertanda bahwa wisatawan sudah sampai di Raja Ampat.
  • Star Lagoon, yaitu laguna berbentuk bintang yang terletak di Pulau Pianemo.
  • Monumen ikonik Batu Pensil, yaitu karang yang menjulang tinggi di tengah Teluk Kabul.
  • Wayag, yaitu jajaran batu karang berwarna hijau yang ada di tengah lautan biru.

Apakah Anda sudah menentukan bagaimana rencana ke depannya? Memilih penerbangan dengan transit atau langsung? Pastikan mempersiapkan budget dan kesehatan terlebih dahulu ya!

Next article Next Post
Previous article Previous Post