Sunday, October 25, 2020

author photo October 25, 2020

Daftar isi [Tampil]

Setidaknya terdapat sedikitnya 37 perubahan yang diterima oleh Toyota Camry 2021. Selain menghadirkan versi penyegaran, Toyota Camry 2021 juga hadir dengan varian terbarunya yaitu varian XSE Hybrid. Varian ini diklaim sebagai kombinasi mesin yang paling hemat bahan bakar dan juga memiliki nilai plus sporty. Sedangkan model Camry Facelift juga hadir dengan sisipan Toyota Safety Sense 2.5+ versi terbaru. Teknologi ini mencakup tambahan sistem pengereman otomatis.

Toyota Camry 2021 On The Road
Toyota Camry 2021 On The Road

Pembaruan Toyota Camry 2021

Ujung depan Camry juga dibenahi kembali sebagai daftar perangkat tambahan dengan tujuan untuk memberikan perbedaan agar model mobil lebih sporty dan eksis. Pada bagian kisi-kisi depan lebih banyak tertempel jaring gaya sarang tawon.

bocoran toyota camry 2021
bocoran toyota camry 2021

Pada sisi samping depan juga dilakukan pembaruan dengan gaya yang mengikuti tren terkini. Pembaruan ini juga digunakan untuk memberikan perbedaan antara varian LE dan XLE yang mengutamakan kenyamanan sedangkan varian SE dan XSE mengutamakan konsep sporty berjiwa muda.


Toyota Camry 2021 juga menambahkan cat eksterior dengan Blueprint baru untuk menggantikan Blue Streak Metallic. Terdapat juga warna eksklusif khusus untuk Camry TRD dual tone Ice Edge dan atap Midnight Black Metallic. Sedangkan untuk varian XSE juga memiliki warna eksklusif yaitu Supersonic Red dengan kombinasi atap Midnight Black Metallic. 


Toyota Camry TRD 2021 juga fokus pada performanya bahkan dihadirkan fitur seperti Rear Cross Traffic Alert, Blind Spot Monitor, dan juga cermin eksterior yang dapat dipanaskan. Perangkat ini menjadi pilihan pada trim LE, SE, dan SE Nightshade. Sedangkan pada varian XSE dan XLE sudah memiliki fitur standar. 

tampilan depan toyota camry hybrid 2021
tampilan depan toyota camry hybrid 2021

Bukan hanya itu saja, semua unit Toyota Camry 2021 juga sudah dilengkapi dengan kemewahan berupa layar multimedia terbaru dengan ukuran 7 inci dan 9 inci. Untuk Camry XLE juga ditambahkan dengan kursi herring bone. 

Mesin Toyota Camry 2021

Untuk sektor dapur pacu Camry 2021, Toyota menawarkan tiga pilihan powertrain yaitu 3,5 liter V6, 2,5 liter Dynamic Force empat silinder, dan Toyota Hybrid System generasi lanjutan (THS II). Mesin Dynamic Force 2,5 liter merupakan mesin yang cukup kuat namun tetap halus.


Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 206 Ps pada putaran 6.600 rpm dan torsi maksimum 250 Nm pada putaran 5.000 rpm. Sedangkan pada sebagian besar model AWD menggunakan daya 205 Ps sedangkan di Camry XSE AWD memiliki 208 Ps dengan knalpot ganda. 


Toyota Camry menjadi salah satu mobil sedan menengah yang masih menggunakan mesin V6, mesin 24 katup, DOHC 3,5 liter, yang sudah dilengkapi dengan sistem injeksi langsung D-4S dan sistem VVT-iW (Variable Valve Timing-intelligent Wide). 

tampilan belakang camry hybrid 2021
tampilan belakang camry hybrid 2021

Penggunaan sistem VVT-iW dapat mengalihkan mekanikal pacu ke siklus Atkinson sehingga dapat mengurangi kerugian akibat pemompaan dan juga menunda penutupan katup intake. Jadi intinya, mobil ini memiliki sistem penghematan bahan bakar meskipun digunakan untuk melaju kencang. Output yang dihasilkan yaitu 305 Ps pada 6.600 rpm dan 362 Nm torsi pada 4.700 rpm.


Baik itu mesin 2.5 liter ataupun 3.5 liter V6 menggunakan transmisi otomatis 8 percepatan direct shift yang dapat melakukan pemindahan gigi yang lebih akurat, mulus, dan halus karena rasio mid-range mampu meningkatkan kinerja akselerasi lebih baik. 


Sedangkan untuk rentang lebar dari torque converter memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman dan presisi serta penggunaan bahan bakar yang lebih efisien. Teknologi control logic juga akan membantu mengoptimalkan pencocokan torsi yang tepat pada saat penurunan gigi atau downshifts sehingga setiap pemindahan antar gigi akan lebih mulus. 

Fitur Keselamatan Toyota Camry 2021

Semua mobil Toyota Camry memiliki fitur yang tidak main-main apalagi jika menyangkut masalah keselamatan. Toyota Camry 2021 memiliki 10 airbag standar dan Star Safety System Toyota yang meliputi Traction Control, Vehicle Stability Control, Anti-lock Braking System, Electronic Brake-force Distribution, Smart Stop Technology, dan Brake Assist. 


Semua unit Toyota Camry 2021 sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang handal sehingga tidak perlu khawatir pada saat parkir ataupun melalui jalanan yang sempit. Semua unit juga sudah dilengkapi dengan kamera cadangan standar untuk memantau kondisi di luar mobil. 

Next article Next Post
Previous article Previous Post