Thursday, October 22, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]

Perkembangan teknologi informasi telah memasuki babak baru. Bila sebelumnya komik atau novel dibuat secara daring. Kini Anda dapat mengkonversi teks menjadi audio atau audio menjadi teks pada  PC dan smartphone. Sederhananya, aplikasi ini seperti membuat audio narasi pada konten YouTube atau penerapan STT (Speech to Text) pada aplikasi penerjemah. 

ilustrasi tool speech to text
ilustrasi tool speech to text

Selain bermanfaat bagi YouTuber, text to speech juga digunakan banyak orang untuk mempermudah aktivitas mereka. Tidak heran jika kini makin banyak tools atau aplikasi TTS, dan berikut speech to text yang bermunculan di dunia maya. 

Speech to Text VS Text to Speech

Teknologi STT sebelumnya telah dikembangkan oleh beberapa platform. Contohnya Google yang menawarkan icon “record” di jendela pencarian mereka.  Sehingga pengguna bisa memasukan kata kunci menggunakan perintah suara. Teknologi ini kemudian berkembang semakin pesat bahkan melahirkan sejumlah aplikasi dan platform STT terpercaya dan populer.


Sementara itu, text to speech merupakan sistem atau teknologi kebalikan dari perintah suara. Di mana teks yang Anda tulislah yang nantinya akan diubah tools atau aplikasi menjadi audio. Teknologi ini sangat mendukung aktivitas online terutama bagi pengguna yang lebih tertarik memperoleh informasi melalui audio daripada visual. 

5 Tools Text to Speech Berbahasa Indonesia Terpopuler

Bagi beberapa orang, sistem TTS dan STT masih sangat baru dan asing. Padahal pemanfaatannya sangat dibutuhkan untuk efisiensi pekerjaan. Temukan daya tarik keduanya melalui beberapa tools populer berikut. 


  1. Dictation.io

Merupakan situs populer yang menawarkan pengalaman speech to text terbaik bagi para pengunjungnya. Selain memiliki bahasa Inggris, Italia, Perancis atau Belanda, Dictation juga hadir dengan bahasa Indonesia dan sejumlah bahasa asing lainnya. 

Tampilan dictation.io
Tampilan dictation.io

Yang perlu Anda lakukan cukup klik icon “launch dictation” yang berada di menu beranda untuk masuk ke fitur STT. Setelah itu pilih bahasa Indonesia dan klik icon record untuk merekam suara Anda dan mengkonversinya menjadi teks. Selesai selesai, Anda bisa menyimpan, menyalin, mempublikasikan hingga mencetak teks tulisan Anda dengan memilih perintah di bagian bawah halaman.


  1. Dictanote.co/transcribe

Berbeda dari tools sebelumnya, Dictanote.co menawarkan dua teknologi baik STT maupun TTS dalam satu platform. Untuk akses STT, silahkan Anda masuk ke https://dictanote.co sementara halaman TTS dapat Anda akses dengan mengetikan alamat https://dictanote.co/transcribe


Perbedaan antara Dictanote dan Dictation tidak hanya itu saja. Untuk menggunakan tools ini, Anda harus menggunakan browser Chrome lantas mendaftarkan akun. Dictanote.co mungkin menawarkan fitur demo tanpa perlu signup namun fitur yang ditawarkan di dalamnya tidak lengkap. 


  1. Speechlogger.appspot.com/en/

Merupakan situs STT gratis yang memiliki sejumlah fitur menarik di dalamnya termasuk fitur translate bahasa Indonesia ke bahasa asing melalui rekaman suara. Setelah pilih bahasanya, klik icon record yang terdapat di kotak konversi pada bagian tengah halaman beranda. Sama seperti Dictation, Anda juga bisa mencetak hasil rekaman teks dengan klik icon print atau menyimpannya pada Google Drive. 


Fasilitas yang ditawarkan oleh Speechlogger sangat bermanfaat terutama jika Anda berencana untuk menguasai bahasa asing secara otodidak. Teks alih bahasa yang ditampilkan oleh tools ini mengikuti tulisan asing. Misalnya jika Anda ingin menerjemahkan bahasa Indonesia ke Jepang, hasil akhir tulisan akan berupa tulisan Jepang tidak ditulis menggunakan huruf latin (letter).


  1. Responsivevoice.org

Sebelumnya telah dijelaskan sejumlah tools STT terpopuler di dunia yang mampu mengubah suara menjadi teks bahkan mengkonversinya ke dalam bahasa Indonesia. Tools kali ini khusus dibuat bagi Anda yang tertarik mencoba teknologi TTS. ResponsiveVoice punya banyak human digital voice yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Untuk suara Indonesia terdapat dua pilihan suara female dan male. 

tampilan web responsive voice
tampilan web responsive voice

Usai memilih jenis digital voice-nya, silahkan Anda salin teks dari Microsoft Word atau Notepad pada lembar kerja kosong lantas klik play. Secara otomatis, sistem ResponsiveVoice akan mengubah teks tersebut menjadi audio. Anda dapat menyimpan atau menambahkan rekaman suara pada Video atau situs pribadi. 


  1. Oddcast.com

Rekomendasi TTS terakhir adalah oddcast.com atau yang dikenal juga dengan https://ttsdemo.com. Sama seperti ResponsiveVoice, tools ini juga menawarkan fitur TTS dengan 25 pilihan suara manusia termasuk native speaker Indonesia. 


Di Oddcast tersedia tiga pilihan suara Indonesia yakni suara Putri, Damayanti dan Bintang. Pada halaman TTS Oddcast, silahkan Anda klik icon TTS yang terdapat di body konten hingga masuk ke beranda utama ttsdemo.com. Klik tanda panah ke bawah untuk mengakses fitur TTS dan memilih jenis suara dan bahasa. Tambahkan tulisan lantas klik “sample” .

Kegunaan Aplikasi TTS dan STT Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Di atas telah dijelaskan lima pilihan tools TTS (text to speech) dan STT (speech to text) yang dapat Anda gunakan secara gratis. Lantas, apa sebenarnya manfaat menggunakan teknologi tersebut?


  • Audiobook Berbagai Bacaan dan Kegiatan

Bagi beberapa orang, membaca merupakan kegiatan yang sangat menjemukan. Padahal dari bahan bacaan-lah informasi baru Anda peroleh. Solusi mengatasi kondisi tersebut sangat mudah, silahkan Anda salin berbagai informasi yang Anda butuhkan untuk dikonversi menjadi audiobook. 

audiobook tren baru generasi milenial
audiobook tren baru generasi milenial

Seperti berita terkini, resep makanan, sejarah pahlawan dan berbagai informasi penting lainnya. Melalui audiobook dapatkan pengetahuan baru sambil melakukan aktivitas lainnya. 


  • Membantu Disabilitas Netra dan Disabilitas Rungu

TTS dan STT juga baik bagi para penyandang disabilitas terutama tuna rungu dan netra. Melalui tools ini, mereka dapat memperoleh informasi sama besarnya seperti orang normal. Cukup sesuaikan saja dengan kebutuhan masing-masing.


Itulah pengertian dan manfaat tools speech to text maupun text to speech, teknologi terbaru di bidang audio dan tulisan. Manfaatkan toolsnya sebaik mungkin untuk memenuhi berbagai aktivitas pribadi maupun bisnis. 

Next article Next Post
Previous article Previous Post