Wednesday, July 1, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]
Kerusakan kolam renang memang wajar terjadi apalagi jika kolam renang sudah berusia lama ataupun ketika kolam renang jarang dilakukan perawatan secara rutin. Apabila sudah terjadi kerusakan maka terpaksa harus melakukan renovasi sesegera mungkin agar kerusakan yang terjadi tidak semakin parah.

Faktor-Faktor Dalam Renovasi Kolam Renang

Sebelum Anda memanggil jasa renovasi kolam renang, terdapat beberapa faktor penting yang harus diperhatikan. Faktor-faktor ini dapat mempengaruhi biaya perbaikan dan juga menjadi hal yang harus segera diperbaiki. Hal ini karena tidak semua kerusakan harus direnovasi apalagi jika renovasi dilakukan karena rasa bosan. Apabila ingin menghemat biaya, anda bisa memahami faktor-faktor berikut sebelum merenovasi kolam renang.

  1. Keretakan konstruksi kolam renang
Tangga kolam renang yang terkadang rusak
Tangga kolam renang yang terkadang rusak

Apabila konstruksi kolam renang mengalami kerusakan misalnya seperti terjadi keretakan, maka ada baiknya untuk segera direnovasi karena dapat mempengaruhi fungsi kolam renang. Level air kolam renang akan sering berkurang dengan sendirinya karena keretakan tersebut.

  1. Rusaknya plumbing system (Sistem pemipaan)
Plumbing system yang mengalami kerusakan atau gagal dalam proses instalasi akan berpengaruh terhadap sistem sirkulasi air kolam renang. Apabila tidak segera diperbaiki maka kerusakan dapat menjadi lebih parah dan berpengaruh pada keawetan kolam renang dan debit air kolam yang juga akan berkurang drastis.

Bukan hanya itu saja, karena sistem air kolam renang yang terhambat maka dapat memberikan efek negatif pada air kolam. Air kolam akan menjadi mudah kotor, keruh, hijau, tumbuhnya lumut dan jamur di dinding kolam sehingga air kolam menjadi tidak layak pakai karena sudah tidak sehat dan bersih.

  1. Kerusakan filter atau pompa
Filter atau pompa kolam renang memiliki peran yang sangat penting dalam sistem sirkulasi air kolam. Apabila terjadi kerusakan baik pada salah satu maupun kedua komponen maka dapat berdampak negatif pada kolam renang dan juga air kolam sehingga harus segera diperbaiki.

Apabila sudah rusak parah maka terpaksa harus mengganti komponen tersebut dengan yang baru agar kolam renang tetap dapat dipakai dan sirkulasi air tetap dapat berjalan lancar. Filter berfungsi untuk menyaring air kolam dari debu dan kotoran sehingga air kolam akan tetap jernih dan bersih sedangkan pompa berfungsi untuk mengalirkan air kolam ke dalam filter.

  1. Terkikisnya Nut
Keramik atau mosaic lantai kolam renang memang rentan terkikis dan merupakan hal yang wajar apalagi jika kolam renang sudah lama digunakan. Apabila usia kolam renang sudah lama digunakan dan keramik atau mosaic mulai terkikis, maka segera lakukan perbaikan agar tidak menjadi semakin parah.

Proses renovasi dapat dilakukan dengan nutting ulang sehingga tetap menjaga kenyamanan dan keamanan pengguna kolam renang. Apabila nut sudah terkikis maka dapat menyebabkan kerusakan pinggiran keramik atau mosaic.

Apabila hal tersebut terjadi maka akan beresiko melukai pengguna kolam renang karena sisinya yang tajam. Maka dari itu sangat penting untuk melakukan setting ulang sesegera mungkin apabila sudah terlihat kerusakan.

  1. Terlepasnya keramik mosaic
Selain mengalami pengikisan, keramik atau mosaic juga dapat terlepas karena pengikisan yang terjadi sebelumnya. Maka dari itu sejak terjadinya pengikisan maka harus segera diperbaiki sebelum keramik pada akhirnya terlepas dan membutuhkan biaya tambahan yang lebih banyak dalam melakukan renovasi.
Perbaikan mosaic kolam renang
Perbaikan mosaic kolam renang

Lepasnya keramik atau mosaic juga dapat diakibatkan karena penggunaan bahan kimia atau obat-obatan dengan tujuan untuk perawatan kolam renang. Apabila hal ini sudah terjadi, terpaksa anda harus berhenti mengoperasikan kolam renang dan membuat janji untuk memperbaiki kolam renang.

Next article Next Post
Previous article Previous Post