Thursday, October 6, 2022

author photo October 06, 2022

Daftar isi [Tampil]

Saat berkendara di jalan raya, Anda akan menemukan beragam plat nomor kendaraan. Jika Anda perhatikan, plat nomor kendaraan satu dengan yang lainnya tentu berbeda.

plat nomor n untuk karesidenan malang
plat nomor n untuk karesidenan malang

Ada yang menggunakan plat nomor N, plat nomor M, maupun plat nomor lainnya. Hal ini dikarenakan plat nomor merupakan salah satu identitas bagi kendaraan bermotor sehingga akan berbeda satu dengan yang lainnya.


Lalu apa arti plat nomor N tersebut? Simak informasi lengkapnya dalam artikel ini.

Plat Nomor N dan Kode Belakangnya

Plat nomor N merupakan identitas bagi kendaraan bermotor yang berasal dari wilayah Malang dan sekitarnya. Jika dijumlah, ada 8 kota atau kabupaten yang menggunakan plat nomor N tersebut.


Kota atau kabupaten yang menggunakan plat nomor N diantaranya adalah Kota Malang, Kab. Malang, Kota Batu, Kab. Probolinggo, Kota Probolinggo, Kab. Lumajang, Kota Pasuruan, dan Kab. Pasuruan. Untuk membedakan kabupaten atau kota asal kendaraan bermotor tersebut maka Anda bisa memperhatikan kode belakangnya. Berikut ini daftar kode belakang plat nomor N.

Kota/KabupatenKode BelakangContoh
Kota MalangA/B/C/EN 1234 ER
Kab. MalangD/F/G/H/I/JN 1234 JL
Kota BatuK/LN 1234 LI
Kab. ProbolinggoM/N/PN 1234 MP
Kota ProbolinggoQ/R/SN 1234 RF
Kab. LumajangU/Y/ZN 1234 ZK
Kota PasuruanV/XN 1234 VL
Kab. PasuruanO/T/WN 1234 WT

Cara Cek Plat Nomor N

Bagi pemilik kendaraan bermotor dengan plat nomor N, maka Anda dapat cek informasi tentang kendaraan Anda dengan mudah. Bahkan Anda bisa melakukannya melalui ponsel tanpa perlu datang ke kantor Samsat.


Informasi yang bisa Anda peroleh meliputi informasi tentang spesifikasi kendaraan bermotor Anda, dan juga pajak kendaraan bermotor yang Anda miliki. Anda bisa mengikuti beberapa cara berikut untuk cek plat nomor N.

Melalui SMS

Untuk mengetahui informasi kendaraan dan juga pajak kendaraan Anda, Anda bisa menggunakan SMS. Anda bisa menggunakan format JATIM [spasi] plat nomor kendaraan yang akan Anda cek. Contoh JATIM N1234ER, kemudian kirim SMS tersebut ke nomor 7070. Setelah itu, Anda akan mendapatkan balasan SMS yang berisi informasi kendaraan Anda beserta jumlah pajak yang harus dibayarkan.

Melalui Website

mobil dinas baru untuk walikota malang (liputan6.com)
mobil dinas baru untuk walikota malang (liputan6.com)
Anda juga bisa cek plat nomor N melalui website https://info.dipendajatim.go.id/esamsat/. Anda bisa memasukkan plat nomor kendaraan Anda secara lengkap. Kemudian masukkan juga NIK Anda dan lakukan verifikasi. Setelah itu, akan ditampilkan informasi lengkap tentang kendaraan bermotor plat nomor N yang Anda miliki beserta dengan pajaknya.


Untuk informasi lengkap mengenai kode plat di seluruh Indonesia, kamu dapat mempelajari lebih lanjut pada link Plat Nomor dari SebuahUtas ini.

Melalui Aplikasi

Cara terakhir untuk cek plat nomor N adalah dengan menggunakan aplikasi E-Smart Samsat Jatim. Aplikasi ini bisa Anda download secara gratis di Play Store.


Namun, sebelum bisa menggunakan aplikasi ini untuk cek plat nomor N, maka Anda perlu melakukan registrasi terlebih dahulu. Setelah registrasi berhasil, maka Anda bisa cek plat nomor N dengan memasukkan seri plat nomor secara lengkap.

Next article Next Post
Previous article Previous Post