Wednesday, April 1, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]
EdTech merupakan inovasi baru dalam dunia pendidikan. Konsep EdTech yang menggabungkan antara teknologi dan pembelajaran menawarkan kemudahan bagi pendidik dan peserta didik untuk memahami materi pelajaran. Di Indonesia, terdapat beberapa EdTech startup yang menawarkan layanan pendidikan berbasis online.
Ilustrasi Edtech startup berbasis edukasi
Ilustrasi startup Edtech berbasis edukasi

Kehadiran startup tersebut mendapat sambutan positif dari masyarakat. Buktinya, makin banyak pelajar yang memanfaatkan situs dan aplikasi bimbel online untuk mendapatkan pengalaman belajar yang efektif dan menyenangkan. Apa saja EdTech startup terbaik yang ada di Indonesia? Berikut ulasan untuk Anda.

3 EdTech Startup Terbaik yang Wajib Anda Ketahui

Ruang Guru

Ruang Guru merupakan startup yang bergerak dalam dunia pendidikan dan memberikan layanan pendidikan online untuk pelajar di seluruh Indonesia. Startup yang satu ini juga menjadi tempat bagi para guru privat untuk memberikan pembelajaran yang menarik dan inovatif demi meningkatkan mutu pendidikan di tanah air.

Ruang Guru menggunakan tiga jenis kurikulum sehingga pengguna dapat menyesuaikan dengan kurikulum yang digunakan di sekolah. Situs bimbel online ini juga menyediakan beragam pilihan mata pelajaran untuk berbagai jenjang sehingga memudahkan Anda untuk memilih mata pelajaran yang ingin ditingkatkan.

Meskipun EdTech startup ini tidak memberikan layanan secara gratis, harga yang ditawarkan masih lebih terjangkau dibandingkan dengan bimbel konvensional. Cara belajar melalui video dan kuis membuat kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan.

Zenius

Zenius adalah startup yang turut meramaikan persaingan bimbel online di Indonesia. Zenius menghadirkan layanan pendidikan berbasis online sehingga memudahkan Anda untuk belajar dari mana saja dan kapan saja. Hampir sama dengan Ruang Guru, Zenius juga menyediakan video pembelajaran yang menarik disertai dengan audio sehingga lebih efektif dalam menyampaikan materi.

EdTech startup ini juga menggunakan tiga jenis kurikulum yang berlaku di Indonesia, yaitu KTSP, K13, dan K13-Revisi. Anda bisa menyesuaikan dengan kurikulum yang digunakan di sekolah sehingga materi yang disampaikan sesuai dengan yang Anda dapatkan di sekolah. Berbagai pilihan mata pelajaran juga siap untuk menemani hari-hari Anda.

Seperti halnya Ruang Guru, startup ini juga memberikan layanan online berbayar. Anda bisa memilih paket membership sesuai kebutuhan dengan harga terjangkau. Tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan manfaat dari EdTech startup Zenius. Ada sedikit hal menarik dari Zenius ini, pada awal kemunculannya, mereka mendapatkan uang dari hasil produksi DVD berisi video pembelajaran edukasi secara offline sebelum masuk dalam layanan pembelajaran daring.

KelasKita

KelasKita merupakan EdTech yang menawarkan kemudahan belajar melalui kelas online. Startup yang berdiri sejak tahun 2013 ini menghadirkan berbagai program. Lain halnya dengan Ruang Guru maupun Zenius, KelasKita mengadopsi konsep media sosial sehingga membuat proses belajar terasa lebih menyenangkan.

KelasKita juga mempunyai sebuah forum komunitas edukasi. Dalam komunitas tersebut, Anda bisa bertanya maupun menjawab pertanyaan dari pengguna lain. Ada pula kuis yang memungkinkan Anda untuk membuat atau mengerjakan kuis mengenai beragam subyek dengan tingkat kerumitan yang berbeda-beda.

Fitur lain yang ditawarkan oleh KelasKita adalah broadcast live video, real-time notification, chalkboard, hingga timeline. Jadi, Anda bisa bersenang-senang layaknya menggunakan media sosial namun tetap mendapatkan banyak ilmu. Yang menarik, aplikasi belajar online ini bisa digunakan oleh berbagai kalangan, mulai dari pelajar sekolah dasar hingga mahasiswa di perguruan tinggi.

Kehadiran EdTech startup tersebut menjadi terobosan bagi dunia pendidikan di Indonesia. Pelajar kini mendapatkan ruang lebih banyak untuk menggali ilmu, tidak hanya di sekolah tapi di mana saja dan kapan saja. Anda bisa memilih startup terbaik sesuai dengan keinginan. Pastikan Anda mengetahui fitur, keunggulan, paket, dan harga yang ditawarkan agar bisa menentukan pilihan dengan lebih baik.

Next article Next Post
Previous article Previous Post