Wednesday, April 8, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]
Pemerintah berusaha memberi kemudahan dalam tata cara pembayaran pajak untuk meningkatkan pendapatan negara yang berasal dari pajak. Salah satunya adalah diciptakannya Samsat Online Nasional. Dengan adanya kemudahan ini, diharapkan bahwa jutaan pemilik kendaraan bermotor memiliki kesadaran membayar pajak yang lebih baik dan dapat membayar pajak dengan mudah.
Foto SIM Keluaran Terbaru Tahun 2020
Foto SIM Keluaran Terbaru Tahun 2020

Apa Itu Samsat Online Nasional

Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap, atau yang lebih dikenal dengan Samsat, bekerja sama dengan Jasa Raharja dan Kemendagri untuk mewujudkan Samsat Online Nasional. Program ini merupakan layanan jaringan berbasis elektronik guna pembayaran maupun pengesahan pajak kendaraan bermotor (PKB) tahunan.
Sistem Samsat Online Nasional dari Korlantas POLRI
Sistem Samsat Online Nasional dari Korlantas POLRI

Program tersebut berbentuk aplikasi digital yang dapat diunduh dan diinstal pada smartphone. Aplikasi ini memungkinkan para pemilik kendaraan bermotor atau wajib pajak untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan dengan mudah dan praktis. Kemudahan ini tentu saja memberi banyak manfaat bagi mereka. Berikut ini beberapa manfaat dari Samsat Online Nasional.
  1. Pembayaran dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, sehingga wajib pajak tidak perlu izin dari pekerjaan untuk membayar pajak.
  2. Menghemat waktu karena proses pembayarannya lebih praktis dan sederhana.
  3. Menghindarkan wajib pajak dari bahaya calo dan biro jasa yang merugikan.

Memahami Menu Aplikasi Samsat Online Nasional

Di dalam aplikasi tersebut terdapat beberapa menu. Setiap menu tentunya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Menu yang dapat ditemukan pada aplikasi Samsat Online Nasional adalah sebagai berikut:
  1. Pendaftaran
Pada menu ini, Anda dapat melakukan pendaftaran. Selain itu, di sini Anda juga akan mengetahui nilai pajak PKB dan SWDKLLJ yang ditetapkan serta memperoleh kode bayar.
  1. Info Proses
Dari menu ini, Anda dapat mengetahui langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk membayar PKB tahunan.
  1. Info Pajak
Menu ini menampilkan info tentang besarnya nilai PKB serta SWDKLLJ. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui berapa jumlah uang yang perlu Anda bayarkan.
  1. E-TBPKP
E-TBPKP merupakan bukti pelunasan elektronik dari pembayaran PKB Anda. Untuk melihat bukti pelunasan tersebut, Anda perlu pergi ke menu ini.
  1. E-Pengesahan STNK
Di sini, Anda dapat melihat tampilan dari STNK dari kendaraan Anda yang telah disahkan secara virtual.
  1. Pindah Bukti
Pada menu ini, Anda dapat memindahkan E-TBPKP serta e-pengesahan STNK dari smartphone yang satu ke smartphone yang lain.
  1. Pengaduan
Menu ini berguna untuk menyampaikan keluhan atau saran yang berkaitan dengan Samsat Online Nasional.
  1. Panduan
Apabila Anda bingung dengan cara penggunaan aplikasi ini, Anda dapat melihat panduan penggunaannya pada menu ini.

Cara Membayar Pajak melalui Samsat Online Nasional

Untuk membayar PKB tahunan melalui aplikasi Samsat Online Nasional, Anda dapat mengikuti langkah berikut ini.
  1. Download dan instal aplikasi Samsat Online Nasional dari Korlantas POLRI pada smartphone Anda. Aplikasi ini tersedia secara gratis di Play Store.
  2. Klik menu pendaftaran untuk membayar PKB. 
  3. Klik setuju ketika muncul pesan yang berbunyi: “Perhatian, TBPKB dan stiker pengesahan STNK akan dikirim pada alamat yang tertera pada STNK”. Anda dapat memilih opsi tidak setuju jika tidak ingin melanjutkan pembayaran.
  4. Isi formulir yang diminta oleh aplikasi. Contoh data yang perlu diisi adalah NIK, nomor rangka, nomor polisi, serta Email.
  5. Klik tombol “Lanjut” dan aplikasi akan menampilkan besarnya nilai pajak yang perlu dibayarkan serta data lengkap kendaraan.
  6. Klik setuju pada layar untuk memperoleh kode bayar. Kode ini berlaku selama 2 jam.
  7. Setelah memperoleh kode tersebut, Anda dapat membayar PKB tahunan Anda melalui ATM bank yang telah bekerja sama dengan aplikasi ini. Beberapa bank tersebut adalah BPD, BRI, BCA, BTN, dan BNI.
  8. Setelah pembayaran dilakukan, pihak Samsat online akan mengirimkan E-TBPKP melalui aplikasi atau Email Anda. Tanda bukti pelunasan tersebut memiliki batasan masa berlaku, yaitu selama 30 hari.
  9. Jika Anda telah memiliki E-TBPKP, Anda perlu datang ke kantor Samsat sebelum masa berlakunya habis. Di kantor ini, Anda akan memperoleh SKPD dan TBPKP yang asli serta pengesahan STNK.

Samsat Online Nasional merupakan salah satu terobosan terbaik dalam meningkatkan pendapatan pajak pemerintah. Selama ini, banyak pemilik kendaraan yang malas membayar pajak, karena tidak memiliki waktu luang untuk membayar atau sedang berada di luar daerah. Akan tetapi, dengan kepraktisan ini, para pemilik kendaraan bermotor tidak akan merasa malas lagi untuk membayar pajak.

Next article Next Post
Previous article Previous Post