Thursday, February 13, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]
Kebutuhan pengecekan keaslian dokumen kini sangat diperlukan. Terutama bagi para dosen atau mahasiswa yang bergelut dengan banyak dokumen dan tugas. Begitu juga bagi para dosen yang sangat membutuhkan alat pengecekan tersebut.

Kini banyak alat pengecekan dokumen yang bisa digunakan untuk mengecek apakah dokumen tersebut asli atau tidak. Salah satunya adalah alat pengecekan berupa Turnitin. Bagi sebagian orang tentunya Turnitin ini tidak terlalu asing. Namun bagi beberapa orang yang belum mengetahuinya, maka istilah ini terdengar asing.
Turnitin, aplikasi cek plagiasi anak kuliahan
Turnitin, aplikasi cek plagiasi anak kuliahan

Mengenal Apa Itu Turnitin

Sebuah website yang bermanfaat dan berfungsi untuk mengecek tingkat plagiasi dokumen atau karya seseorang merupakan pengertian dari Turnitin. Website ini biasanya digunakan oleh para dosen atau mahasiswa. Terutama bagi mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi dan membutuhkan banyak referensi. Apabila salah satu mahasiswa melakukan plagiat, maka dosen bisa mendeteksinya melalui website cek plagiasi ini.

Mengapa para dosen dan mahasiswa lebih memilih untuk menggunakan website ini? Ada beberapa alasan mengapa banyak orang memilih untuk menggunakan Turnity. Diantaranya adalah sarana yang paling efektif untuk mendeteksi atau mengecek plagiasi tulisan atau sebuah karya.

Alasan selanjutnya adalah menghemat penggunaan kertas atau paperless. Mengecek plagiasi sekaligus mengumpulkan tugas melalui website ini akan mengurangi penggunaan kertas. Mengingat tugas mahasiswa tidak ada yang berjumlah sedikit. Hampir semua tugas mahasiswa memiliki jumlah banyak dan tebal.

Alasan lainnya dari penggunaan Turnitin adalah penggunaan lebih efektif dan efisien. Mahasiswa ataupun dosen bisa mengoreksi tugas atau dokumen menggunakan situs ini kapan saja dan dimana saja. Sehingga pengecekan tidak dibatasi oleh waktu ataupun tempat. Hal ini juga akan mempermudah proses penilaian dari dosen kepada mahasiswanya.

Beberapa alasan diatas tentunya sangat membantu para dosen dan juga mahasiswa. Apabila anda seorang mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi, maka anda bisa menggunakan website ini. Anda bisa mengecek tingkat plagiasi sehingga meminimalisir kesalahan dan juga revisi dari dosen.

Bagaimana Cara Menggunakan Turnitin Cek Plagiasi

Seperti yang dikatakan sebelumnya, sebagian orang mungkin belum mengetahui apa itu Turnitin. Sehingga belum mengetahui bagaimana cara menggunakan Trunitin ini. Lalu bagaimanan cara menggunakan Turnitin agar bisa dimanfaatkan untuk mengecek tingkat plagiasi dokumen?

1. Langkah Pertama

Langkah awal dalam menggunakan Turnitin adalah membuka websitenya terlebih dahulu. Setelah membuka website Turnitin, maka anda akan mendapatkan tampilan awal atau home dari Turnitin.

2. Langkah Kedua 

Setelah membuka website dan juga mendapatkan tampilan awal, maka langkah selanjutnya adalah memilih kelas dari Turnitin tersebut. Kelas atau kategori tersebut dibedakan menjadi 3 yaitu Student, Teaching, dan juga Instructor. Apabila anda seorang mahasiswa, maka anda bisa memilih kelas sebagai student.

3. Langkah Ketiga

Apabila anda sudah membuat kelas, maka masukkan nama kelas tersebut. Setelah itu, akan muncul tampilan yang berbeda. Tampilan tersebut akan memberikan perintah anda untuk mengupload dokumen atau tulisan yang akan dicek. Anda bisa memilih dokumen yang akan dicek pada folder penyimpanan. Perlu diketahui bahwa pengecekan dokumen bisa dilakukan dalam beberapa eksistensi.

4. Langkah Keempat

Setelah mengunggah dokumen yang akan dicek, maka langkah selanjutnya adalah klik Submit. Tunggu beberapa saat hingga website Turnitin mengecek tingkat plagiasi. Kemudian akan ada akumulasi pada bentuk persen. Apabila ada plagiasi, maka tulisan akan berubah warna. Hal tersebut membuktikan bahwa ada plagiasi.

Cara menggunakan Turnitin tersebut sangat mudah. Sehingga anda tidak perlu merasa kesulitan atau yang lainnya. Program Turnitin ini sangat direkomendasikan untuk anda dosen atau mahasiswa. Dengan adanya Turnitin, maka segala dokumen bisa dicek keasliannya.

Next article Next Post
Previous article Previous Post