Friday, September 13, 2019

author photo

Daftar isi [Tampil]
2019 sepertinya menjadi tahun yang paling tepat bagi mereka para pelaku bisnis, terutama yang menggeluti jenis bisnis di bidang jual beli online. Tidak heran jika semakin kesini semakin ada banyak saja pelaku e-commerce atau marketplace. Tidak hanya orang dewasa, tetapi kini sudah banyak pula generasi milenial yang lebih memilih untuk belanja online dibandingkan offline. Kepraktisan menjadi salah satu alasan yang paling mendasarkan hal tersebut.

Pada dasarnya jenis bisnis online memiliki banyak sekali macamnya, seperti Business to Consumer (B2C), Consumer to Consumer (S2C), dan lain sebagainya. Menariknya, sejak diperkenalkan toko online terutama di Indonesia kini platform belanja online tersebut terus berlomba – lomba dalam memberikan berbagai inovasi dan promo menarik. Tujuannya tidak lain untuk mendapatkan konsumen yang lebih banyak lagi. Dengan begitu yang demikian menjadi pertanda bahwa persaingan di dunia marketplace saat ini sudah semakin ketat. Tidak salah jika pada akhirnya markeplace mampu merajai pasar Indonesia.

Atas dasar itulah melalui artikel berikut akan kami infokan daftar 5 marketplace terbaik di Indonesia, dengan jumlah pengunjung aktif paling banyak. Apa saja?

Daftar 5 Marketplace Terbaik di Indonesia

Tokopedia

Tokopedia

Marketplace terbaik di Indonesia pertama adalah Tokopedia. Resmi meluncur ke publik tahun 2009 silam, Tokopedia berdiri dibawah naungan PT Tokopedia yang didirikan William Tanuwijaya bersama Leontinus Alpha Edison. Menjadi salah satu mall online terbaik di Indonesia, Tokopedia pada dasarnya lebih mengusung model bisnis markeplace. Itu artinya, siapa pun dari Anda diizinkan untuk membuat toko onlinenya secara gratis.

Sejak resmi diluncurkan di publik, Tokopedia memang berhasil menjadi salah satu perusahaan internet Indonesia terbaik, dimana pertumbuhannya terbilang cukup pesat. Tidak heran jika pada akhirnya Tokopedia mampu menduduki peringkat pertama di daftar 5 marketplace terbaik di Indonesia. Berperan penting sebagai pihak ketiga untuk menjembatani transaksi jual beli, kini Tokopedia sudah berhasil mendapatkan kunjungan lebih dari 300 juta per bulannya.

Sebagai marketplace terbaik, Tokopedia adalah perusahaan teknologi Indonesia terpopuler yang memiliki misi untuk bisa mencapai pemerataan ekonomi dengan sangat baik secara digital. Sejak berdiri di tahun 2009 silam tersebut Tokopedia memang sudah bertransformasi menjadi unicorn terbaik yang memiliki pengaruh cukup besar, tidak hanya di Indonesia saja tetapi juga di seluruh Asia.

Shopee

Shopee

Lalu diposisi selanjutnya ada Shopee yang juga menjadi salah satu marketplace terbaik yang patut diacungi jempol. Meskipun menjadi pendatang baru, tetapi perkembangannya tentu tidak bisa dianggap remeh. Shopee bahkan berhasil tingkatkan jumlah pengunjungnya secara signifikan hingga 767%. Didirikan sejak tahun 2017 lalu, platform terbaik di Indonesia ini bahkan mampu mendapatkan unduhan hingga lebih dari 80 juta dan ada lebih dari 10 juta produk aktif dari 4 juta wirausaha yang ikut bergabung di dalamnya.

Berbeda halnya dengan Tokopedia, Shopee hadir sebagai aplikasi terbaik yang diklaim sebagai aplikasi mobile marketplace pertama yang menerapkan model Consumer to Consumer (C2C). Lebih dari itu, Shopee bahkan juga turut hadirkan fitur Live Chat. Nah, dengan fitur inilah tentu akan membuat Shopee berbeda dengan marketplace pada umumnya. Tak perlu khawatir, sebab sampai sekarang fitur tersebut tetap diadaptasi oleh Shopee.

Lazada Indonesia

Lazada Indonesia

Didirikan sejak tahun 2012 silam oleh Rocket Internet dan Pierre Poignant, Lazada menjadi salah satu perusahaan marketplace terbaik di Asia Tenggara. Tidak jauh berbeda dngan marketplace pada umumnya, Lazada Indonesia juga menjadi pusat belanja online terbaik yang menawarkan sistem belanja online praktis dan mudah. Di Lazada Indonesia tentu saja ada banyak sekali jenis produk yang dijual, mulai dari produk elektronik, pakaian, maianan, buku, dan masih ada banyak lagi.

Kabar baiknya, Lazada Indonesia bahkan menjadi salah satu cabang jaringan retail online terbaik sejak 2012. Lazada bahkan juga dimiliki oleh Alibaba Group, sejak tahun 2014 silam, Lazada tidak hanya mengoperasikan situsnya di Indonesia, tetapi juga di Vietnam, Thailand, Malaysia, Singapura, dan Filipina. Karena ada banyaknya kemudahan dalam berbelanja hingga akhirnya membuatnya meraih sekitar US$648 juta dari beberapa putaran investasi dari para investornya.

BliBli

BliBli

Diposisi berikutnya ada BliBli yang juga menjadi salah satu e-commerce terbaik di Indonesia. Berdiri sejak tahun 2010 silam, BliBli merupkan situs website perdagangan elektronik di Indonesia yang populer. Untuk menciptakan sistem black-end, BliBli bekerjasama dengan banyaknya penyedia jasa teknologi, perbankan, mitra logistik, dan mitra dagang dengan standar tertentu dengan begitu BliBli mampu memenuhi setiap kebutuhan pengguna aktifnya.

Selaku Presiden Direktur BliBli, Kusumo Martanto mengatakan bahwa BliBli akan menjadi marketplace model B2C terbaik dan pertama di Indonesia. Tidak hanya itu, BliBli bahkan berkomitmen untuk turut aktif dalam mendukung serta memberdayakan creativepreneurs lokal, mulai dari market channel hingga pengembangan usaha.

Bukalapak

Bukalapak Daftar 5 Marketplace Terbaik di Indonesia
Daftar 5 Marketplace Terbaik di Indonesia

Dijalankan oleh PT Bukalapak, marketplace yang terakhir ini juga dikenal sebagai salah satu pusat perbelanjaan daring terbaik di Indonesia. Sama seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BliBli, Bukalapak juga merupakan hasil marketplace buatan dalam negeri. Didirikan tahun 2010 lalu oleh Achmad Zaky bersama Fajrin Rasyid dan Nugroho Herucahyono kini Bukalapak sudah menjadi 1 dari 4 unicron asal Indonesia terbaik sejak tahun 2017.

Menerapkan model bisnis berkonsep Consumer to Consumer (C2C), sampai sekarang Bukalapak masih tetap konsisten berupa dalam memperluas literasi digital serta membangun usaha kecil dan menengah di Indonesia. Pada dasarnya, marketplace satu ini memiliki makna sederhana, yakni semua orang bisa menggelar barang dagangannya tanpa modal yang besar dan melakukan transaksi di lapak digital.

Nah, itu dia daftar 5 marketplace terbaik di Indonesia yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

Next article Next Post
Previous article Previous Post