Monday, May 29, 2023

author photo May 29, 2023

Daftar isi [Tampil]

Plat nomor BM adalah salah satu jenis kode di dalam plat kendaraan yang menunjukan provinsi asal kendaraan tersebut. Setiap kendaraan di Indonesia memiliki plat nomor, di dalamnya ada kode tertentu dengan arti tertentu juga. Kode depan yang terdiri dari satu atau dua huruf menunjukan asal daerah. Lalu, kode BM menunjukan daerah mana?

Asal Daerah Plat Nomor BM dan Cara Bayar Pajak Lewat Aplikasi SIGNAL

Darimana Asal Plat Nomor BM? 

Plat kendaraan menjadi salah satu atribut wajib bagi kendaraan resmi di tanah air, bahkan di dunia. Kendaraan resmi yang dimaksudkan disini adalah kendaraan yang teregistrasi di Samsat Nasional. Artinya kendaraan tersebut sudah memenuhi kewajiban pajak sesuai ketentuan yang berlaku. 


Plat nomor kendaraan kemudian memiliki deretan kode yang dibuat acak tetapi memiliki arti atau definisi. Salah satunya kode depan di dalam plat kendaraan, kode ini menunjukan daerah asal kendaraan tersebut. Contohnya adalah plat nomor BM yang diketahui merupakan kode untuk daerah Riau atau Kepulauan Riau. 


Jadi, jika menjumpai kendaraan yang plat nomornya dimulai dari kode BM maka artinya kendaraan tersebut berasal dari Provinsi Riau. Provinsi ini sendiri diketahui memiliki 12 kabupaten. Dari 12 kota dan Kabupaten ini memiliki kode huruf belakang yang berbeda.

Kode Belakang untuk Plat Kendaraan BM

Contoh plat nomor BM

Masing-masing kabupaten di Provinsi Riau memiliki kode belakang yang berbeda dengan terdiri dari dua hingga tiga huruf. Jadi, jika mendapati kendaraan dengan plat nomor BM kemudian diikuti kode belakang dengan kombinasi tertentu. Maka bisa langsung diketahui kendaraan tersebut dari Riau dan dari salah satu kabupaten di propinsi Riau. Entah itu kota Dumai, Pekanbaru, atau yang lainnya. 


Berikut adalah daftar kode belakang untuk plat nomor yang memakai kode BM sesuai jumlah kota dan kabupaten di propinsi Riau: 

Kota /KabupatenKode Belakang Contoh Plat 
Kota DumaiH/RBM 1234 HK
Kota PekanbaruA/J/L/N/Q/TBM 1234 AU
Kab. BengkalisD/EBM 1234 DR
Kab. Indragiri HilirGBM 1234 GI
Kab. Indragiri HuluB/VBM 1234 BZ
Kab. KamparF/O/ZBM 1234 FI
Kab. Kepulauan MerantiXBM 1234 XO
Kab. Kuantan SingingiK/XBM 1234 KIA
Kab. PelalawanC/IBM 1234 CG
Kab. Rokan HilirP/WBM 1234 PR
Kab. Rokan HuluM/UBM 1234 MF
Kab. SiakS/YBM 1234 SQ

Cara Membayar Pajak Kendaraan di Riau Secara Online (Plat Nomor BM)

Aplikasi SIGNAL

Plat nomor BM seperti yang dijelaskan sekilas di awal dimiliki kendaraan asal Riau yang teregistrasi. Tanda bahwa kendaraan tersebut sudah memenuhi kewajiban pembayaran pajak khusus kendaraan. Pajak kendaraan dibayarkan berkala per setahun sekali dan per lima tahun sekali. 


Masyarakat di Riau bisa berlega hati sebab untuk pembayaran pajak kendaraan tidak harus datang ke Samsat terdekat, melainkan bisa dilakukan secara online. Bisa melalui aplikasi SIGNAL (Samsat Digital Nasional). Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di Play Store maupun App Store. Berikut tahapan cara pembayaran pajak lewat SIGNAL untuk plat nomor BM: 

1. Registrasi Akun

Tahap pertama usai menginstal aplikasi SIGNAl adalah melakukan registrasi atau pembuatan akun. Buka aplikasinya kemudian masukan NIK sesuai KTP, alamat email, dan nomor handphone. Berikutnya verifikasi dengan melampirkan foto KTP, lalu swafoto memegang KTP, dan memasukan kode OTP yang dikirimkan lewat SMS. 

2. Mendaftarkan Kendaraan 

Setelah pembuatan akun berhasil dilakukan, tahap berikutnya bagi pemilik kendaraan dengan plat nomor BM adalah mendaftarkan kendaraan tersebut. Silahkan masuk ke menu “Tambah Data Kendaraan Bermotor” kemudian pilih “kendaraan atas nama sendiri”. Terakhir masukan nomor registrasi kendaraan dan 5 digit nomor rangka. 

3. Pembayaran Pajak 

Berikutnya adalah pembayaran pajak, dimulai dengan masuk ke menu “Lanjut Proses Pembayaran”. Kemudian pilih menu “Generate Kode Bayar” dan kemudian tinggal memilih metode pembayaran. Setelah memilih metode pembayaran pajak silahkan klik tombol “Lanjut”. Silahkan segera melakukan pembayaran, dan kode bayar yang didapatkan hanya berlaku selama 2 jam setelah diterima. 

Metode pembayaran di aplikasi SIGNAL bisa transfer ke beberapa rekening bank seperti BN

Next article Next Post
Previous article Previous Post