Saturday, July 8, 2023

author photo July 08, 2023

Daftar isi [Tampil]

WhatsApp sebenarnya hanya memiliki fitur bernama voice note, ini berbeda dengan sound of text yang kita bicarakan sekarang. Dimana sound of text mengubah teks menjadi suara, sementara di WhatsApp fitur yang mendekati adalah penyimpan suara pengganti pesan teks yang dinamakan voice note.

Sound of Text WA yang Keren Bahasa Indonesia
Sound of Text WA yang Keren Bahasa Indonesia

Penggunaan sound of text di WA menjadi minat tersendiri karena dia bisa mengubah teks menjadi suara apapun. Tapi karena dari WA sendiri tidak menyediakan itu, Anda bisa memanfaatkan aplikasi atau tool berikut ini.

Apa Itu Sound of Text?

Sebelum itu, ketahui dulu dari arti dari istilah yang diterjemahkan dalam Indonesia artinya suara dari teks. Adalah teknologi yang dapat mengubah teks menjadi suara. Dengan cara kerja pengguna tinggal memasukkan teks yang ingin diubah menjadi suara.

Tentang sound of text buat suara Google
Tentang sound of text buat suara Google

Berikutnya, kita bisa pilih suara apa saja, aksen bahasa apa saja. Pilihannya banyak, dari bahasa Inggris hingga Indonesia, dari suara robot hingga suara kartun, anime, bahkan bisa menirukan suara tokoh terkenal seperti presiden Amerika Serikat dan sebagainya.

Cara Sound of Text WhatsApp yang Keren dengan Beberapa Tool Berikut

1. Soundoftext.com

Dimulai dengan yang paling dasar, tool ini membantu kita mengubah teks menjadi suara robot. Bahasa yang tersedia beragam, hampir lengkap, paling minusnya tidak ada bahasa daerah milik negara Indonesia. Seperti bahasa Sunda atau Jawa.


  1. Buka situs http://soundoftext.com
  2. Kemudian masukkan teks pada kolom
    buat sound of text wanita bahasa indonesia
    buat sound of text wanita bahasa indonesia
  3. Pilih Bahasa
  4. Terakhir klik 'Submit'
  5. Nantinya muncul file MP3 yang bisa diunduh. Klik 'Play' untuk mendengar, dan klik 'Download', untuk mengunduh file tersebut

Untuk membuat suara dari tool ini, Anda cukup membuka situs soundoftext.com seperti langkah diatas, lalu masukkan teks, pilih bahasa dan konversi menjadi suara. Download atau putar file audio (mp3) yang tersedia. File itu otomatis tersimpan di memori perangkat Anda.

2. Voiceoftext.com

Ia hampir mirip dengan soundoftext.com, kelebihan yang tidak dimiliki pesaingnya itu adalah dia memiliki bahasa daerah seperti Sunda dan Jawa. Selain itu juga ada bahasa dari negara lain. Agar hasilnya maksimal, gunakan bahasa yang sama pada teks yang dimasukkan. Agar aksennya makin jelas.

Buat sound of text di situs Voiceoftext.com
Buat sound of text di situs Voiceoftext.com

Jenis suara yang dihasilkan sama-sama robot. Jika Anda ingin jenis suara yang lain, Anda bisa mencoba tool yang ditawarkan oleh fakeyou.com. Untuk caranya, sama dengan soundoftext.com. Masukkan teks, pilih bahasa, lalu convert ke suara. Dengan begitu teks yang Anda masukkan berubah jadi suara.

3. FakeYou.com

Yang menarik dari tool ini sangat banyak, 1) dia punya banyak pilihan suara, 2) memiliki fitur lain bernama voice to voice, 3) gratis digunakan meski ada layanan membership untuk mempercepat proses pengubahan teks ke suara. Untuk bahasanya, dia menyediakan pilihan. Dulu hanya support English, sekarang pilihannya sudah banyak. 


Apakah ada bahasa Indonesia? Untuk saat ini belum ada, lihat saja ke depannya nanti. Yang paling menarik selain fitur text to speech (sound of text) adalah fitur voice to voice. Dengan mengandalkan teknologi AI, dia mampu mengubah suara seseorang menjadi suara orang lain.

Berikut langkah-langkah menggunakan sound of text dari fakeyou.com:

FakeYou. Deep Fake Text to Speech
FakeYou. Deep Fake Text to Speech

  1. Buka situs fakeyou.com
  2. Kemudian pilih Text to Speech
  3. Lalu pilih Suara, ada 3083 suara yang bisa dipilih
  4. Pilih Bahasa
  5. Masukkan Teks yang ingin diubah jadi suara
  6. Setelah itu klik Berbicara dan tunggu proses konversi
fakeyou tts
fakeyou tts
Yang menyebalkan dari situs ini adalah layanan yang dipakai pengguna gratisan memakan waktu lama saat proses konversi. Kita bisa disuruh menunggu antrean sampai 5 ribu lebih atau bisa kurang. Tapi keuntungan dari situs ini, dia punya banyak pilihan suara untuk digunakan.

Misalnya suara anime, karakter tokoh film, suara kartun, presiden Amerika, YouTuber, artis, penyanyi dan masih banyak lagi.

4. Uberduck.ai

Situs ini mampu mengubah teks yang Anda masukkan menjadi berbagai macam suara. Seperti suara kartun, anime, tokoh dunia dan artist. Kebanyakan bahasa yang digunakan masih menggunakan bahasa Inggris. 


Untuk menggunakannya, pengguna harus daftar dulu. Lalu pilih fitur bernama text to speech mereka untuk mengubah teks menjadi suara. Selain mampu mengubah teks jadi suara, dia juga bisa digunakan mengubah suara menjadi suara dengan teknologi AI voice. Tersedia 5.000 lebih ekspresi suara. 


Adapun beberapa fitur lain, sebut saja: Grimes AI Voice, AI Generated Raps, dan Customers Voice Clones. Coba dan lihat apa saja yang bisa Anda lakukan di sini untuk membuat WhatsApp menjadi semakin menarik.

5. Botika.Online

Yang bisa dibanggakan dari situs ini adalah kemampuan mengubah teks menjadi suara yang terdengar lebih formal. Kualitasnya hampir sama dengan suara pengumuman yang Anda dengar di tempat umum, misalnya di bandara, stasiun, mall dan lain-lain.

Buat suara wanita manja dengan botika
Buat suara wanita manja dengan botika

    Jenis suaranya bisa pilih suara perempuan muda atau suara wanita remaja. Pilihan bahasanya banyak, salah satunya menyediakan bahasa Indonesia. Untuk memakai fitur text to speech mereka, pilih bagian produk lalu pilih teks ke suara. Ingin mencoba yang sebaliknya? Botika juga sediakan pengubah suara ke teks. 

    6. VoiceMaker.in

    Ingin membuat hasil suara lebih natural? Voicemaker.in bisa menjadi solusi. Karena ia punya banyak fitur untuk menyesuaikan bagaimana cara robot membaca tulisan Anda. Misalnya menambahkan suara helaan napas di depan teks, memberikan jeda, mengatur nada, kecepatan, ada juga efek suara yang bisa Anda pilih.


    Agar hasil suara lebih natural, di bagian AI Settings, Anda bisa pilih Neural TTS. Sementara untuk jenis suara, mereka menyediakan pilihan suara wanita dewasa, anak-anak, suara laki-laki dan menyediakan bahasa yang lengkap salah satunya Indonesia.


    Apabila Anda bingung karena banyak tombol pengaturan di voicemaker.in, kalian bisa mengabaikannya dan fokus pada opsi suara, AI setting, bahasa dan teks yang ingin Anda masukkan.

    7. Cloud.google.com

    cara memakai gogole text to speech engine indonesia
    cara memakai gogole text to speech engine indonesia

    Google punya fitur text to speech di bagian situsnya yang beralamatkan Google Cloud. Masuklah ke bagian produk, lalu pilih text to speech. Ada fitur neural untuk membuat audio terasa lebih nyata. Tipe suara juga ada banyak macamnya, misalnya: neural (alami), studio, news, wavenet, dan basic. Untuk pilihan bahasa juga tersedia banyak, salah satunya bahasa Indonesia.

    8. Google Translate

    Suara yang diberikan cuma suara robot. Tapi yang unik adalah suara robotnya sangat khas dan tidak bisa ditiru oleh sound of text lain. Sound of text mulai viral juga dari sini. Dulu banyak yang memakai teknologi ini untuk membuat lagu, video lucu hingga ada yang pacaran dengan suara robot wanita milik Google Translate.


    Minusnya, dia tidak ada fitur download mp3. Sehingga pengguna harus merekamnya secara manual dengan aplikasi perekam suara atau perekam layar. Kemudian ubah rekaman jadi mp3. Lalu olah untuk Anda tampilkan di WhatsApp nanti.

    9. Soundoftext.co.id

    Terakhir ada Soundoftext.co.id, situs untuk membuat teks ke suara dengan online, cepat dan mudah. Sound of text sudah tersedia dalam versi website dan aplikasi, silakan gunakan platform yang menurut Anda paling mudah.

    manfaatkan tombol download dan putar di situs soundoftext.co.id
    manfaatkan tombol download dan putar di situs soundoftext.co.id

    Caranya sebagai berikut:

    • Kunjungi situs https://www.soundoftext.co.id/ dengan browser.
    • Masukkan teks yang ingin dijadikan audio.
    • Atur audio tersebut, mulai dari jenis kelamin, karakteristik dan bahasa.
    • Jika sudah, klik Play untuk memutar audio.
    • Lalu klik Download untuk menyimpannya.
    • Selesai.

    Pemanfaatan Sound of Text untuk WhatsApp Bahasa Indonesia

    Setelah Anda mengetahui beberapa situs yang dapat digunakan mengubah teks ke suara, selanjutnya adalah Anda akan menggunakan file suara itu untuk tujuan apa di WhatsApp. Kebanyakan kasus, orang-orang gunakan untuk:


    1. Nada dering WhatsApp
    2. Pengganti voice note
    3. Sebagai status WhatsApp

    Paling banyak adalah untuk nada dering atau ringtone. Jika itu adalah tujuan Anda membuat sound of text, berikut adalah cara menjadikan sound of text menjadi nada dering WA.

    menambahkan sound of text jadi notif android
    menambahkan sound of text jadi notif android
    1. Langkah pertama, pindahkan file mp3 (suara) ke folder bernama Ringtones di memori internal Anda
    2. Kemudian buka aplikasi WhatsApp
    3. Masuk ke menu Pengaturan
    4. Klik Notifikasi atau Pemberitahuan
    5. Pilih notifikasi yang ingin diatur, apakah pesan, pesan grup, atau panggilan
    6. Klik menu Nada Dering
    7. Scroll ke bawah dan cari nama file sound of text yang barusan Anda pindahkan ke folder bernama ringtones
    ganti nada dering wa dengan pilih dari file
    ganti nada dering wa dengan pilih dari file

    Anda telah menyelesaikan tahapan mengubah ringtone di WhatsApp di atas yang dikhususkan untuk pengguna Android. Dengan begini suara ringtone jadi lebih menarik karena suara yang diucapkan adalah suara yang ingin Anda dengar dari proses pengubahan teks ke suara di atas.

    Kegunaan Lain Sound of Text WA

    Selain untuk WA, sound of text punya fungsi lain. Di beberapa aplikasi video, seperti CapCut hingga TikTok, fitur ini tersedia secara khusus untuk menyempurnakan video mereka.


    Berikut adalah beberapa kegunaan lain sound of text alias suara Google keren yang bisa kamu buat secara online:


    1. Pengisi suara video YouTube
    2. Membuat audiobook
    3. Pengganti suara manusia untuk podcast
    4. Pengisi suara dalam iklan atau sosial media video
    5. Pengganti suara manusia untuk tugas call center dan IVR system
    6. Pengisi suara untuk penyiaran publik
    7. Pengganti suara di materi E-Learning
    8. Pengisi suara untuk aplikasi atau web

    Ada banyak hal yang bisa dimanfaatkan dari teknologi ini. Dari yang sederhana, seperti sound of text WA, atau yang rumit seperti pengisi suara iklan untuk media. 

    Next article Next Post
    Previous article Previous Post