Monday, November 21, 2022

author photo November 21, 2022

Daftar isi [Tampil]
Apakah Anda sedang mencari cara cek bansos Kemensos? Jika benar demikian, berikut ini terdapat panduan mengecek penerima manfaat bantuan sosial melalui situs atau aplikasi. Untuk informasi lebih jelasnya, silahkan simak uraian dibawah ini.
login aplikasi cek bansos dari Kemensos RI
login aplikasi cek bansos dari Kemensos RI

Di era digital saat ini, ada banyak kemudahan yang bisa dirasakan oleh masyarakat seperti cara mengecek penerima bansos. Kini masyarakat bisa mengeceknya langsung melalui hp dengan memanfaatkan aplikasi Cek Bansos atau situs yang disediakan Kemensos.

Apa itu Bansos?

Bansos atau Bantuan Sosial adalah salah satu program pemerintah yang diperuntukan bagi masyarakat yang kurang mampu secara ekonomi. Bantuan yang diberikan berupa uang atau barang kepada penerima manfaat yang berhak berdasarkan Undang-Undang.


Menurut Undang-Undang, bantuan sosial berupa bantuan uang, barang, atau jasa yang diberikan kepada individu, kelompok, keluarga, atau masyarakat miskin, serta orang yang tidak mampu dan atau rentan terhadap risiko sosial ekonomi.


Jadi, bagi Anda yang termasuk di dalamnya dan berhak menerima bansos. Namun, tidak mengerti cara cek bansos yang diberikan pemerintah. Anda bisa mengakses salah satu situs kemensos atau aplikasi Cek Bansos yang telah disediakan langsung dari hp.

Syarat dan Ketentuan Penerima Bansos

Ada beberapa syarat yang harus diketahui bagi masyarakat yang ingin mendaftar sebagai penerima manfaat bansos. Namun bagi yang sudah terdaftar, bisa mengeceknya apakah bantuan tersebut sudah diterima atau belum.

bantuan dari kementrian sosial republik indonesia
bantuan dari kementrian sosial republik indonesia

Sementara bagi Anda yang belum terdaftar sebagai penerima, Anda bisa ketahui syarat dan ketentuan penerima manfaat bansos berikut ini. 


  1. Penerima manfaat merupakan warna miskin atau rentan miskin
  2. Bukan merupakan aparatur negara atau ASN, Polri dan TNI
  3. Penerima manfaat harus Warga Negara Indonesia atau WNI
  4. Penerangan listrik rumah memiliki daya sebesar 450 watt
  5. Lantai rumah atau tempat masih berupa tanah 

Itulah syarat umum bagi penerima manfaat bansos yang perlu diketahui. Namun, pada prakteknya, masyarakat yang berhak menerima bansos ditentukan oleh pemerintah. Lalu, bagaimana jika ingin terdaftar sebagai penerima bansos? Apakah bisa?

Cara Cek Bansos Kemensos

Sebenarnya untuk mengecek penerima bantuan sosial dari pemerintah sangatlah mudah. Namun, tidak semua orang bisa mengakses layanan yang sudah disediakan seperti situs cek bansos dan aplikasi cek bansos. Lantas, bagaimana cara cek bansos melalui hp?

1. Cek Bansos Melalui Situs Kemensos

Adapun cara untuk mengecek bantuan sosial seperti PKH, BLT dan BPNT bisa melalui situs cek bansos kemensos. Anda cukup mengakses alamat situs yang telah disediakan, kemudian memasukkan adat yang dibutuhkan. Adapun cara mengeceknya sebagai berikut:

cara pencarian penerima manfaat bansos di dtks kemensos
cara pencarian penerima manfaat bansos di dtks kemensos

  • Langkah pertama akses situs https://cekbansos.kemensos.go.id/
  • Mengisi data yang dibutuhkan untuk mengecek penerima manfaat
  • Pilih Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, dan Desa
  • Setelah itu, masukkan nama Anda sesuai data di KTP
  • Masukkan kode sesuai dengan gambar yang tertera
  • Terakhir klik Cari Data

Jika berhasil, maka akan muncul data Anda sebagai penerima manfaat bansos. Jika tidak tersedia data Anda, maka tandanya ANda belum terdaftar sebagai penerima manfaat. Bagaimana mudah bukan? itulah cara cek bantuan sosial melalui situs.

2. Cek Bansos Melalui Aplikasi

Nama AplikasiAplikasi Cek Bansos
DeveloperKementrian Sosial RI
Ukuran file6.38 MB
Versi terbaru2.0
Link Download[Unduh]

Selain melalui situs cek bansos Kemensos, Anda juga bisa mengeceknya melalui aplikasi yang dapat dipasang di hp Android atau iOS. Dengan cara ini, Anda tidak perlu datang ke kantor desa atau kelurahan. Adapun cara cek bansos melalui aplikasi sebagai berikut:

login aplikasi cek bansos dari Kemensos RI
login aplikasi cek bansos dari Kemensos RI

  • Download aplikasi Cek Bansos di Play Store atau App Store
  • Setelah terpasang, silahkan langsung buka saja aplikasinya 
  • Jika belum memiliki akun, maka buat akun terlebih dahulu
  • Silahkan klik register, lalu isi semua data yang dibutuhkan
  • Setelah membuat akun, silahkan login dengan akun Anda
  • Pilih Cek Bansos untuk mengecek penerima manfaat
  • Jika terdaftar maka data Anda akan muncul

Jika data Anda tidak muncul di aplikasi cek basis, artinya Anda belum mendaftar bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah. Dengan demikian, Anda bisa mengajukan diri untuk melakukan pendaftaran. Bagaimana caranya? SImak uraian dibawah ini!

Cara Daftar Bansos BLT, BPNT, dan PKH

Jika Anda belum terdaftar sebagai penerima bansos, baik bansos BLT, BPNT dan PKH. Anda bisa melakukan pendaftaran atau mengajukan diri sebagai penerima manfaat. Pastikan Anda sudah termasuk sebagai penerima manfaat sesuai dengan Undang-Undang.


Jadi, bagi Anda yang merasa berhak menerima bantuan sosial tetapi tidak terdaftar sebagai penerima. Anda bisa mengajukan pendaftaran dengan cara sebagai berikut:

  1. Siapkan persyaratan yang dibutuhkan untuk keperluan mendaftar seperti KTP, KK dan dokumen lainnya sesuai permintaan.
  2. Setelah semua dokumen persyaratan siap, silahkan kunjungi kantor kelurahan atau desa dimana Anda tinggal.
  3. Kemudian sampaikan maksud dan tujuan Anda kepada aparat desa yang bertugas secara detail dan lengkap.
  4. Anda bisa simak apa yang disampaikan oleh aparat desa mengenai aturan dan syarat ketentuan mendaftar bansos.
  5. Berikan semua berkas yang dibutuhkan kepada pihak terkait, agar bisa secepatnya untuk diproses oleh pusat.
  6. Selanjutnya data akan divalidasi. Jika sudah tervalidasi, data akan dimasukan ke SIKS (SIstem Informasi Kesejahteraan Sosial).
  7. Terakhir data akan dilanjutkan dengan melakukan pengesahan oleh pemerintah

Jika Anda sudah memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku, maka data Anda akan segera diproses dan di validasi oleh pihak terkait. Setelah itu, Ada tinggal menunggu data Anda disahkan oleh pemerintah sehingga Anda terdaftar sebagai penerima manfaat.

Penutup Info Aplikasi Cek Bansos Kemensos

Demikian informasi yang bisa disampaikan terkait dengan cara cek bansos yang diberikan oleh pemerintah melalui situs dan aplikasi cek bansos Kemensos. Dengan cara ini, penerima manfaat tidak perlu lagi bingung untuk mengecek data bansos, cukup melalui hp saja.


Sumber: Cara Cek Bansos PKH, BPNT, BLT, BBM dan Kartu Prakerja

Next article Next Post
Previous article Previous Post