Sunday, October 16, 2022

author photo October 16, 2022

Daftar isi [Tampil]

Text-to-speech (TTS) adalah jenis teknologi yang fungsinya membaca pesan teks dengan lantang. Cukup dengan satu klik tombol atau sentuhan jari, TTS dapat membuat kata-kata di komputer atau perangkat digital lainnya dan mengubahnya menjadi audio. TTS sangat membantu khususnya pada anak-anak yang kesulitan membaca.


Suara di TTS dihasilkan oleh komputer, dan kecepatan membaca biasanya dapat dipercepat atau diperlambat. Kualitas suara bervariasi, tetapi beberapa suara terdengar seperti manusia (bukan robot). Bahkan ada suara yang dihasilkan komputer yang terdengar seperti anak-anak berbicara.

Aplikasi Text to Speech (TTS)

Banyak sekali aplikasi pihak ketiga yang berfungsi mengubah pesan teks jadi suara, salah saturnya adalah freeTTS. FreeTTS merupakan salah satu aplikasi yang dibicarakan akhir-akhir karena kemudahannya. freeTTS merupakan salah satu aplikasi dari pihak ketiga yang bisa disambungkan ke WhatsApp untuk merubah bentuk teks menjadi suara, sedangkan hasilnya yang sudah berhasil terkirim ke si penerima pesan akan berubah ke dalam format Mp3 serta akan tersimpan pada memori HP. 

aplikasi text to voice freeTTS
aplikasi text to voice freeTTS

Selain suara yang dihasilkan jernih dan mudah dalam penggunaannya, aplikasi dari freeTTS ini sudah dapat dijalankan oleh berbagai gadget seperti laptop, smartphone, dan komputer. Tidak heran karena kemudahan yang diberikan, aplikasi ini banyak digunakan oleh pengguna hinggabanyak membanjiri berbagai sosial media. Mulai dari Instagram, TikTok, dan lain-lainnya.

Cara Menggunakan freeTTS untuk Buat Suara Nada Dering dari Teks

Bagaimana cara menggunakan FreeTTS untuk merubah teks menjadi audio mp3? Caranya cukup mudah, kalian bisa ikuti langkah-langkah berikut sambil mempraktekkannya:


  1. Masuk dahulu ke situs https://freetts.com/ lewat aplikasi browser. Lalu kemudian menekan tombol Start Text To Speech Free dalam halaman utama.
    tombol text to speech free
    tombol text to speech free
  1. Atur dan pilih bahasa yang hendak digunakan yang terletak di bagian Choose the language, disitu banyak pilihan bahasa diantaranya Inggris, Indonesia, atau bahasa negara yang lain.
  2. Pilih saja bagian Voice Style yang ingin dipakai, nah bisa memilih suara wanita maupun dengan suara pria. Dari suara tersebutlah yang nantinya akan membacakan berupa teks yang sudah Anda tuliskan.
    pilih bahasa text yang akan dibuat menjadi mp3
    pilih bahasa text yang akan dibuat menjadi mp3
  3. Tuliskan beberapa kata atau teks yang ingin di rubah menjadi bentuk suara pada bagian kolom yang sudah tersedia, setelah itu tekanlah tombol dari Convert supaya dapat merubah tulisan ke dalam format suara dengan jenis mp3.
  4. Tunggu dulu dalam hitungan detik, lalu jika sudah beres kamu bisa memutar terlebih dulu melihat audio dari hasil convert tulisan barusan. Jika ternyata sudah sesuai dengan yang selera Anda, kini sudah bisa mendownloadnya langsung dengan menekan klik saja pada tombol Click to download audio.
    file mp3 dari freetts
    file mp3 dari freetts
  5. Terakhir tekan pula tombol Download, tunggu sampai selesai maka sudah berhasil.

Berikut contoh mp3 nada dering wa hasil konversi di FreeTTS.com menggunakan suara pria atau mode suara id-ID-Standard-C pada menu Voices di situs Free TTS:


Contoh FreeTTS nada dering wa suara pria [Download]

Cara Pasang FreeTTS Nada Dering WA Suara Indonesia

Mengganti nada dering pesan WA dengan suara dari Free TTS tidaklah sulit. Hanya membutuhkan beberapa langkah saja maka nada dering akan berubah menjadi suara hasil notifikasi teks ke suara. Simak langkah-langkahnya berikut ini:


  • Sebagai langkah pertama adalah membuka aplikasi WhatsApp di HP.
  • Buka tab Chats di halaman utama WA dan pilih menu bertanda tiga titik yang berada di pojok kanan atas.
    menu titik tiga untuk ganti nada dering wa
    menu titik tiga untuk ganti nada dering wa
  • Pilih menu Setting, kemudian masuk ke menu Notifications.
  • Terdapat pilihan pada menu pengaturan nada dering yaitu pengaturan nada untuk Messages, Groups atau Calls. Ketiganya memiliki setting notification tone tersendiri.
  • Buka menu Notification Tone pada bagian Messages terlebih dahulu
    ubah nada dering notifikasi pesan wa di whatsapp
    ubah nada dering notifikasi pesan wa di whatsapp
  • Aplikasi akan meminta pengguna untuk mengisi  Permission Request. Tekan tombol Allow untuk menyetujui.
  • Selanjutnya pilih nada dering di halaman notification tone.

Selesai, nada dering wa saat ada pesan masuk sudah diganti dengan suara bahasa Indonesia dari FreeTTS yang tadi didownload dalam format mp3.

Keunggulan Aplikasi FreeTTS MP3

Beberapa keuntungan yang ditawarkan melalui memakai aplikasi TTS antara lain:


  • Meningkatkan interaksi pelanggan dengan respons yang cerdas dan nyata,
  • Melibatkan pengguna dengan desain antarmuka pengguna suara di perangkat dan aplikasimu,
  • Personalisasi komunikasi berdasarkan preferensi pengguna berdasarkan suara dan bahasa
  • Mendukung panjang kalimat hingga 5000 karakter dalam sekali konversi teks ke suara nada dering
4 keunggulan freeTTS
4 keunggulan freeTTS
TTS adalah salah satu kemajuan dan mungkin penemuan paling mutakhir yang dimungkinkan oleh kecerdasan buatan (AI). Selain memungkinkan seseorang memasukkan teks untuk diucapkan oleh komputer, komputasi suara memungkinkan suara sintetis yang sepenuhnya asli muncul.


Suara-suara ini memungkinkan individu untuk mendapatkan kembali suara yang telah hilang, terlibat dalam percakapan yang semakin realistis dengan komputer, dan mengubah teks bahasa dalam jumlah berapa pun menjadi ucapan yang terdengar alami.


Dengan adanya aplikasi pihak ketiga seperti freeTTS ini, kamu tidak perlu kesulitan lagi membuat video dalam berbagai bahasa asing seperti InggrisSpanyolArabRusia, bahkan dalam bahasa China selama kamu memiliki tulisan dalam bahasa tersebut.

Manfaat Teknologi text-to-speech

Aplikasi ini juga memudahkan khususnya teruntuk kamu dalam belajar bahasa asing atau ketika kamu sedang bepergian ke luar negeri, melalui aplikasi ini kamu bisa tahu persis bagaimana cara pengucapan yang benar menggunakan aturan pengucapan bahasa setempat.

demo teknologi text to speech di google cloud
demo teknologi text to speech di google cloud

Teknologi TTS adalah salah satu kemajuan paling mutakhir yang dimungkinkan dilakukan oleh kecerdasan buatan sebagaimana ulasan tim Autobild.co.id diatas. Suara-suara ini memungkinkan individu untuk mendapatkan kembali suara yang telah hilang, terlibat dalam percakapan yang semakin realistis dengan komputer, dan mengubah teks bahasa dalam jumlah berapa pun menjadi ucapan yang terdengar alami.

Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
×