Wednesday, May 11, 2022

author photo May 11, 2022

Daftar isi [Tampil]
Diketahui tiap kendaraan bermotor, baik sepeda motor, mobil, truk, maupun bus wajib memiliki kode plat nomor. Dimana keberadaan plat nomor kendaraan tersebut menjadi identitas kendaraan bermotor dan memiliki nomor yang berbeda – beda, salah satunya adalah plat nomor “AA”.

Berbicara lebih lanjut mengenai bahan baku pembuatannya, plat nomor dibuat dari aluminium dengan ketebalan mencapai 1 mm. Ukuran plat nomor untuk kendaraan bermotor roda dua dan tiga adalah 250 x 105 mm. Sementara itu untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih berukuran 395 x 135 mm. Juga terdapat cetakan garis lurus pembatas dengan lebar 5 mm diantara ruang nomor polisi dan ruang angka masa berlaku plat nomor tersebut. Berikut ini adalah daftar lengkap plat nomor AA dan daftar kode belakangnya.

Plat Nomor AA dan Daftar Kode Belakangnya

Sejak pertengahan tahun 2014 lalu ternyata terjadi perubahan tampilan plat nomor kendaraan. Plat nomor kini sedikit dibuat lebih panjang dari ukuran semula, khususnya untuk pengguna kendaraan roda empat. Selain itu, ada pula perubahan posisi lambang Polantas dan tulisan Korlantas Polri, yakni lambang Polantas tersebut kini diletakkan di sudut kiri atas dan kanan bawah. Sementara itu untuk tulisan Korlantas Polri sendiri diletakkan di sudut kiri bawah dan kanan atas.
Plat nomor kendaraan W di Jawa Tengah
Plat nomor kendaraan W di Jawa Tengah

Menjadi identifikasi dari sebuah kendaraan bermotor, artinya dengan adanya plat nomor akan sangat membantu dalam identifikasi kendaraan tersebut. Tidak hanya itu, plat nomor kendaraan juga dijadikan sebagai tanda bukti bahwa kendaraan tersebut sudah mengantongi izin untuk beroperasi di jalan raya. Untuk itu melalui artikel ini akan kami informasikan lengkap yang berkaitan dengan plat nomor AA dan daftar kode belakangnya.

Perlu diketahui juga, bahwa plat nomor kendaraan dengan kode atau seri “AA” ini merupakan plat nomor untuk kendaraan wilayah area dan kode antara Kebumen, Magelang, dan sekitarnya, Jawa Tengah maupun eks Karesidenan Kedu.

  • Kota Magelang memiliki kode plat nomor AA dan kode belakang *A/*H/*S/*U.
  • Kabupaten Magelang memiliki kode plat nomor AA dan kode belakang *B/*G/*K/*O/*T.
  • Purworejo memiliki kode plat nomor AA dan kode belakang *C/*L/*Q/*V.
  • Kabupaten Kebumen memiliki kode plat nomor AA dan kode belakang *D/*J/*M/*W.
  • Temanggung memiliki kode plat nomor AA dan kode belakang *E/*N/*Y.
  • Kabupaten Wonosobo memiliki kode plat nomor AA dan kode belakang *F/*P/*Z.

Jalan  Rawan Razia di Wonosobo (Plat Nomor AA)

Ada beberapa titik daerah yang biasanya rawan razia lalu lintas atau zebra yang biasanya dilakukan oleh petugas setempat guna menertibkan para pengguna kendaraan bermotor dan mengurangi adanya tindakan kriminal yang sedang beredar. Daerah – daerah tersebut biasanya berada di beberapa titik termasuk daerah Kertek, jalur masuk Wonosobo dari Temanggung.

Selain itu, daerah yang mempunyai kode plat nomor AA ini juga beroperasi di Sukoharjo Jalan  masuk Wonosobo dari Banjarnegara sekaligus Kebumen yang berada di Jalan  Garung masung dari Dieng. Tidak hanya itu saja, biasanya juga berada di daerah Kalikajar dan Sapuran.

Alamat Samsat serta Polres di Wonosobo

Untuk kamu yang ingin memperpanjang SIM,mengurus BBNKB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor) ataupun registrasi untuk identifikasi kendaraan bermotor bisa langsung menuju lokasi Samsat Wonosobo yang berada di alamat Jalan  Angkatan 45 No. 1, Wonosobo Timur, Kecamatan Wonosobo, Jawa Tengah yang beroperasi mulai pukul 08.00 hingga 14.00 atau 15.00 WIB.

Sedangkan buat kamu yang ingin memperpanjang atau membuat SKCK ada kebutuhan lainnya yang berhubungan dengan hal ini kamu bisa langsung menuju ke Polres Wonosobo yang beralamat di Jalan  Bhayangkara No. 18, Puntuksari, Wonosobo Barat, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, jAwa Tengah dengan operasi buka pukul 08.00 hingga 15.00 WIB.


Seiring dengan perkembangan zaman, Polri telah menetapkan plat nomor khusus untuk jenis Kendaraan Bermotor Listrik atau KBL, yakni dengan tambahan list biru pada baris bulan dan tahun berakhirnya plat nomor tersebut, sesuai dengan peraturan yang tertuang dalam “Keputusan Kepala Korps Lalu Lintas Polri No 5 Tahun 2020”.

Berbicara lebih lanjut mengenai fungsi plat nomor sendiri yang menjadi salah satu tanda registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor. Singkatnya, fungsi plat nomor kendaraan sebagai bukti legitimasi dari pengoperasian kendaraan bermotor yang berupa plat maupun bahan lain, dan dengan spesifikasi tertentu. Plat nomor kendaraan diterbitkan Polri dan berisikan kode wilayah, nomor registrasi, lengkap dengan masa berlakunya. Plat dipasangkan di kendaraan bermotor.

Dalam Undang Undang lalu lintas di Indonesia khususnya, disebutkan bahwa plat nomor harus memenuhi ukuran, bahan, bentuk, cara pemasangan, serta warna. Plat nomor bahkan harus resmi dikeluarkan oleh pihak kepolisian atau terdaftar di kepolisian.

Demikianlah informasi seputar plat nomor AA dan daftar kode belakangnya dari tim Autobild.co.id. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Next article Next Post
Previous article Previous Post