Sunday, March 20, 2022

author photo March 20, 2022

Daftar isi [Tampil]

Cara merekam suara Google kali ini jangan sampai kamu lewatkan, terutama untuk kamu yang ingin mendapatkan suara Google untuk berbagai keperluan. Baik itu untuk dipakai di konten video maupun sebagai ringtone. Bagaimanakah cara merekam suara Google? Ini dia ulasannya!

Suara Google yang Lagi Trending Saat Ini

Sebagai pengguna smartphone, kamu tentunya tidak asing dengan aplikasi YouTube dan TikTok. Di kedua aplikasi tersebut kamu dapat menyaksikan berbagai macam video yang unik, menarik, juga informatif.

Cara Rekam Suara Google Translate tanpa Aplikasi
Cara Rekam Suara Google Translate tanpa Aplikasi

Jika kamu perhatikan pada konten video saat ini, para konten kreator banyak yang menyematkan suara seperti robot pada video mereka. Suara tersebut menyerupai suara text-to-speech yang terdapat pada Google Translate.


Suara Google ini membuat suatu konten video jadi lebih lucu dan menarik karena karakter suara Google Translate yang datar dan sedikit berbeda dengan nuansa video keseluruhan.


Suara Google tersebut selain dipakai di konten video, banyak juga yang memakainya untuk suara nada dering agar terdengar unik dan tidak biasa.

Cara Merekam Suara Google

Di antara kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana caranya mendapatkan suara Google tersebut? Suara Google bisa didapatkan dengan dua cara.


Pertama, melalui situs Voice of Text. Kedua, kamu bisa merekam suara Google melalui aplikasi perekam yang digunakan untuk merekam suara yang keluar dari aplikasi Google Translate. Apakah kamu tertarik untuk merekam suara Google? Yuk simak kedua cara tersebut di sini!

#1 Cara Merekam Suara Google dengan Situs Soundoftext.com

Cara pertama untuk merekam suara Google adalah melalui situs Voice of Text. Voice of Text adalah sebuah situs yang dapat mengubah teks menjadi file MP3. Kemudian, kamu juga bisa memilih bahasa untuk menentukan aksen dari suara tersebut. Aksen yang berbeda akan menghadirkan suasana yang menarik juga.


Hasil teks yang sudah diubah dapat diunduh menjadi file MP3 dan bisa dipakai untuk video TikTok kamu atau sebagai nada dering notifikasi di ponsel kamu. Cara merekam suara Google melalui situs Voice of Text adalah sebagai berikut:


  • Pertama, akseslah menu peramban di ponsel atau komputer.
  • Berikutnya, bukalah situs Soundoftext.com atau alternatifnya di https://www.voiceoftext.com.
  • Kemudian, ketikkan kalimat yang ingin diubah menjadi suara Google di kolom kecil yang terletak di sebelah kanan laman Voice of Text.
    voiceoftext.com dan soundoftext.com untuk rekam suara google mp3
    voiceoftext.com dan soundoftext.com untuk rekam suara google mp3
  • Setelah mengetikkan kalimatnya, pilihlah bahasa yang akan dipakai untuk membuat aksen suara Google.
  • Setelah mengetik kalimat dan memilih bahasa yang diinginkan, klik tombol Convert to Voice berwarna biru di bagian bawah kolom teks.
  • Jika suara Google sudah kamu dapat langsung mengunduh suara tersebut dengan mengklik tombol Download berwarna biru.
  • Apabila kamu belum puas dengan suara yang dihasilkan, kamu bisa mengulangi langkah-langkah di atas untuk melakukan cara merekam suara Google.

#2 Cara Merekam Suara Google Translate Melalui Laptop/PC

Merekam suara Google dapat dilakukan melalui PC atau laptop. Proses perekamannya juga cepat dan tidak perlu aplikasi pihak ketiga untuk merekam suara Google. Kamu cukup menggunakan aplikasi Voice Recorder bawaan komputer Windows.


Ikutilah cara merekam suara Google melalui PC berikut ini:


  • Buka dulu situs Google Translate.
  • Ketikkan kalimat yang ingin dibuat suara Googlenya.
  • Kemudian, kliklah tombol Windows pada keyboard.
  • Selanjutnya, ketikkan Voice Recorder pada kolom pencarian.
  • Lalu, klik Enter untuk memulai pencarian.
    buka voice recorder aplikasi bawaan windows
    buka voice recorder aplikasi bawaan windows
  • Langsung saja tekan tombol Record yang ada di bagian tengah laman utama Voice Recorder.
  • Berikutnya, bukalah kembali situs Google Translate (https://translate.google.com/). Suara Google akan ikut terekam selama perekaman.
    tekan speaker untuk putar suara dari google translate
    tekan speaker untuk putar suara dari google translate
  • Jika sudah selesai melakukan perekaman, kliklah tombol Stop di tengah laman Voice Recorder.
  • Atau jika kamu ingin berhenti sejenak, kamu bisa memberi jeda saat merekam dengan menekan tombol pause kecil di sisi kiri bawah.
  • Kamu bisa mendengarkan rekaman dengan mengklik tombol titik tiga horizontal yang terletak di sebelah kanan bawah layar.

#3 Cara Merekam Suara Google Translate Melalui Ponsel

Merekam suara Google melalui ponsel dinilai lebih praktis dibandingkan di PC atau laptop. Sebelum merekam suara Google, kamu bisa mengunduh sebuah aplikasi perekam agar bisa merekam suara Google Translate.


Salah satu aplikasi yang umumnya dipakai adalah Easy Voice Recorder. Sebelum merekam suara Google via ponsel, kamu unduh dulu aplikasi Easy Voice Recorder agar bisa merekam suara Google lebih mudah. Beginilah cara merekam suara Google melalui ponsel:


  • Pertama, bukalah aplikasi Easy Voice Recorder di ponsel.
    aplikasi voice recorder di hp android
    aplikasi voice recorder di hp android
  • Selanjutnya, tekanlah tombol Record di laman utama Easy Voice Recorder.
  • Berikutnya, akses aplikasi Google Translate.
  • Ketikkan kalimat yang ingin direkam suaranya.
  • Setelah mengetikkan kalimatnya, klik tombol Speaker untuk menyuarakan kalimat tersebut.
  • Suara Google Translate kini sudah terekam.
    tombol speaker untuk ucapkan suara google
    tombol speaker untuk ucapkan suara google
  • Setelah itu, tekan tombol centang di sebelah kanan tombol Record untuk menghentikan perekaman.
  • Kemudian, untuk mendengarkan rekaman suara Google, pergi ke menu Listen.

Dengan cara merekam suara Google yang sangat mudah ini, kamu dapat menggunakan suara Google dalam berbagai bahasa pilihan kamu sebagai nada dering notifikasi WhatsApp atau disematkan ke dalam konten video TikTok, Instagram, atau YouTube.


Demikianlah informasi mengenai suara Google yang sedang happening saat ini beserta dua cara merekam suara Google dari Autobild.co.id. Kamu dapat merekam suara Google melalui PC atau melalui smartphone dengan sebuah aplikasi perekam.


Aplikasi perekam ini digunakan untuk mendapatkan suara Google lebih mudah. Semoga informasi ini berguna untuk kamu yang sedang mencari cara merekam suara Google untuk membuat nada notifikasi kamu semakin anti-mainstream atau mencari efek suara yang menarik untuk konten TikTok. Selamat mencoba!

Next article Next Post
Previous article Previous Post