Monday, October 4, 2021

author photo October 04, 2021

Daftar isi [Tampil]
WhatsApp sebagai aplikasi kirim pesan terpopuler terpantau down muali dini hari ini, 5 Oktober 2021 mulai dari pukul 00.00. Hal yang sama juga dikeluhkan pengguna Facebook dan Instagram yang merasa kedua aplikasi sosial media itu agak sulit untuk dibuka dan terkedang muncul error saat mengakses halamannya.
cover layanan pesan wa down hari ini
cover layanan pesan wa down hari ini
Pihak Official WhatsApp juga telah mengkonfirmasi perihal layanan yang sedang bermasalah lewat cuitan di Twitter. Dapat terlihat bahwa 5 jam lalu, tepatnya pukul 11.16 WIB tanggal 4 Oktober, akun resmi ini membuat pernyataan bahwa ada masalah yang terjadi pada server WhatsApp yang berdampak pada layanan kirim dan terima pesan menjadi terganggu.
selasa 5 oktober layanan wa down
selasa 5 oktober layanan wa down

Pantauan tim Autobild, hingga tulisan ini dirilis, kami masih belum bisa baik itu menerima maupun mengirimkan pesan whatsapp dengan status obrolah wa hanya bertanda icon arloji yang berarti pesan belum terkirim sama sekali.
wa down tidak bisa kirim dan terima chat
wa down tidak bisa kirim dan terima chat

WA dan Instagram Down

Tidak hanya layanan pesan instan seperti WhatsApp, aplikasi media sosial yang juga berada dibawah payung Facebook, terlihat sulit diakses dan hanya dapat menampilkan konten dari cache sebelum jam 12.00 dini hari.
layanan instagram down
layanan instagram down
Artinya, sejak waktu tersebut, pengguna tidak dapat memposting ata mengunggah sesuatu ke IG ataupun melihat konten yang dipublish di waktu tersebut. Jika kamu memaksa untuk membuka situs Instagram, maka pada awalnya akan muncul pesan "Sorry, this page isn't available". Hal yang tidak jauh berbeda juga terjadi pada platfrom Facebook dimana Anda tidak bisa membuat postingan baik itu foto, video, maupun status fb. Pesan yang muncul adalah "Postingan Anda sedang diproses. Kami akan memberi tahu Anda saat postingan siap untuk dilihat."

Kita tidak tahu sampai kapan WA, FB, dan IG down hari ini, semoga saja tidak berlaurut-larut karena banyak pengguna yang membutuhkan ketiga media sosial mainstream ini untuk berkomunikasi.

Penyebab WA Down Hari Ini

Dari pantauan kami, penyebab utama layanan WhatsApp tumbang hari ini dikarenakan server Facebook secara masif telah mengalami outage atau padam secara bersamaan. Hal ini menyebabkan ketiga aplikasi tersebut tidak berhasil diakses secara live melainkan pengguna hanya dapat melihat kotennya dalam bentuk cache yang disimpan dalam cloud cadangan.
status server facebook terlihat down dalam beberapakali pengecekan
status server facebook terlihat down dalam beberapakali pengecekan

Solusi WhatsApp Down

Untuk kamu yang sering mengecek keterkiriman pesan WA dengan mengetikkan kata "Tes" di chat wa, alangkah lebih baiknya jika kamu langsung mengecek cuitan pihak official WhatsApp saja ditautan berikut: https://twitter.com/WhatsApp.

Pihak WA mengklaim bahwa mereka akan memberikan update sesegera mungkin setelah masalah ini berhasil tertangani. Jadi, sobat Autobild.co.id bisa menghentikan untuk mengirim pesan yang tidak perlu hanya untuk mengecek apakah wa sudah bisa digunakan kembali atau tidak. Semoga saja WA, FB, dan IG down hari ini tidak berlangsung lama ya!

Next article Next Post
Previous article Previous Post