Tuesday, October 26, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

Akhir tahun 2019 hingga kini dunia masih terus berhadapan dengan virus corona atau Covid-19. Berbagai upaya pun dilakukan agar virus ini mereda, mulai dari pembatasan sosial, bekerja dan belajar dari rumah, hingga lockdown di beberapa negara. Adapun upaya lain yang dilakukan agar penyebaran Covid-19 segera teratasi yaitu dengan vaksin.


Vaksinasi sendiri berfungsi agar sistem kekebalan dalam tubuh meningkat, sehingga mampu menghalau virus Corona menyebar ke seluruh tubuh. Dalam hal ini vaksin dapat menghambat efek negatif virus. Nah, setelah divaksin Anda diharuskan mencetak sertifikat vaksin sebagai bukti telah melakukan vaksin. Namun, Anda dapat memperoleh sertifikat vaksin melalui aplikasi Pedulilindungi yang menyediakan sertifikat vaksin secara digital. 

Apa itu Pedulilindungi?

cara pakai peduli lindungi untuk cek sertifikat vaksin
cara pakai peduli lindungi untuk cek sertifikat vaksin
Aplikasi Pedulilindugi merupakan aplikasi yang digunakan untuk pelacakan dalam menghentikan penularan Covid-19. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menampilkan beragam fitur yang dapat digunakan oleh masyarakat. Aplikasi ini sendiri merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat. 


Seperti yang diketahui bahwa sudah banyak masyarakat Indonesia yang menjadi korban jiwa akibat terinfeksi virus Corona. Apalagi virus Corona juga memiliki varian baru yang terus bermunculan. Oleh sebab itu, pemerintah bersama dengan Kominfo, Kemenkes, dan lainnya menghadirkan aplikasi Pedulilindungi.

Manfaat Aplikasi Pedulilindungi

Setelah mengetahui apa itu aplikasi Pedulilindungi, ada baiknya Anda juga tahu mengenai manfaat dari aplikasi ini. Manfaat-manfaat yang dapat Anda peroleh dari Pedulilindungi ini selain menjadi pengetahuan, juga dapat Anda manfaatkan untuk keperluan penggunaannya. Lalu apa saja manfaat aplikasi Pedulilindungi? Berikut di bawah ini beberapa manfaat aplikasi Pedulilindungi.


  • Informasi Kasus Covid-19

Manfaat yang pertama adalah Anda dapat mengetahui perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia. Informasi ini penting yang bukan hanya untuk Anda saja, namun juga dapat Anda sebarkan kepada keluarga atau orang terdekat. Dengan begitu, baik keluarga maupun orang terdekat dapat mengantisipasi penularan virus Corona dengan baik.


  • Informasi Zona Risiko

Berikutnya, Anda dapat memeriksa zona di Indonesia yang memiliki risiko tinggi terhadap penyebaran virus Corona. Jadi, Anda dapat mengantisipasi penyebaran Covid sebelum pergi. Untuk mendapatkan informasi ini Anda dapat mengaktifkan fitur lokasi pada smartphone Anda. Anda pun juga akan mendapatkan notifikasi zona risiko.


  • Layanan Konsultasi Kesehatan

Tidak hanya menyediakan layanan informasi seperti penjelasan di atas, Pedulilindungi juga menghadirkan layanan konsultasi yang dapat dilakukan secara daring. Dengan layanan ini pula, masyarakat dapat mengurangi kunjungan ke fasilitas layanan kesehatan jika tidak dalam kondisi darurat karena risiko penularan Covid yang tinggi.


  • Paspor Digital

Manfaat aplikasi Pedulilindungi yang terakhir adalah aplikasi ini dapat dijadikan sebagai paspor digital. Seperti yang diketahui bahwa, Pedulilindungi menghadirkan fitur untuk memuat data sertifikat vaksin maupun hasil tes Covid-19 Anda. Dengan begitu, saat bepergian Anda dapat menunjukkan sertifikat melalui ponsel saja.

Cara Download dan Cara Daftar Pedulilindungi

aplikasi pedulilindungi official di play store
aplikasi pedulilindungi official di play store
Jika Anda belum download aplikasi Pedulilindungi, ini dapat Anda download melalui google playstore dan Apps store secara gratis. Aplikasi ini ringan, sehingga tidak membuat memori ponsel Anda penuh. Selain itu, pemakaian aplikasi Pedulilindungi juga wajib untuk berbagai kebutuhan.


Jadi, tunggu apalagi segera download Pedulilindungi sekarang di tautan berikut ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.telkom.tracencare

Bantuan Jika PeduliLindungi Error dan Tidak Bisa Dibuka

Buat kamu yang belum tahu, di aplikasi Peduli Lindungi, terdapat menu bantuan yang bsia kamu gunakan jika ada masalah ataupun menu Peduli Lindungi yang tidak bisa dibuka seperti menu EHAC dan semacamnya. Solusinya, kamu dapat mengklik tombol bantuan di pojok kanan bawah aplikasi dan cari pertanyaan yang sesuai dengan masalah yang kamu temui.
menu bantuan aplikasi pedulilindungi
menu bantuan aplikasi pedulilindungi
Jika pada menu tersebut kamu belum mendapatkan jawaban, satu-satunya cara alternatif yang bsia kamu lakukan adalah menghubungi pihak official via email. Khusus perihal kendala aplikasi Peduli Lindungi tidak bisa dibuka, kamu dapat mengirimkan email ke alamat pedulilindungi@kominfo.go.id sedangkan permasalahan sertifikat vaksin covid bisa dilaporkan ke email sertifikat@pedulilindungi.id.

Fitur Pedulilindungi

Pedulilindungi dilengkapi dengan beberapa fitur yang dapat memudahkan untuk mengantisipasi penularan virus Corona. Fitur ini tersedia secara gratis dan ada pula dengan sistem berbayar. Adapun beberapa fitur pada aplikasi Pedulilindungi yang dapat Anda gunakan seperti pada penjelasan singkat di bawah ini.

fitur lengkap aplikasi pedulilindungi
fitur lengkap aplikasi pedulilindungi

  • Statistik

Pertama, pada aplikasi Pedulilindungi ini terdapat fitur statistik. Fitur ini berfungsi untuk memberikan informasi mengenai jumlah orang yang telah terinfeksi virus Corona di satu kelurahan, kecamatan, kota hingga provinsi. Selain jumlah orang yang telah terinfeksi virus Corona, juga terdapat informasi jumlah pasien sembuh, meninggal, dan tren harian.


  • Peta Zonasi

Bagi Anda yang ingin mengetahui informasi mengenai perkembangan virus Corona di daerah Anda ini dapat menggunakan fitur peta Zonasi. Untuk mengaktifkannya Anda perlu mengaktifkan fitur GPS pada ponsel. Nah, jika sudah maka pada menu peta zonasi ini akan menampilkan peta dengan warna yang sesuai dengan tingkat risiko.


  • Informasi dan Pendaftaran Vaksin

Ketiga, Anda dapat memanfaatkan fitur informasi sekaligus mendaftar untuk vaksin, jika belum mengikuti vaksinasi. Anda pun juga dapat menyebarkan informasi ini kepada sanak keluarga yang juga belum vaksin. Untuk mendaftar Anda harus memasukkan NIK dan nama lengkap. Jika sudah, Anda dapat langsung mendaftar.


  • Scan QR Code

Fitur ini sangat penting untuk kebutuhan ketika melakukan perjalanan ke tempat umum, karena Anda akan diminta untuk memindai barcode yang telah disediakan di depan pintu masuk. Caranya pun mudah, Anda cukup ketuk scan QR code pada halaman utama Pedulilindungi. Kemudian arahkan kamera ponsel ke barcode yang ada pada spanduk.


  • Teledokter

Fitur selanjutnya yang ada di Pedulilindungi yaitu Teledokter. Disini terdapat dua jenis layanan, yaitu layanan untuk periksa kesehatan secara mandiri dengan menggunakan Grab Health dan layanan konsultasi dengan dokter yang terintegrasi dengan platform Halodoc, TelkoMedia, Grab Health, dan Prosehat. Untuk tarifnya sendiri dapat berbeda-beda. 


  • e-Hac

Fitur selanjutnya yaitu e-Hac atau e-Hacsistem Electronic Healtch Card Alert. Fitur ini dapat Anda temukan di bagian bawah halaman utama Pedulilindungi. Fitur ini berfungsi sebagai sistem untuk pemantauan perjalanan pengguna dengan menggunakan transportasi publik. Nantinya Anda akan diminta untuk mengisi data pribadi dan riwayat perjalanan.


  • Diary Perjalanan

Berbeda dengan e-Hac, fitur diary perjalanan ini berfungsi untuk membuat riwayat perjalanan, detail tiket perjalanan, dan kepadatan lokasi yang Anda kunjungi. Nantinya, Pedulilindungi akan merekam kegiatan Anda melalui sistem check-in dan check-out scan QR code yang Anda lakukan. Namun, jika tidak check-in scan QR code, maka aktivitas Anda tidak tercatat.


  • Face Recognition

Kemudian fitur Face recognition juga menjadi salah satu fitur yang baru-baru ini hadir pada aplikasi Pedulilindungi. Fitur ini memungkinkan Anda untuk cek suhu tubuh dan masker sebelum memasuki area publik. Anda pun tidak perlu menggunakan cek suhu tubuh yang telah disediakan di tempat Anda berkunjung, cukup dengan tunjukan hasil cek suhu tubuh Anda saja.


  • Sertifikat Vaksin

Cek dan Download Sertifikat Vaksin di PeduliLindungi
Cek dan Download Sertifikat Vaksin di PeduliLindungi 
Terakhir, setelah selesai melakukan vaksinasi baik untuk tahap satu maupun dua ini Anda dapat memngecek, melihat, dan men-download sertifikat vaksin. Dengan fitur ini pula akan memudahkan Anda untuk bepergian ke mana saja. Yang mana, pemerintah kini mengharuskan pengunjung menggunakan sertifikat vaksin sebagai syarat keluar dan masuk ke layanan publik.

Cara Cek Sertifikat Vaksin dengan Pedulilindungi

Jika Anda ingin mengecek sertifikat vaksin ini dapat dilakukan dengan mudah. Cara yang pertama yaitu dengan men-download aplikasi Pedulilindungi terlebih dahulu. Namun, Anda juga bisa mengecek sertifikat vaksin tanpa perlu mendownload aplikasi yaitu dengan mengunjungi halaman Pedulilindungi di https://www.pedulilindungi.id.

Menu cek sertifikat vaksin di aplikasi PeduliLindungi
Menu cek sertifikat vaksin di aplikasi PeduliLindungi

Selanjutnya, Anda dapat melakukan registrasi dan login ke aplikasi. Namun, jika Anda sudah memiliki akun dapat memasukkan alamat email yang telah terdaftar. Jika sudah, Anda dapat mengeklik centang pada box yang tersedia. Lalu, klik tombol Masuk pada aplikasi. Nah, jika Anda menggunakan nomor telepon untuk login, nantinya Anda akan diminta memasukan password.


Jika sudah berhasil, cara berikutnya yaitu dengan memilih menu sertifikat vaksin. Kemudian klik nama pengguna dan akan muncul jumlah sertifikat yang Anda dapatkan sesuai dengan dosis vaksin yang Anda terima. Di halaman ini akan ada informasi berupa nama lengkap, NIK atau No. paspor, tanggal lahir, tanggal vaksinasi, dan jenis vaksin yang Anda terima.

cara download sertifikat vaksin 1 dan 2 di pedulilindungi
cara download sertifikat vaksin 1 dan 2 di pedulilindungi

Nah, untuk men-download sertifikat ini, Anda bisa mengeklik pada sertifikat yang Anda inginkan. Kemudian klik tombol unduh sertifikat pada bagian bawah layar, lalu klik “Ya” pada menu box yang muncul pada penyimpanan sertifikat. Tunggu proses download hingga selesai dan sertifikat pun akan tersimpan dalam perangkat ponsel Anda secara otomatis.


Demikian sedikit informasi dari Autobild.co.id mengenai aplikasi Pedulilindungi yang berguna untuk Anda. Tidak hanya memberikan informasi seputar kesehatan, Anda juga dapat mengecek sekaligus men-download sertifikat vaksin di sini. Selain itu, Anda juga dapat memeriksa tentang perkembangan virus corona di Indonesia. Semoga bermanfaat!

Next article Next Post
Previous article Previous Post