Thursday, September 9, 2021

author photo September 09, 2021

Daftar isi [Tampil]

WhatsApp bisa dipakai untuk komputer. Ada 2 versi WA yang bisa kita pakai, adalah WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop.


WhatsApp Web merupakan WhatsApp yang bisa diakses komputer melalui web atau browser. Singkatnya, WhatsApp Web adalah WhatsApp versi browser. Sementara WhatsApp Desktop adalah aplikasi WhatsApp untuk komputer yang dapat dipasang untuk Windows maupun Mac.


Di sini kita hanya membahas WhatsApp Web saja, meliputi bagaimana cara menggunakannya, kekurangannya, ekstensi WA Web dan fitur-fitur yang disediakan.

Cara Menggunakan WhatsApp Web Biasa

Cara biasa memakai WhatsApp Web di PC dapat Anda ikuti sebagai berikut:


  1. Buka browser di komputer Anda
  2. Kemudian buka web.whatsapp.com
  3. Lalu buka HP Anda > buka aplikasi WhatsApp > klik 'Menu' > pilih 'WhatsApp Web' untuk memulai pembacaan kode QR
  4. Arahkan kamera belakang HP Anda ke kode QR yang ada di layar PC
  5. Setelah kode QR dibaca, HP dan PC akan otomatis terhubung

Melalui cara ini, kita bisa mengakses WhatsApp melalui komputer kapan saja fan dimana saja. Yang penting, harus ada ponsel yang ingin Anda hubungkan ke komputer, kemudian scan kode QR-nya. Soalnya WhatsApp Web tidak bisa diakses jika tidak ada ponsel.


Cara ini memiliki beberapa kekurangan. Kebanyakan orang yang mengakses WA Web, tidak bisa merasakan seluruh fitur yang biasa kita dapatkan di WA ponsel kita. Fitur-fitur yang tidak bisa kita dapatkan tersebut antara lain:


  • Tidak bisa dipakai menerima panggilan suara dan video
  • Tidak bisa posting status WA
  • Tidak bisa berbagi map atau lokasi sekarang
  • Tidak bisa mengubah pengaturan download media
  • Pemberitahuan chat masuk dibatasi


Selain mengakses WhatsApp Web dengan cara di atas, ada satu cara lagi yang bsia Anda praktekkan. Yaitu dengan memanfaatkan ekstensi WhatsApp Web dari Google Chrome, cara ini juga akan memberikan kalian fitur-fitur lebih banyak daripada mengakses WhatsApp Web dengan cara biasa.

Ekstensi WhatsApp Web Plus dan Cara Menggunakakannya

Ekstensi adalah semacam perangkat lunak kecil yang bisa menyesuaikan browser web (Google Chrome) untuk melakukan beberapa fungsi tertentu. Jadi dia seperti aplikasi/software, tapi dia melekat di Google Chrome, tidak bisa diinstall di komputer, tapi kita bisa mengaksesnya setiap membuka Google Chrome.

ekstensi chrome wa web plus
ekstensi chrome wa web plus

Ada banyak jenis ekstensi, misalnya ekstensi yang bisa mengubah tampilan Google Chrome, ekstensi VPN, ekstensi pemblokiran iklan, termasuk juga ekstensi WhatsApp Web di Google Chrome.

Di Google Chrome, ada beberapa ekstensi yang dapat kita pakai agar WhatsApp Web kita memiliki lebih banyak fitur daripada WhatsApp Web normal kebanyakan. Salah satu contoh ekstensi itu adalah: WA Web Plus for WhatsApp.

Dengan ekstensi ini, kita bisa memperoleh banyak fitur yang bahkan tidak tersedia di WhatsApp asli. Untuk memakai ekstensi ini, berikut adalah caranya:

  1. Untuk menggunakan ekstensi tersebut, Anda harus menambahkannya ke desktop komputer kita
  2. Caranya, buka aplikasi Google Chrome Anda (ekstensi ini tersedia juga di Mozila), lalu masuk ke link ini: https://chrome.google.com/webstore/detail/wa-web-plus-for-whatsapp/ekcgkejcjdcmonfpmnljobemcbpnkamh?hl=en
  3. Anda akan dihadapkan langsung dengan ekstensi WA Web Plus for WhatsApp
  4. Klik 'Tambahkan Ekstensi'
  5. Otomatis ekstensi tadi sudah ditambahkan ke Google Chrome

Setelah kita memasangnya, berikutnya adalah cara menggunakannya:

  1. Buka WhatsApp Web seperti tutorial yang Saya tunjukkan di atas
  2. Pada tampilan layar PC, klik ikon 'Ekstensi' di pojok kanan atas untuk membuka daftar ekstensi yang kalian miliki
  3. Klik ekstensi 'WhatsApp Web Plus' untuk mulai menggunakan ekstensi
    daftar semua fitur ekstensi wa web plus
    daftar semua fitur ekstensi wa web plus
  4. Setelah muncul menu-menu custome dari WhatsApp Web plus, pilih salah satu atau beberapa opsi seperti "Blur conversation messages

Dengan begitu, semua fitur-fitur yang diberikan WA Web Plus bisa langsung kita rasakan.

Fitur-Fitur Ekstensi WA Web Plus for WhatsApp

Fitur paling utama dari ekstensi ini adalah privasinya. Kita bisa memperoleh privasi lebih ketat daripada WA biasa.

Fitur Privacy

Fitur Privasi WA Web Plus
Fitur Privasi WA Web Plus
Anda bisa memblur notifikasi pesan yang muncul di layar laptop, memblokir nama kontak, foto kontak, percakapan, menyembunyikan status mengetik, mengembalikan pesan yang terhapus, menyembunyikan status online dan masih banyak lagi. Mengingat layar Laptop lebih besar dari HP, dengan fitur ini kita bisa meminimalkan risiko orang-orang mengintip isi pesan kita saat ada di tengah keramaian.


Artikel terkait: Download GB WhatsApp 2021 dengan Segudang Fitur Privasi

Fitur Customize

Di fitur ini, ada banyak hal yang bisa kita setting. Seperti mengaktifkan dan mematikan tombol like, enable pesan reaksi seperti Facebook, melakukan pin pada pesan yang belum dibaca, enable layar full screen membekukan daftar pesan, menghidupkan dan mematikan status dari kontak-kontak kita, meminta notifikasi jika ada kontak yang sedang online, fitur download status orang, kustom wallpaper chat, pin banyak chat tanpa batas, dan masih banyak lagi.

Fitur Stiker dan Status

Di WhatsApp Web biasa kita dibatasi tidak bisa membuat status. Sementara di WA Web Plus, bisa membuat status serta stiker.

Fitur Business Tool dan Export

Untuk fitur ini tersedia untuk pelanggan premium saja. Anda harus membayar sekian rupiah agar fitur ini bisa kalian gunakan. Melalui fitur tersebut, aktivitas kita dalam mengontrol bisnis lewat chat bisa lebih maksimal.

Next article Next Post
Previous article Previous Post