Wednesday, June 23, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

Windows 11 akan segera rilis akhir Juni 2021 ini. Berbeda dengan Windows sebelumnya, akan ada beberapa perbedaan darimulai tampilan, fitur, bahkan performanya. Untuk visualnya sendiri, perubahan terbesar berada pada taskbar-nya. Nantinya akan ada menu start baru, sudut membulat, suara start up baru dan masih banyak lagi.


Untuk lebih jelasnya, simak bocoran tampilan Windows 11 di bawah ini.

Bentuk Tampilan Baru dari Windows 11

Tampilan yang ada di Windows 11 adalah versi sederhana dan versi lebih halus dibanding Windows 10.

tampilan win 11 bocor ke publik
tampilan win 11 bocor ke publik

Menu Start

Pada tampilan menu start, dibuat lebih sederhana. Menu tersebut diletakkan di tengah, tapi bagi Anda yang tidak suka dengan tampilan tersebut Anda bisa menggunakan opsi memindahkan semuanya ke sisi kiri.

Ikon dan Logo

Tampilan baru lainnya Windows 11, mereka akan memiliki logo baru yang berbentuk trapesium (hampir mirip dengan Windows 8), ikon aplikasi tampak lebih 3D (dengan tambahan gradasi warna yang halus). Lalu pada bagian sudut sengaja dibuat membulat. 

fitur snap baru di Win 11
Fitur snap baru di Win 11

Microsoft Store

Tampilan Microsoft Store juga berubah sembari membawa beberapa deretan aplikasi baru. Untuk aplikasi baru tersebut masih belum diketahui apa saja daftarnya.

Widget

Adapula widget yang semula dihilangkan kini dimunculkan kembali. Dengan widget ini Anda bisa mengakses informasi tertentu, seperti berita hingga cuaca.

Akses ke Game

Sama dengan Windows 10, ada fitur dimana para pengguna bisa mengakses game secara cepat. Anda bisa langsung terhubung ke Xbox Game Pass, Xbox Store, Xbox Game Bar hingga Windows Game Mode.

Perbedaan Windows 10 dengan Windows 11

Untuk tampilannya, Windows 11 adalah penyederhanaan dari Windows 10. Lalu bagaimana dengan performanya atau benchmark?


Simak beberapa perbedaannya berikut ini:


  • Windows 11 memiliki proses booting yang lebih cepat 3 detik daripada Windows 10
  • Skor dari 3DMark Windows 11 lebih besar 741 dibandingkan Windows 10. Ini berarti windows 11 lebih baik 9.74% dibanding Windows 10
  • Selain skor 3DMark Windows, skor Geekbench, CrystalDiskMark, dan beberapa aplikasi lainnya juga lebih baik Windows 11 daripada Windows 10

Intinya, Windows 11 akan lebih unggul daripada Windows 10. Terutama dalam hal kecepetan.

Keunggulan Windows 11 dan Mengenal Fitur-Fiturnya

Ada banyak keunggulan dari Windows 11. Berhubungan dengan fitur-fiturnya yang katanya lebih baik dibanding pendahulunya, berikut adalah daftar keunggulan mereka:


  • Bisa melakukan singkronisasi dengan mudah ke semua perangkat. Hanya dengan menghubungkan perangkat (smartphone atau tablet) ke jaringan internet, Anda bisa berkomunikasi (berbagi file, memindah file, atau terhubung) dengan komputer Windows 11
  • Terdapat fitur dark mode bukan cuma night mode, ini lebih modern dan bisa dikustomisasi sesuai keinginan
  • Dibekali dengan kemanan sidik jari
  • Memiliki sistem perintah suara asisten virtual yang dikenal dengan Cortana
  • Tersedia fitur Integrasi dengan Azure for Cloud Storage, penyimpanan menjadi lebih aman karena penyimpanan online lebih aman dibanding penyimpanan offline. Sehingga jika ada hardware yang rusak, file tetap bisa tersimpan aman di penyimpanan online Anda
  • Adanya browser kedua Spartan
  • Terdapat pembaruan terkait pengaturan daya baterai sehingga waktu hidup bisa lebih terkontrol

Itulah beberapa keunggulan dari Windows 11. Makin ke sini mereka makin canggih, dan sebagai pengguna setia Windows, ada baiknya Anda segera mengupdate perangkat Anda ke versi terbaru.

Windows 11 sendiri akan segera rilis hari ini, Kamis 24 Juni. Segera rasakan fitur, tampilan baru, dan kehebatannya sesegera mungkin!

Next article Next Post
Previous article Previous Post