Monday, January 4, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

Salah satu yang paling penting dalam melakukan pembelian HP baru adalah masalah garansi. Adanya garansi ini bisa dimanfaatkan sebagai bentuk klaim jika terjadi suatu masalah pada perangkat HP tersebut. Perlu diketahui bahwa iPhone tidak memberikan garansi resmi dalam bentuk kertas.

Serial iPhone
Serial iPhone

Anda hanya akan mendapatkan garansi resmi dalam bentuk serial number yang disematkan pada masing-masing produk. Tentu saja sebelum membeli HP iPhone Anda perlu melakukan pengecekan terlebih dahulu mengenai masalah garansi.

Jenis-Jenis Garansi HP iPhone

Sebelum melakukan pengecekan garansi, tentunya Anda perlu memahami terlebih dahulu jenis-jenis garansi HP iPhone yang ada di Indonesia. Hal ini mengingat banyaknya jenis garansi yang mungkin bisa membuat Anda bingung dalam melakukan pembelian HP baru iPhone.


Di bawah ini jenis-jenis garansi yang bisa Anda dapatkan untuk pembelian HP baru iPhone.


1. Garansi Resmi

Garansi resmi merupakan garansi yang diberikan secara langsung oleh perusahaan Apple atau distributor yang ada di negara tertentu. Setiap pengguna perangkat Apple asli akan ditawarkan dengan jangka waktu garansi yang panjang apabila unit yang digunakan mengalami masalah sesuai ketentuan.


Cara yang bisa Anda dapatkan untuk garansi resmi, yakni melakukan pembelian produk gerai resmi Apple atau authorized reseller yang ada di Indonesia. Sementara, untuk proses klaim garansi bisa dilakukan ke semua negara yang bersifat internasional.

2. Garansi Distributor

Garansi distributor merupakan garansi yang diberikan oleh pihak distributor yang melakukan pemasukan produk Apple secara tidak resmi. Garansi ini sepenuhnya hanya ditanggung oleh pihak distributor dan tidak bisa diklaim ke service center Apple resmi.


Namun, harga dari produk yang ditawarkan tergolong cukup murah. Hal ini tentunya bisa menjadi alternatif untuk Anda yang mengalami masalah pada budget. Tetapi Anda tetap perlu waspada agar terhindar dari produk rekondisi atau refurbish.

3. Garansi Toko atau Penjual

Pada garansi ini Anda hanya akan mendapatkan garansi yang diberikan oleh pihak took atau penjual. Umumnya, garansi ini berlaku untuk produk Apple palsu, Black Market, Supercopy, HDC, KW, ataupun HP refurbish. Adanya pengecekan IMEI, membuat Anda bisa terhindar dari jenis HP palsu tersebut.

cara cek imei iphone / apple.com
cara cek imei iphone / apple.com

Selain dikarenakan tingkat kualitas yang sangat berbeda dengan aslinya, jenis garansi yang diberikan juga tergolong sangat singkat. Pengguna hanya akan mendapatkan garansi yang berlaku selama satu bulan hingga tiga bulan. Tentunya ini sangat berisiko tinggi dan bisa membuat Anda menjadi rugi.

4. Garansi Internasional

Jenis garansi terakhir untuk produk Apple yang ada di Indonesia, yakni garansi internasional. Pada jenis garansi ini tergolong sangat fleksibel dikarenakan pengguna bisa melakukan proses klaim di seluruh authorized reseller Apple yang pada setiap negara.


Umumnya, garansi ini bisa Anda dapatkan jika Anda melakukan pembelian produk Apple di luar negeri. Masa garansi yang ditawarkan juga sangat panjang, yakni berlaku selama satu tahun penuh. Namun, Anda perlu mendaftarkan nomor IMEI HP ini ke Bea Cukai agar kartu provider tidak diblokir.


Hal ini tentunya mengingat peraturan baru dari pemerintahan yang terkait semua produk HP yang masuk tanpa pajak. Tentunya ini sangat merugikan bagi Anda jika produk HP iPhone yang dibeli di luar negeri tidak bisa dimasukkan kartu provider dari Indonesia.

Panduan Cara Cek Garansi iPhone

Jika Anda ingin melakukan pengecekan pada garansi HP iPhone, maka memerlukan akses internet agar bisa membuka browser. Selain itu, Anda juga memerlukan nomor seri atau IMEI dari HP iPhone tersebut. Berikut ini panduan lengkap untuk cara cek garansi iPhone yang bisa Anda lakukan:

Cek garansi resmi IMEI iPhone
Cek garansi resmi IMEI iPhone

  • Langkah pertama Anda dapat menghubungkan HP iPhone tersebut ke sambungan Wi-Fi ataupun melalui data seluler.
  • Selanjutnya, buka aplikasi Safari dan masukkan link https://checkcoverage.apple.com/id/in/ di kolom penelusuran.
  • Secara otomatis akan tampil website dari Apple Inc yang menampilkan tulisan “Periksa Perlindungan Layanan dan Dukungan Anda”.
  • Sebelum melakukan pengecekan, Anda perlu menyalin terlebih dahulu nomor IMEI dari HP iPhone tersebut. Cara yang bisa dilakukan, yakni masuk ke menu “Settings”, lalu pilih opsi “General”, dan klik “About”. 
  • Pada bagian about ini Anda bisa klik menu “Serial Number” dan salin nomor unik tersebut. Anda hanya perlu menekan jari di bagian nomor untuk menampilkan opsi “Copy” atau salin. Contoh nomor IMEI iPhone adalah seperti kode s/n berikut ini: 355412073017871
  • Kemudian, tempelkan nomor IMEI ke halaman website Apple Inc yang sebelumnya telah Anda buka.
  • Lakukan juga proses verifikasi dengan memasukkan kode yang ditampilkan pada bagian atas.
  • Langkah terakhir, Anda bisa memilih tombol “Lanjutkan” untuk melihat informasi terkait dengan HP iPhone tersebut. Informasi ini mencakup keaslian produk, sisa garansi, dan lain sebagainya.

Tentunya cara cek garansi HP iPhone ini bisa Anda lakukan dengan sangat mudah. Anda hanya memerlukan akses internet dan nomor IMEI sebagai bahan utama untuk mengecek garansi. Selain itu, informasi yang ditampilkan juga sangat akurat dan lengkap mengenai kondisi dari garansi HP tersebut.

Next article Next Post
Previous article Previous Post