Friday, October 2, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]

Pernahkah Anda merasa produk yang telah dibeli di Lazada dirasa kurang memuaskan dan tidak sesuai? Pada dasarnya, pengalaman seperti ini memang tidak diinginkan setiap orang ketika berbelanja online. Namun, nyatanya memang hal ini bisa saja terjadi dan menimpa siapa saja. Lazada menjadi salah satu marketplace yang menyediakan layanan pengembalian barang atau retur.

return barang di lazada
Cara return barang di Lazada


Bukan suatu rahasia lagi bahwa Lazada menjadi salah satu raksasa e-commerce di tanah air. Produk yang dijual begitu beragam beserta promo-promo menarik untuk pelanggan. Selain itu, pelayanan yang diberikan pun cukup prima. Misalnya ketika Anda hendak melakukan retur barang, diperlukan lampiran form khusus untuk melakukannya. Seperti apakah mekanisme retur barang ini?


Link fitur: my.lazada.co.id/customer/order/

Prosedur Pengembalian Barang Lazada

Pihak Lazada sendiri telah membuat syarat dan ketentuan khusus ketika pembeli hendak mengajukan pengembalian barang. Mengapa konsumen melakukan retur barang? Hal ini tentunya karena produk yang diterima tidak sesuai sehingga melakukan pengembalian dana merupakan solusi yang jitu. Namun, Anda harus mengetahui beberapa prosedur terkait hal ini, yaitu:

1. Perhatikan Masa Pengembalian Barang

Meski menyediakan layanan retur barang, Anda harus memahami terlebih dahulu kebijakan yang berlaku. Pastikan barang yang Anda terima benar-benar tidak memenuhi kriteria atau deskripsi yang diberikan penjual. Misalnya ketika mendapati produk rusak, cacat, tidak sesuai, salah item, dan terdapat bagian yang hilang.

Masa garansi pengembalian barang
Masa garansi pengembalian barang / Lazada.co.id

Perlu diketahui bahwa masa pengembalian barang ini adalah 7/14 hari jaminan kepuasan dan perlindungan pembeli. Barang yang telah melewati masa pengembalian tidak dapat dikembalikan ke Lazada. Hal ini terhitung sejak barang diterima di tangan pembeli.

2. Pahami Syarat dan Ketentuan Pengembalian Barang

Tidak hanya memperhatikan jangka waktu pengembalian barang, Anda juga perlu memahami syarat dan ketentuan yang sah. Jika tidak demikian, pengembalian barang bisa ditolak pihak Lazada. Oleh karena itu, perhatikanlah beberapa persyaratan retur barang berikut ini.

· Sertakan Bukti Pembelian

Inilah salah satu manfaat bukti pembelian barang harus disimpan dengan baik. Baik itu nomor pesanan, faktur pembelian, maupun struk pembayaran. Hal ini bisa menjadi bukti otentik ketika Anda hendak mengembalikan barang ke Lazada. Oleh karena itu, simpan baik-baik ya bukti pembeliannya.

· Rincian Bank

Dalam sebuah formulir pengembalian barang, Anda perlu melampirkan rincian bank. Hal ini dilakukan apabila pembayaran yang dilakukan melalui bank transfer, Mandiri Klikpay, maupun COD (Cash on Delivery).

· Sertakan Formulir Pengembalian

File satu ini menjadi salah satu yang paling utama dilampirkan. Anda bisa menyertakan formulir ini dalam bentuk cetak maupun dengan menulis Kode Otorisasi Pengembalian di setiap paket yang akan diretur.

· Lakukan Pengemasan Ulang

Namanya juga pengembalian barang, artinya Anda harus mengemas barang yang tidak sesuai tersebut untuk dikembalikan. Pastikan Anda mengemasnya dengan benar dan menempel stiker pengembalian barang. Terutama di bagian luar paket, bukan pada bagian kardus paket.

· Alasan Pengembalian Barang

Melakukan retur barang tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Artinya, alasan yang dikemukakan harus benar-benar sah dan sesuai dengan persyaratan yang berlaku. Oleh karena itu, pastikan persetujuan pengembalian barang terpenuhi.

· Kirimkan Produk

Setelah mengemas barang sedemikian rupa, saatnya melakukan pengiriman. Anda perlu mengirimkan kembali produk yang tidak sesuai tersebut ke alamat gudang Lazada. Nantinya, alamat tersebut akan tercantum di formulir pengembalian barang yang dilampirkan.

· Perhatikan Kondisi Produk

Hal ini perlu dilakukan agar pihak Lazada lebih mudah ketika melakukan proses quality check. Terutama pada produk yang berjenis elektronik yang dikenal lebih rentan. Misalnya gadget, laptop, maupun perangkat lainnya. Pastikan perangkat-perangkat tersebut sudah dalam keadaan unlock. Pastikan Anda telah menghapus kata sandi, pola, maupun metode mengunci lainnya.

3. Mengisi Form Pengembalian Barang

Ketika mendapati produk pesanan Anda tidak memuaskan, pengembalian barang memang bisa dilakukan. Namun, Anda perlu mengisi form pengembalian barang yang bisa didapatkan di aplikasi Lazada itu sendiri. Pengguna dapat mengakses formulir pengembalian online dengan mudah.

fitur pengembalian produk lazada
fitur pengembalian produk lazada / Lazada.co.id

Setelah mendapatkan form tersebut, selanjutnya lakukanlah pengisian formulir dengan jelas dan lengkap. Jangan sampai ada yang terlewatkan agar pengajuan retur barang ini disetujui pihak Lazada.  Apabila sudah lengkap, Anda bisa mencetak form yang sudah diisi tersebut. Form yang sudah dicetak kemudian dimasukkan ke dalam barang yang akan dikemas ulang.


Setelah semuanya beres, lanjutkan dengan mengirimkan barang yang tidak sesuai tersebut ke gudang Lazada yang berada di lokasi berikut:


LAZADA WAREHOUSE
Lazada Return Warehouse  Gate 2 & 3
Jalan Raya Bogor Km 36, Cimanggis, Depok

Bagaimana dengan Ongkos Kirim Pengembalian Barang?

Tidak perlu khawatir, pihak Lazada akan mengganti biaya ongkos kirim yang dikeluarkan konsumen ketika melakukan retur barang. Hal ini akan terpenuhi apabila pengembalian barang dinyatakan sah dan menggunakan tarif ekspedisi reguler. Untuk pengembalian barang Lazada, gunakanlah kurir JNE. Setelah itu, tunggu sekitar 3 hari jam kerja setelah barang diterima di gudang Lazada.


Sudah cukup jelas bukan mekanisme pengembalian barang Lazada? Anda tidak perlu panik lagi ketika mendapati barang yang tidak sesuai pesanan. Terlebih apabila harga barang yang dipesan lumayan mahal. Anda bisa melakukan retur barang dengan mudah melalui langkah-langkah yang telah diulas di atas.

Next article Next Post
Previous article Previous Post