Friday, October 9, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]

Di mata dunia Indonesia dikenal sebagai negara penghasil gas alam yang cukup besar. Julukan ini tentu sangat bagus mengingat bahwa gas alam bisa dijadikan sebagai sumber energi ramah lingkungan. Gas alam juga tidak akan berdampak besar bagi kerusakan ozon. Anda harus tahu bahwa terdapat lima daerah yang mampu menjadi produsen gas alam terbesar di Indonesia.

5 Daerah Penghasil Gas Alam Terbesar di Indonesia

1. Sumatera Selatan

Soal daerah penghasil gas alam terbesar di Indonesia, tentu tidak boleh sampai melewatkan Sumatera Selatan. Provinsi dengan sebutan Bumi Sriwijaya ini juga merupakan salah satu daerah yang cukup banyak menghasilkan gas alam. Anda bisa menjumpai gas alam yang begitu melimpah di Musi Banyuasin. Bahkan gas alam tersebut juga telah menjadi cadangan energi sangat produktif di Sumsel.

foto industri pengolahan gas alam
foto industri pengolahan gas alam

Pemerintah setempat senantiasa memegang komitmen guna mensejahterakan rakyatnya dengan mengelola gas alam secara maksimal. Setidaknya sudah lebih dari ratusan pipa yang dibangun guna saluran gas alam sejak 2016. Dengan demikian, maka diharapkan masyarakat setempat dapat memanfaatkan gas alam ini untuk keperluan sehari-hari.

2. Kepulauan Riau

Kepulauan Riau memang memiliki pesona indah yang begitu memanjakan mata. Di samping itu, provinsi yang beribukota di Tanjungpinang ini juga merupakan salah satu daerah penghasil gas alam terbesar di negara Indonesia. Penambangan serta pengolahan gas alam di provinsi ini dikerjakan oleh PGN yang amat terkenal sisi profesionalitasnya.


Gas alam sangat diprioritaskan di Kepulauan Riau dan menjadi sektor industri utama. Kekayaan alam yang sangat luar biasa ini begitu dibanggakan di daerah setempat, bahkan saking terkenalnya sampai-sampai ingin diperebutkan oleh Tiongkok.


Anda tentu tahu dengan cerita Natuna beberapa tempo lalu, bukan? Di samping Natuna juga ada Anambas yang mempunyai sumber gas alam terbesar di Kepulauan Riau.

3. Jawa Barat

Bumi Paris Van Java juga ikut serta menjadi penyumbang gas alam terbesar di Indonesia. Provinsi ini juga sudah menyimpan begitu banyak cadangan gas alam. Anda bisa menjumpai PT. Nusantara Ragas di Jawa Barat selaku pengelola gas alam di sana. Perusahaan ini juga merupakan bentuk kerjasama antara Pertamina dengan PGN guna memaksimalkan pengelolaan gas alam di daerah setempat.

foto tabung gas LPG
foto tabung gas LPG

Produk gas alam yang cukup terkenal di Jawa Barat ialah gas alam cair. Produk ini kerap dipakai untuk keperluan industri. Secara spesifik dalam skala besar gas alam cair atau LNG bisa dipakai untuk pembangkit listrik, bahan bakar boiler, serta furnace di bidang industri. Saat ini juga, LNG sudah banyak dipakai sebagai bahan bakar sejumlah mode transportasi.

4. Papua Barat

Ketika membicarakan tentang gas alam, tentu Papua tidak boleh sampai dilewatkan. Tepatnya di Papua Barat Anda bisa menemukan banyak pertambangan gas alam yang besar. Salah satunya ada di Teluk Bintuni yang dikenal dengan nama LNG Tangguh. Ini adalah proyek dari pemerintah guna mengoptimalkan pengelolaan potensi kekayaan alam yang ada di daerah setempat.


Provinsi yang terletak di ujung barat Papua ini memiliki stok setidaknya 500 miliar meter kubik cadangan gas khusus di dalam perut bumi. Melimpahnya cadangan gas alam di daerah ini kiranya terus bisa menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara penyuplai gas dunia. Tentunya hal ini juga dipengaruhi dengan adanya kerjasama yang baik antar pengelola dengan masyarakat setempat.


Eksplorasi yang tepat dan terkontrol oleh ahlinya tentu bisa menghasilkan produk yang berkualitas prima. Tentunya ini akan senantiasa menjadi angin segar bagi perekonomian setempat dan negara Indonesia sendiri.   

5. Kalimantan Timur

Jika ada yang bertanya daerah manakah di Indonesia yang menjadi penghasil gas alam terbesar, tentu saja jawabannya adalah Kalimantan Timur. Provinsi yang berbatasan langsung dengan Malaysia ini diketahui menyimpan begitu banyak gas alam tepatnya di blok Mahakam. Adapun industri gas alam yang ada di Kalimantan Timur juga menjadi penyuplai primer perusahaan penyokong perekonomian daerah.


Terlebih saat ini berbagai industri tentu memerlukan pasokan gas alam untuk mendukung kinerjanya. Salah satu perusahaan pertambangan gas alam terbesar di Kalimantan Timur adalah Badak LNG. Tepatnya di Bontang perusahaan ini berdiri dan terus berkomitmen mengelola gas alam. Perusahaan ini bahkan mampu menghasilkan 22,5 juta metrik ton LNG setiap tahunnya.


Tidak heran jika Kalimantan Timur menjadi pemasok gas alam terbesar di Indonesia. Bahkan setiap membicarakan suplai menyuplai gas alam, maka Kalimantan Timur menempati urutan topik utama. Jadi, sudah selayaknya Kalimantan Timur menjadi nomor satu.


Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, Jawa Barat, Papua Barat, dan Kalimantan Timur merupakan lima daerah penghasil gas alam terbesar di Indonesia. Meskipun demikian, Anda juga harus tahu bahwa gas alam merupakan bentuk energi yang tidak terbarukan. Sebaiknya seluruh masyarakat ikut serta dalam menjaga kelestariannya agar tetap terjaga dan baik-baik saja. Gunakan gas alam dengan bijak!

Next article Next Post
Previous article Previous Post