Thursday, September 10, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]

Kepulauan Riau adalah provinsi yang berbeda dengan Riau –karena lokasinya yang terpisah dari Pulau Sumatera. Provinsi ini terdiri dari 5 kabupaten dan 2 kota, termasuk salah satunya adalah Batam yang menjadi zona free trade atau perdagangan bebas. Tentu, karena keterpisahan wilayah, kode plat nomor Kepulauan Riau pun berbeda dengan Provinsi Riau.


Kendaraan bermotor yang berada di Provinsi Kepulauan Riau menggunakan plat nomor dengan kode depan BP, sedangkan Provinsi Riau menggunakan kode plat BM. Perbedaan kode ini nantinya tentu akan berpengaruh pada pengurusan kendaraan bermotor yang digunakan.

Ilustrasi Plat Nomor Kepri
Ilustrasi Plat Nomor Kepri

Sebagaimana diketahui, plat nomor adalah salah satu bagian dari kendaraan bermotor yang sangat penting. Detail plat nantinya selain digunakan sebagai informasi, juga legalitas dari kendaraan bermotor yang berhubungan dengan urusan pajak.

Detail Kode Plat Nomor Kendaraan Kepulauan Riau

Seperti yang disinggung di awal, plat nomor kendaraan Kepulauan Riau menggunakan kode BP. Hanya saja, ada beberapa perbedaan yang cukup signifikan pada kode belakang plat nomor tersebut yang disesuaikan dengan pembagian wilayah di provinsi tersebut.


Adapun detail plat nomor kendaraan Kepulauan Riau dengan kode belakang yang mengikutinya diantaranya adalah sebagai berikut:


  • Kota Batam: BP – kode belakang C*, D*, E*, F*, G*, H*, I*, J*, M*, P*, Q*, R*, dan Z*
  • Kota Tanjung Pinang: BP – kode belakang A* dan T*
  • Kabupaten Bintan: BP – kode belakang B*
  • Kabupaten Karimun: BP – kode belakang K*
  • Kabupaten Natuna: BP – kode belakang N*
  • Kabupaten Lingga: BP – kode belakang O*
  • Kabupaten Kepulauan Anambas: BP – kode belakang S*

Pembagian kode plat nomor Kepulauan Riau, terutama kode belakang tersebut tentu sudah disesuaikan dengan beberapa peraturan lainnya. Dengan perbedaan kode belakang, tentu identifikasi dan proses registrasi kendaraan bermotor di Kepulauan Riau akan cenderung lebih mudah.

Cara Mengecek Detail dan Status Plat Nomor Kendaraan Kepulauan Riau

Sebagaimana disinggung di awal, plat nomor kendaraan Kepulauan Riau berhubungan dengan proses registrasi kendaraan, termasuk hubungannya dengan pembayaran pajak kepada pemerintah setempat. Oleh karenanya, pengecekan detail plat nomor serta statusnya cenderung penting untuk membebaskan pemiliknya dari masalah yang mungkin muncul.


Oleh karenanya, pengecekan plat nomor kendaraan Kepulauan Riau menjadi penting untuk dilakukan guna melihat legalitas nomor plat, status kendaraan dan detail lainnya. Nah, umumnya, pengecekan bisa dilakukan di SAMSAT. 


Saat ini, sudah tersedia sistem e-SAMSAT yang memungkinkan Anda untuk melakukan pengecekan secara online dengan lebih mudah. Adapun langkah yang perlu dilakukan untuk pengecekan tersebut adalah sebagai berikut:


  • Klik laman website terkait untuk pengecekan yaitu http://rtmcpoldakepri.com/informasi-pajak-kendaraan-bermotor/
  • Masukkan nomor plat kendaraan bermotor yang Anda miliki
  • Klik action button atau perintah cari yang tersedia
  • Secara otomatis, sistem akan menampilkan detail informasi terkait plat kendaraan bermotor yang Anda miliki

Tentu saja, pengecekan secara online ini akan memberikan kemudahan yang maksimal. Anda bisa melakukan pengecekan informasi plat nomor kendaraan kapan saja dan di mana saja. 


Selain itu, pengecekan juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi resmi kepolisian Kepulauan Riau, yaitu aplikasi SAM LANTAS KEPRI. Aplikasi ini bisa didapatkan di Google Play secara gratis untuk pengguna smartphone Android.


Nah, demikian beberapa ulasan tentang kode plat nomor Kepulauan Riau dan cara pengecekannya yang harus Anda ketahui. Cek informasi mengenai plat nomor kendaraan yang Anda gunakan untuk setidaknya mengetahui kapan Anda harus membayar pajak dan berapa besaran yang harus dibayar untuk menghindari masalah pelanggaran lalu lintas.

Next article Next Post
Previous article Previous Post