Sunday, September 20, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]

Plat nomor merupakan hal yang wajib dan penting bagi setiap kendaraan bermotor tanpa pengecualian. Dengan adanya plat nomor kendaraan mengartikan bahwa kendaraan sudah terdaftar secara resmi di kepolisian dan mendapatkan izin untuk beroperasi di jalan raya. Setiap plat nomor juga memiliki kodenya masing-masing misalnya plat nomor Sulawesi Barat yaitu DC.

Plat nomor Sulawesi Barat
Plat nomor Sulawesi Barat

Plat nomor kendaraan bermotor bisa dikatakan sebagai KTP kendaraan. Ini merupakan identifikasi dan pengenal seluruh kendaraan mulai dari kendaraan roda dua hingga kendaraan besar seperti truk, bus, dan lainnya. Plat nomor kendaraan juga menunjukkan masa berlaku kendaraan serta wilayah tempat kendaraan terdaftar. Maka dari itu setiap kendaraan wajib memiliki plat nomor.

Kode Plat Nomor Sulawesi Barat

Sulawesi Barat dikenal akan banyak objek lokasi wisata yang beragam sehingga seringkali dikunjungi oleh para wisatawan. Daerah ini merupakan penghasil kopi arabika, kopi robusta, cengkeh, kelapa, kakao, bahkan di sektor pertambangan memiliki kandungan minyak bumi, batubara, dan emas.


Untuk kode plat nomor Sulawesi Barat sama yaitu DC namun untuk kode belakangnya berbeda-beda sesuai dengan kabupaten di Sulawesi Barat. Ini akan memudahkan identifikasi kendaraan. Untuk daftar kode plat nomornya yaitu:


  • Kabupaten Mamuju memiliki plat nomor kendaraan DC dan kode belakang A* 
  • Kabupaten Majene memiliki plat nomor kendaraan DC dan kode belakang B* 
  • Kabupaten Polewali Mandar memiliki plat nomor kendaraan DC dan kode belakang C* 
  • Kabupaten Mamasa memiliki plat nomor kendaraan DC dan kode belakang D* 
  • Kabupaten Mamuju Utara memiliki plat nomor kendaraan DC dan kode belakang E*

Cara Cek Plat Nomor Sulawesi Barat

Setiap pemilik kendaraan pasti sudah tahu harus membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dimana harus dibayar setiap tahunnya. Apabila tidak membayar PKB maka akan dikenakan denda. Agar tidak lupa, anda bisa mengecek jatuh tempo dan jumlah PKB yang harus dibayarkan setiap bulannya. Terdapat 2 cara yang dapat dilakukan yaitu:


  • Aplikasi

Selain menggunakan situs e-Samsat satempat, pengecekan bisa juga dengan menggunakan aplikasi resmi e-Samsat Nasional yang dapat didownload secara gratis melalui Play Store atau App Store sesuai basis sistem informasi smartphone anda. Sama halnya dengan penggunaan situs, anda juga hanya perlu memasukkan nomor polisi kendaraan yang akan dicek.


Namun sebelumnya anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Anda akan diminta untuk mengisi data-data seperti nomor polisi, nomor KTP atau NIK, nomor ponsel, nomor rangka, dan email yang masih aktif. Setelah itu akan muncul informasi jumlah pajak yang harus dibayarkan dan kode bayar yang digunakan untuk melakukan pembayaran. Kode bayar ini hanya berlaku selama 2 jam sehingga harus dilakukan pembayaran dalam waktu 2 jam.


  • Kantor Samsat

Apabila anda tetap ingin ke kantor Samsat, anda bisa menyiapkan dokumen terlebih dahulu yaitu STNK asli dan fotokopi, e-KTP asli dan fotokopi, BPKB asli dan fotokopi, dan bukti PKB terakhir. Jadi anda tidak perlu lagi mendaftar secara online dan memasukkan plat nomor Sulawesi Barat. Hanya saja anda tentu harus mengantri jika ke kantor.

Next article Next Post
Previous article Previous Post