Tuesday, September 15, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]

 Bali, ibukota provinsi Denpasar merupakan kota terbesar kedua di Indonesia bagian timur. Bali juga menjadi salah satu kota wisata yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara. Bali selalu diramaikan dengan kendaraan roda empat dan roda dua. Kode plat nomor Bali juga sudah menjadi hal yang wajib sebagai identitas kendaraan bermotor.

Kode Plat Nomor Bali

Anda juga akan menemukan banyak kendaraan dengan kode plat nomor yang beragam karena memang banyaknya pendatang di Bali. Maka anda tidak perlu bingung jika melihat banyak plat kendaraan di Bali. Namun kode plat Bali yang sebenarnya yaitu DK yang merupakan nomor untuk wilayah Kota Denpasar. 

Ilustrasi plat nomor kendaraan di Bali
Ilustrasi plat nomor kendaraan di Bali

Namun kode plat nomor bukan hanya di Denpasar saja namun juga di kabupaten lainnya dengan yang membedakannya yaitu huruf di paling belakang setelah angka. Untuk kode plat nomor kendaraan sesuai dengan kabupatennya masing-masing yaitu: 


  • Kabupaten Badung memiliki plat nomor DK dan kode belakang F**/J*/O*
  • Kabupaten Tabanan memiliki plat nomor DK dan kode belakang G**/H*
  • Kabupaten Gianyar memiliki plat nomor DK dan kode belakang K**/L*
  • Kabupaten Klungkung memiliki plat nomor DK dan kode belakang M**/N*
  • Kabupaten Bangli memiliki plat nomor DK dan kode belakang P**/R*
  • Kabupaten Karangasem memiliki plat nomor DK dan kode belakang S**/T*
  • Kabupaten Buleleng memiliki plat nomor DK dan kode belakang U**/V*
  • Kabupaten Jembrana memiliki plat nomor DK dan kode belakang W**/Z*
  • Kota Denpasar memiliki plat nomor DK dan kode belakang A**/B*/C*/D*/E*/I*/Q*/X*

Cara Cek Plat Nomor Bali

Plat nomor merupakan pengenal dari semua kendaraan bermotor dan juga akan dicantumkan di STNK. Plat nomor ini bisa diibaratkan sebagai KTP-nya kendaraan bermotor sehingga wajib ada dan wajib dimiliki oleh setiap kendaraan bermotor baik itu kendaraan beroda 2, roda 4, bahkan hingga truk besar. Semuanya wajib ada sebagai tanda pengenal kendaraan. 


Untuk mengetahui informasi mengenai plat nomor kendaraan, tanggal jatuh tempo pajak, informasi pajak yang harus dibayarkan, tanggal jatuh tempo STNK, plat nomor, dan informasi kendaraan lainnya bisa diketahui dengan mendatangi Samsat. 


Namun karena saat ini era digital sudah semakin canggih maka untuk mengetahui informasi tersebut bisa dilakukan secara online sehingga tidak harus datang ke Samsat lagi agar tidak buang-buang waktu untuk mengantri.


Terdapat 4 cara yang bisa digunakan untuk mengecek informasi mengenai plat nomor kendaraan yaitu melalui Samsat online, Aplikasi Android, SMS, dan juga langsung datang ke Samsat terdekat sebagai cara yang tradisional. Saat ini cara yang sering digunakan yaitu online dan SMS. Setiap wilayah sudah memiliki caranya masing-masing sama seperti Bali. 


Cek pajak kendaraan Bali bisa melalui Badan Pajak dan Retribusi Daerah Bali dengan menggunakan info PKB (Pajak Kendaraan Bermotor). Sama halnya untuk cek pajak motor dan mobil. Yang pertama bisa menggunakan aplikasi Pajak Online yang dapat didownload di Play Store dan App Store sehingga bisa langsung menggunakan aplikasi dan mengisi data yang dibutuhkan untuk mencari informasi plat kendaraan.


Sedangkan jika melalui website bisa mengunjungi situs bapenda.baliprov.go.id/e-samsat dan untuk USS Code bisa mengetikkan kode *368*1# atau SMS ke 8893. Cek plat nomor Bali saat ini sudah lebih mudah dengan adanya teknologi yang canggih ini. Anda tidak lagi harus ke kantor Samsat terdekat sehingga bisa menghemat waktu dan tenaga. 

Next article Next Post
Previous article Previous Post