Friday, September 11, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]

Berbincang tentang kode plat nomor kendaraan bermotor, tentu Anda tahu bahwa ada perbedaan kode tersebut di setiap wilayah yang ada di Indonesia, termasuk kode plat nomor Bengkulu. Perbedaan kode plat nomor kendaraan tersebut memang disebabkan karena klasifikasi proses registrasi kendaraan di daerah masing-masing.

Kode plat nomor Bengkulu
Kode plat nomor Bengkulu

Artinya, kendaraan bermotor tersebut nantinya terdaftar di daerah sesuai dengan kode awalan plat nomor. Tentu saja, hal ini berkaitan dengan pembayaran pajak kendaraan bermotor baik tahunan atau 5 tahun sekali yang akan masuk ke pendapatan daerah. 


Bengkulu sendiri merupakan salah satu provinsi di Pulau Sumatera yang memiliki perkembangan kendaraan bermotor yang cukup signifikan dari waktu ke waktu. Tentu saja, Anda yang memiliki kendaraan motor di Bengkulu tidak hanya perlu mengetahui kode plat nomor kendaraannya saja, namun juga konsekuensinya, terutama pajak.


Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang plat nomor kendaraan Bengkulu dan detail lainnya. Simak beberapa ulasan di bawah ini. 

Detail Kode Plat Nomor Bengkulu dan Kode Belakang

Kode depan untuk plat nomor kendaraan bermotor di Provinsi Bengkulu adalah BD. Hanya saja, ada beberapa perbedaan dalam kode belakang plat nomor yang digunakan. Perbedaan ini didasarkan pembagian wilayah Provinsi Bengkulu. Tentu saja, pembedaan juga dimaksudkan untuk mempermudah proses identifikasi kendaraan bermotor berdasarkan daerahnya.


Adapun detail plat nomor kendaraan Bengkulu berikut kode belakang yang digunakan adalah sebagai berikut:


  • Kota Bengkulu: BD – kode belakang A*, C*, E*, dan L*
  • Kabupaten Bengkulu Selatan: BD – kode belakang B* dan M*
  • Kabupaten Bengkulu Utara: BD – kode belakang D* dan S*
  • Kabupaten Kepahiang: BD – kode belakang G*
  • Kabupaten Lebong: BD – kode belakang H*
  • Kabupaten Rejang Lebong: BD – kode belakang K*
  • Kabupaten MukoMuko: BD – kode belakang N*
  • Kabupaten Seluma: BD – kode belakang P*
  • Kabupaten Kaur: BD – kode belakang W*
  • Kabupaten Bengkulu Tengah: BD – kode belakang Y*

Dari detail kode plat nomor Bengkulu di atas, bisa dilihat bahwa kode belakang plat nomor cukup bervariasi. Anda bisa mengecek plat nomor kendaraan Anda dan mencocokkannya dengan daerah pembagian tersebut. 


Perlu diketahui bahwa plat nomor kendaraan Bengkulu tersebut memiliki masa aktif. Artinya, ada waktu di mana Anda harus melakukan perpanjangan masa berlaku dan juga penggantian plat. Oleh karenanya, pengecekan informasi plat nomor perlu untuk dilakukan, terlebih untuk urusan perpajakan.

Cara Cek Informasi Plat Nomor Kendaraan Bengkulu

Untuk mengecek informasi terkait data pemilik ataupun informasi tentang pajak kendaraan bermotor di Bengkulu, Anda bisa menggunakan sistem online yang disediakan. Sistem ini memberikan kemudahan dan kecepatan akses informasi yang cukup membantu.


Adapun langkah yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:


  1. Kunjungi website https://pajak.intipinfo.com/bengkulu/bengkulu/
  2. Jika sudah, masukkan data sesuai dengan form yang disediakan, yaitu kode plat kendaraan, nomor plat, nomor seri dan 5 digit terakhir nomor rangka lalu masukkan nama provinsi
  3. Klik tombol cek lalu tunggu sistem menampilkan detail informasi yang Anda butuhkan

Selain menggunakan website tersebut, pemerintah bekerja sama dengan kepolisian Bengkulu juga menyediakan layanan cek pajak kendaraan bermotor melalui SMS. Anda bisa mengirimkan SMS dengan format esamsatbkl#nomorpolisi kendaraan Anda ke 0811 7321811 lalu melakukan pembayaran di ATM.


Demikian beberapa informasi tentang kode plat nomor Bengkulu dan cara pengecekannya yang mudah. Semoga bermanfaat. 

Next article Next Post
Previous article Previous Post