Sunday, September 20, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]

Sudah menjadi hal yang wajib bahwa setiap kendaraan harus memiliki plat nomor bukan hanya di Indonesia namun juga negara lainnya. Di Indonesia, setiap wilayah memiliki kode plat nomornya masing-masing misalnya kode plat nomor Maluku Utara DG, plat nomor DKI Jakarta B, plat nomor DI Yogyakarta AB, dan lainnya.


Plat nomor atau nomor polisi harus diletakkan di bagian depan dan belakang kendaraan. Kendaraan yang sudah memiliki plat nomor artinya sudah terdaftar dan registrasi pajak di Samsat wilayah masing-masing dan juga sudah mendapatkan izin operasi turun ke jalan raya.


Jadi plat nomor juga membedakan kepemilikan kendaraan, membedakan kendaraan dengan tipe yang sama, bahkan untuk mengurus kendaraan bermasalah atau hilang. Setiap pengurusan plat nomor kendaraan juga akan diikutsertakan dengan STNK. 

Daftar kode plat Maluku Utara
Daftar kode plat Maluku Utara

Warna dasar plat nomor setiap jenis kendaraan berbeda-beda di mana kendaraan pribadi yaitu warna hitam tulisan putih, kendaraan bermotor umum warna kuning tulisan hitam, kendaraan bermotor dinas milik pemerintah warna merah tulisan putih, kendaraan bermotor korps diplomatik asing warna putih/merah tulisan hitam, dan kendaraan bermotor milik anggota TNI warna hijau logo bintang. 

Kode Plat Nomor Maluku Utara

Maluku Utara merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terbentuk tanggal 4 Oktober 1999 yang sebelumnya merupakan bagian dari Provinsi Maluku. Provinsi Maluku Utara sudah mencapai 2,2 juta jiwa penduduk pada akhir tahun 2019.


Awalnya ibu kota Provinsi Maluku Utara yaitu Ternate namun pada 4 Agustus 2010 ibu kota provinsi dipindahkan ke kelurahan Sofifi, Kecamatan Oba Utara, Kota Tidore Kepulauan yang terletak di Pulau Halmahera.


Provinsi Maluku Utara memiliki kode plat kendaraannya sendiri dan berbeda dengan kode plat nomor Maluku karena sudah merupakan dua provinsi yang berbeda. Kode plat nomor kendaraan Maluku yaitu DE dan kode plat nomor kendaraan Maluku Utara yaitu DG. Untuk kode belakang Maluku Utara pada masing-masing kota dan kabupatennya yaitu:

 

  • Kota Ternate memiliki kode plat nomor kendaraan DG dan kode belakang A* 
  • Kota Tidore Kepulauan memiliki kode plat nomor kendaraan DG dan kode belakang B* 
  • Kabupaten Halmahera Timur memiliki kode plat nomor kendaraan DG dan kode belakang D* 
  • Kabupaten Kepulauan Sula memiliki kode plat nomor kendaraan DG dan kode belakang E* 
  • Kabupaten Halmahera Selatan memiliki kode plat nomor kendaraan DG dan kode belakang K* 
  • Kabupaten Halmahera Tengah memiliki kode plat nomor kendaraan DG dan kode belakang L* 
  • Kabupaten Halmahera Barat memiliki kode plat nomor kendaraan DG dan kode belakang M* 
  • Kabupaten Halmahera Utara memiliki kode plat nomor kendaraan DG dan kode belakang N* 
  • Kabupaten Pulau Morotai memiliki kode plat nomor kendaraan DG dan kode belakang U*

Cara Cek Plat Nomor Maluku Utara

Samsat menjadi salah satunya cara untuk mengecek plat nomor dan juga informasi kendaraan seperti pajak dan STNK. Namun sejak adanya e-Samsat, pengecekan sudah lebih mudah karena dapat dilakukan secara online. Dengan ini maka anda tidak harus lagi keluar rumah dan mengantri di kantor Samsat.


Cukup mengunduh aplikasi e-Samsat Maluku Utara di Play Store atau App Store ke ponsel anda. Anda cukup mendaftarkan diri secara online dengan aplikasi kemudian isi data yang diminta seperti plat nomor Maluku Utara dan juga NIK, setelah itu akan muncul informasi berupa jumlah pajak yang harus dibayar dan juga tanggal jatuh temponya.

Next article Next Post
Previous article Previous Post