Friday, September 11, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]

Setiap daerah di Indonesia memiliki tanpa nomor kendaraan bermotor atau TNKB yang berbeda. Hal ini dikarenakan kode plat tersebut digunakan untuk proses registrasi serta legalitas kendaraan yang digunakan. Nah, berbincang tentang kode plat nomor, kita akan membahas tentang kode plat nomor Kepulauan Bangka Belitung yang tentu berbeda dengan provinsi lain.


Perlu diketahui bahwa pengetahuan tentang kode plat tersebut cukup penting, terutama untuk membantu pengurusan jual beli kendaraan bermotor tangan kedua dan permintaan mutasi. Juga, kode plat tersebut adalah identitas untuk pembayaran pajak, dimana pajak yang dibayarkan pengguna kendaraan bermotor akan masuk ke kas daerah.

Ilustrasi plat Nomor Babel
Ilustrasi plat Nomor Babel

Nah, kode plat nomor kendaraan di Kepulauan Bangka Belitung sendiri adalah BN. Semua kendaraan bermotor di wilayah provinsi ini tentu memiliki kode awal yang sama. Hanya saja, nantinya ada perbedaan pada kode belakang plat yang dibagi sesuai wilayah, seperti Pangkal Pinang dengan kode A*, atau Bangka dengan kode B*.

Daftar Lengkap Kode Plat Nomor Kepulauan Bangka Belitung 

Sebagaimana disinggung di awal, kode plat nomor adalah kode registrasi kendaraan, terutama untuk masalah pembayaran pajak. Nah, kode plat nomor Kepulauan Bangka Belitung sendiri adalah BN dengan beberapa variasi kode belakang.


Adapun kode plat nomor di provinsi ini secara lebih lengkap adalah sebagai berikut:


  • Kota Pangkal Pinang: BN – kode belakang A*
  • Kabupaten Bangka: BN – kode belakang B*
  • Kabupaten Bangka Tengah: BN – kode belakang C*
  • Kabupaten Bangka Barat: BN – kode belakang D*
  • Kabupaten Bangka Selatan: BN – kode belakang E*
  • Kabupaten Belitung: BN – kode belakang F*
  • Kabupaten Belitung Timur: BN – kode belakang G*

Dari beberapa poin di atas bisa dilihat bahwa kode belakang untuk plat nomor kendaraan di Kepulauan Bangka Belitung cukup bervariasi. Selain itu, tentu saja perlu diperhatikan jika plat nomor tersebut memiliki masa berlaku yang harus diperpanjang setiap tahun dan diganti per 5 tahun.


Pengurusan perpanjangan dan penggantian plat nomor tersebut nantinya akan dilaksanakan di kantor SAMSAT Kepulauan Bangka Belitung. Dalam hal ini, pengecekan informasi tentang plat nomor menjadi sesuatu hal yang cukup penting, terutama menyangkut legalitas plat tersebut hingga besaran pajak yang harus dibayarkan dan juga tanggal jatuh tempo pembayaran.

Cara Cek Informasi Plat Nomor Kendaraan Bermotor Kep. Babel

Pengecekan informasi plat nomor kendaraan di Kepulauan Bangka Belitung bisa dilakukan secara online. Kemudahan ini tentu akan sangat membantu karena pemilik kendaraan bermotor bisa mengetahui informasi yang mereka butuhkan dengan cepat dan tepat kapan saja serta di mana saja.


Dalam hal ini, Anda bisa mengunduh aplikasi SLALU RINDU yang disediakan oleh Kepolisian Kepulauan Bangka Belitung. Ini adalah aplikasi yang terintegrasi dengan berbagai menu, termasuk informasi kendaraan bermotor, pengurusan plat dan lainnya.


Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda bisa mengikuti beberapa step di bawah ini:


  1. Unduh aplikasi SLALU RINDU melalui Google Play untuk pengguna Android
  2. Daftar dengan menggunakan akun yang terintegrasi dengan akun Gmail 
  3. Masuk ke menu utama aplikasi dan pilih menu mengenai informasi kendaraan
  4. Masukkan data sesuai kolom yang disediakan, seperti nama, nomor plat dan lainnya
  5. Klik perintah cek informasi
  6. Tunggu hingga informasi yang Anda butuhkan disajikan di layar dengan lengkap

Nah, demikian beberapa informasi tentang kode plat nomor Kepulauan Bangka Belitung yang perlu diketahui. Unduh aplikasi tersebut dan dapatkan akses yang mudah untuk memenuhi keperluan Anda.

Next article Next Post
Previous article Previous Post