Monday, August 3, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]
Menjadi hal paling identik dari semua jenis kendaraan bermotor, plat nomor atau nomor polisi (Nopol) biasanya juga dikenal dengan sebutan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB). Berbicara mengenai fungsinya, plat nomor sudah pasti memiliki fungsi penting bagi sebuah kendaraan.

Plat nomor terbuat dari bahan aluminium dan sampai sekarang menjadi tanda kendaraan bermotor di berbagai negara, termasuk Indonesia. Mengingat akan pentingnya keberadaan plat nomor jadi pastikan plat nomor kendaraan Anda telah terdaftar di kantor bersama Samsat. Berikut adalah daftar lengkap plat nomor W dan daftar kode belakangnya yang harus Anda tahu.

Plat Nomor W dan Daftar Kode Belakangnya

Penggunaan plat nomor kendaraan bermotor di Indonesia misalnya, terutama di Jawa adalah salah satu warisan sejak zaman Hindia Belanda, yang menggunakan kode atau seri wilayah berdasarkan pembagian wilayah Karesidenan. Karena menjadi hal identik dari sebuah kendaraan bermotor, beberapa plat nomor menggunakan nomor yang berbeda – beda, bahkan bisa dikatakan sangat unik sekali.
Plat nomor kendaraan W untuk wilayah Sidoarjo
Plat nomor kendaraan W untuk wilayah Sidoarjo

Dibuat di kantor Samsat, plat nomor pastinya tidak boleh dibuat secara sembarangan dan harus sesuai dengan peraturan yang berlaku. Dikarenakan semua plat nomor kendaraan bermotor memiliki seri tersendiri, khususnya untuk plat nomor seri “W” merupakan plat nomor yang ditujukan untuk kawasan Karesidenan Jawa Timur, kecuali Surabaya. Pada umumnya, plat nomor dibuat dengan cetakan tulisan dua baris.

  • Baris pertama menunjukkan kode wilayah, nomor polisi, dan kode atau seri akhir wilayah.
  • Baris kedua menunjukkan bulan dan tahun masa berlakunya plat nomor tersebut, dimana masing – masing dua digit. Contohnya, 01.25 yang artinya plat nomor berlaku hingga Januari 2025.

Kembali ke pokok pembahasan di awal, berikut adalah plat nomor W dan daftar kode belakangnya yang penting Anda ketahui.

  • Kabupaten Gresik memiliki plat nomor W dan kode belakang A*/B*/C*/D*/E*/F*/G*/H*/I*/J*/K*/L*/M*.
  • Kabupaten Sidoarjo memiliki plat nomor W dan kode belakang N*/O*/P*/Q*/R*/S*/T*/U*/V*/W*/X*/Y*/Z*.

Plat nomor kendaraan dengan seri “W” dengan kode belakangnya memiliki peranan penting, sebab ini akan membantu pengguna atau pemilik kendaraan bermotor untuk mendapatkan identitas wilayah dari kendaraannya tersebut. Oleh karenanya, apabila plat nomor kendaraan yang Anda miliki sudah mati atau habis masa berlakunya, maka perlu diperbaharui lagi. Dengan demikian Anda tidak akan terkena masalah ketika menggunakan kendaraan tersebut di jalan raya. Perbedaan seri atau kode plat nomor kendaraan juga ditujukkan untuk mempermudah proses identifikasi.

Sebagai tambahan informasi, di Indonesia setidaknya ada sekitar 33 provinsi, dimana tiap provinsi yang ada masih dibagi menjadi beberapa wilayah lagi, atau yang disebut dengan kabupaten. Tentu saja yanga demikian berimbas pada sebuah identitas kendaraan bermotor. Diketahui, di jalan raya dari waktu ke waktu semakin banyak saja terlihat kendaraan bermotor, baik yang beroda dua maupun empat dengan menggunakan nomor yang berbeda – beda. Plat nomor tersebut adalah identitas kendaraan yang sudah pasti memiliki makna tersendiri.

Setidaknya ada beberapa bagian nomor plat nomor kendaraan yang penting untuk diketahui, antara lain bagian depan yang menunjukkan wilayah suatu daerah. Lalu ada bagian angka atau bagian tengah yang menunjukkan arti kode pribadi. Berikutnya adalah seri belakang yang menunjukkan spesifikasi wilayah tersebut.

Terutama untuk kawasan Karesidenan Jawa Timur memiliki beberapa wilayah kabupaten. Wilayah ini nanti menunjukkan spesifikasi seri belakang pada plat nomor kendaraan. Namun demikian, untuk Karesidenan Jawa Timur dibagi menjadi dua kabupaten, kecuali Surabaya.

Demikianlah informasi seputar plat nomor W dan daftar kode belakangnya. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Next article Next Post
Previous article Previous Post