Thursday, June 25, 2020

author photo June 25, 2020

Daftar isi [Tampil]
Bus Simulator Indonesia atau BUSSID adalah game simulasi mengendarai bus dan truk asli Indonesia. Dalam game ini, Anda bisa mengendarai beragam jenis bus dan truk di rute dan jalan di Indonesia. Game untuk perangkat Android ini bisa Anda download dan instal dari Google Play Store secara gratis. Edisi terbaru dari game ini adalah versi 3.3.3 dengan beberapa update dan perbaikan di beberapa sektor.
Modifikasi bus wisata dengan Bussid via YouTube
Modifikasi bus wisata dengan Bussid via YouTube

Hadirnya aplikasi game BUSSID ini adalah angin segar untuk industri game di Indonesia, terutama di sektor mobile gaming. Hadir sejak 2017, BUSSID perlahan menjadi game lokal yang berhasil mengumpulkan penggemar setia. Tidak sedikit dari Mereka, meluangkan waktunya untuk membuat mod khusus untuk game tersebut. Adanya mod tersebut semakin memeriahkan BUSSID sekaligus melengkapi fitur yang tidak disediakan pihak pengembang.

Gameplay dan Fitur BUSSID

Pernah memainkan game American Truck Simulator atau Mudrunner? Jangan-jangan Anda penggemar berat game semacam itu? Nah, BUSSID ini adalah game yang sama dengan dunia yang berbeda. Jika dalam game-game tersebut, Anda akan memainkan peran sebagai sopir truk di Amerika Serikat, maka dalam BUSSID, Anda akan menjadi sopir truk di Indonesia. Jangan salah, menjadi sopir truk bisa menjadi obsesi tersembunyi.
Fitur Modifikasi Bus

BUSSID berusaha merealisasikan obsesi tersebut dengan menghadirkan beragam jenis bus dan truk lokal. Tidak main-main, desain dan tampilan kendaraannya Indonesia sekali. Tidak hanya itu, Anda juga akan menyetir dan berpetualang di rute-rute lokal. Nantinya, Anda bisa berkendara dari Jakarta ke Yogyakarta. Untuk urusan rute, karena game ini masih bisa berkembang, maka di masa depan rute antar daerah dijamin akan semakin banyak.
Beragam rute bus menarik
Beragam rute bus menarik

Supaya lebih spesifik dan lebih mudah Anda bayangkan, berikut adalah fitur-fitur yang ada pada BUSSID.

  • Anda bisa mendesain bus dan truk sendiri.
  • Semua asli Indonesia, dari mulai desain bus serta jalan-jalan yang akan Anda lalui.
  • Tidak lengkap dunia transportasi Indonesia tanpa klakson khas Om Telolet Om.
  • Kualitas grafis yang oke dan meyakinkan.
  • Kontrol yang mudah dikuasai dan dijamin nyaman dimainkan.
  • Sistem leaderboard yang membuat game kompetitif,
  • Sistem penyimpanan data yang tersimpan otomatis.
  • Mode multiplayer online yang membuat Anda dan kawan-kawan bisa berkonvoi dalam game.
  • Dukungan untuk mod kendaraan.

Di Google Play Store, BUSSID mendapatkan penilaian yang positif serta sudah diinstal oleh lebih dari 10 juta orang. Untuk memainkan game ini, Anda perlu menggunakan perangkat dengan sistem Android 4.1 atau lebih tinggi. Kedepannya, akan ada update dan konten baru untuk game ini. Sangat disayangkan jika game ini dibiarkan begitu saja. BUSSID bisa menjadi pelopor game simulasi transportasi di Indonesia.

Lebih Asyik Main dengan Mod

Anda pasti penasaran dengan yang namanag mod. Mod sendiri adalah modifikasi dan konten yang dibuat oleh siapapun diluar pengembang game. Mod ini bisa diinstal dan digunakan dalam game. Misalkan dalam game sepak bola tidak sebuah kostum tim tidak ada lisensinya. Dibuatlah mod kostum pemain dengan lisensi. Mod tersebut kemudian dipasang di game dan bisa dinikmati siapa saja yang menggunakannya.
Simulasi menjadi pengemudi bus
Simulasi menjadi pengemudi bus
Link download mod bussidmod.bussid

Hal yang sama juga berlaku untuk BUSSID. Aplikasi mod ini sangat beragam isinya. Namun, paling banyak memang berisi kendaraan (livery) desain bus/truk. Berikut adalah beberapa mod BUSSID yang dijamin mantap.

  • Mod BUSSID Jetbus 3. Jetbus 3 ini adalah produk terbaru dari Adi Putro. Anda pasti sering melihat bus pariwisata ini wara-wiri di jalan tol.
  • Mod BUSSID Full Strobo. Bus Full Strobo adalah bis yang di badannya dipasang lampu. Pada malam hari, bus ini akan terlihat meriah.
  • Mod BUSSID Truk Hino. Truk satu ini sudah tidak asing, dari yang jenisnya truk gandeng hingga yang ikonik yaitu truk pasir.
  • Mod BUSSID Truk Gandeng. Kebayang tidak mengendarai truk gandeng lintas Pulau Jawa? Mod ini mungkin bisa memberi nda pengalaman mengendarai tipe bus yang sulit dikendarai ini.

Selain mod-mod yang telah disebutkan, masih banyak jenis mod BUSSID yang beredar luas di internet. Bahkan, ada pembuat mod yang menyertakan motor hingga mobil travel. Jangankan keduanya, mod yang menyertakan angkot juga ada. Terbayang serunya memainkan game simulator bus dan truk asli Indonesia ini. Percayalah bahwa ini sebuah permulaan. Kedepannya akan banyak muncul game-game berkualitas dari negeri ini.

Deskripsi dan Link Download Game BUSSID


ParameterDetail
Nama AplikasiBus Simulator Indonesia
Pengembang AplikasiMaleo
Rating4.3 (1,322,882)
Jumslah Install10,000,000+

Next article Next Post
Previous article Previous Post