Wednesday, September 11, 2019

author photo September 11, 2019

Daftar isi [Tampil]
Terkadang saat ingin pulang ke kampung halaman ataupun ingin merantau ke luar kota, transportasi umum tentu lebih dipilih. Namun, saat berada di kota tujuan nantinya, kendaraan pribadi terutama sepeda motor sangat dibutuhkan untuk mobilisasi setiap hari.

Maka dari itu, banyak orang yang memilih untuk mengirim sepeda motornya. Ada banyak cara atau jasa untuk mengirim motor, salah satunya adalah kereta api. Kereta api menjadi salah satu pengiriman motor favorit karena selain murah, pengirimannya juga terbilang cepat karena ada jadwal keberangkatan yang tepat waktu.
Cara dan Syarat Mengirim Motor Lewat Kereta Api
Cara dan Syarat Mengirim Motor Lewat Kereta Api

Soal keamanan tidak perlu diragukan, hal ini karena sudah ada gerbong khusus yang digunakan untuk mengangkut barang yang juga dilakukan penjagaan.

Lalu, bagaimana cara mengirim sepeda motor via kereta api dan apa saja yang harus dipersiapkan?

Persiapan Mengirim Motor via Kereta Api

Sebelum mengirim motor sebaiknya Anda perlu mengecek beberapa hal berikut demi keamanan. Bagaimanapun, sepeda motor adalah barang yang berharga dan tentunya Anda tidak ingin sepeda motor Anda kenapa-kenapa, bukan?

Dan persiapan untuk mengirim motor adalah:
1. Carilah info mengenai ekspedisi. Ada banyak sekali jasa untuk pengiriman motor. Pastikan Anda sudah mantap dengan kereta api yang akan pilih. Pertimbangkan lagi mengenai harga, keamanan, dan juga lokasi dari ekspedisi tersebut.

2. Kosongi bagasi. Demi keamanan, sebaiknya kosongkan bagasi motor Anda. Hal ini dapat mencegah hilangnya barang-barang dalam bagasi. Kalaupun mau diisi, isi saja dengan jas hujan.

3. Copot spion. Biasanya, motor akan dikirim dengan spion yang dicopot. Setelah sampai di tempat ekspedisi, Anda bisa mencopot spion motor Anda sendiri.

4. Dokumentasi. Anda bisa memfoto motor Anda dari segala sisi untuk berjaga-jaga agar apabila terjadi sesuatu dengan motor bisa diklaim ke pihak ekspedisi.

Syarat Mengirim Motor via Kereta Api

Sedangkan syarat-syarat untuk mengirim motor adalah:

1. Surat-surat yang lengkap. Yang paling utama adalah STNK asli sekaligus kunci kontak untuk diserahkan. Anda juga bisa menyertakan fotokopi BNPB atau dokumen lain. Apabila motor masih berstatus kredit, bisa turut menyertakan surat keterangan dari pihak leasing

2. Resi penerimaan. Pihak pengambil yang ada di kita tujuan dapat menunjukkan bukti resi penerimaan yang bisa dikirim melalui email atau aplikasi lain dari pihak pengirim.

3. Tangki kosong. Motor yang akan dikirim akan dikosongkan tangkinya demi alasan keamanan. Untuk itu, jangan isi penuh bensin motor Anda.

4. Jangan lupa untuk memastikan bahwa Anda melihat petugas yang mendata kondisi motor.

Tatacara pengiriman motor ke luar kota

Cara Mengirim Sepeda Motor via Kereta Api

Ketika sudah berada di tempat pengiriman motor, beberapa hal harus Anda lakukan untuk mengirimkan motor Anda adalah sebagai berikut.

1. Tanya biaya
Pastikan lagi biaya yang dibutuhkan untuk mengirim motor, termasuk biaya pengemasannya.

2. Daftarkan motor
Di bagian penitipan motor, ada form yang bisa Anda isi untuk mendaftarkan motor Anda melalui jasa pengiriman. Isilah identitas Anda beserta kelengkapan motor.

3. Tulis identitas pengambil motor
Jangan lupa untuk menuliskan identitas dan keterangan lengkap mengenai pihak yang akan menjemput motor Anda. Karena nantinya, orang-orang tersebut yang akan dihubungi oleh pihak ekspedisi.

4. Serahkan kelengkapan atau surat-surat motor
Setelah mengisi form dan identitas, Anda bisa menyerahkan segala kelengkapan motor Anda beserta surat-suratnya ke pihak ekspedisi.

5. Nomor resi
Setelah mendapat nomor resi, segera beri tahu atau kirimkan nomor resi tersebut ke penjemput motor Anda di kota tujuan.

Saat ingin mengirim motor, pastikan lagi bahwa Anda telah memenuhi apa saja yang perlu disiapkan. Selain itu, pilihlah ekspedisi yang terpercaya dan aman agar motor Anda terhindar dari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

Next article Next Post
Previous article Previous Post