Tuesday, March 20, 2018

author photo

Daftar isi [Tampil]
Alamat Service Center Dell Bandung - Dell Inc. bukanlah pemain baru dalam industri komputer dunia. Hampir seluruh negara di dunia telah menempatkan Dell sebagai salah satu merk laptop terbaik dan terfavorit.

Hal ini tidak lain karena Dell memang senantiasa memproduksi perangkat dengan bekalan spesifikasi menarik namun dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau.

Berbicara mengenai strategi, selaku pelaku bisnis, Dell memang menerapkan berbagai strategi bisnis yang cukup unik, salah satunya ialah strategi generik.

Perusahaan menempatkan bisnisnya sebagai low-cost provider, yakni senantiasa memproduksi perangkat dengan harga yang terbilang lebih miring atau lebih rendah jika dibandingkan dengan para kompetitornya.

Hal ini bukan tanpa alasan, untuk produk dengan jenis yang sama dengan kompetitornya, Dell Inc. memutuskan untuk menetapkan tingkat margin yang terlampau rendah, sehingga harga jual dari perangkat yang dijualnya tentu menjadi lebih terjangkau.

Untuk mampu melakukan pencapaian tersebut, Dell Inc. selaku pelaku bisnis komputer senantiasa melakukan analisis rantai nilai, serta menjalin kerja sama dengan para pemasok kunci yang mampu melakukan pemasokan barang dengan banderolan harga yang lebih terjangkau. Kendati demikian, kualitas produk yang disuguhkannya masih tetap tinggi.

Lantas, apa tujuan diadakannya analisis rantai nilai yang dilakukan oleh Dell ? Analisis ini rupanya mampu menghasilkan sesuatu yang signifikan, yakni perusahaan mampu menghilangkan penjualan dan pemasaran perangkat melalui reseller, melainkan ia melakukan penjualannya secara langsung ke konsumen. Dengan demikian, rantai nilai yang dimiliki oleh Dell pun dapat dikatakan lebih pendek jika dibandingkan dengan para pesaingnya.

Tidak hanya itu, Dell juga bertindak sebagai low-cost provider, dimana ia senantiasa melakukan riset dan pengembangan yang cukup besar yang bertujuan untuk melakukan pengujian terhadap perkembangan komponen perangkat keras dan perangkat lunak komputer di era saat ini.

Dell Inc. memantau dan memastikan komponen terbaru yang mampu menyuguhkan spesifikasi menggiurkan namun memiliki kos rendah. Aktivitas riset yang dilakukan oleh perusahaan untuk menentukan komponen terbaik ini bukan hal yang main-main.

Ia bahkan dapat mengeluarkan dana yang cukup besar pertahuannya, yakni antara $430 hingga $500 juta per tahun, bahkan di tahun 2008 kos mengalami peningkatan yang cukup tinggi, yakni mencapai $600 juta per tahun. 
Service center resmi Dell di Bandung
Service center resmi Dell di Bandung

Selain melakukan penjualan di store-store resminya, Dell Inc. juga melakukan penjualan secara online melalui website resminya, yakni di www.dell.com. Bahkan yang tak kalah menariknya, Dell juga menyediakan fasilitas untuk perbaikan perangkat secara online pada produk purna jual.

Salah satu tujuan adanya layanan ini ialah agar memudahkan pelanggan dalam melakukan keluhan terhadap produk Dell yang dimilikinya secara online, dimana sistem online tersebut secara langsung mampu mengidentifikasi kerusakan yang terjadi pada perangkat, sekaligus memperbaikinya. Namun, jika pelanggan kurang puas terhadap layanan tersebut, mereka dapat mengunjungi service center Dell yang tersebar luas di seluruh wilayah di Indonesia.

Di Bandung contohnya, Dell telah mendirikan sejumlah service center yang bertujuan untuk memberikan kepuasan terhadap padara pelanggannya. Berikut alamat service center Dell Bandung:

Service Center Dell Bandung

Jl. Sendi Kencana No. C-9 – 40233 Komplek Bumi Kopo Kencana
022-6001257

Next article Next Post
Previous article Previous Post