Friday, April 8, 2022

author photo

Daftar isi [Tampil]

PeduliLindungi saat ini menjadi salah satu aplikasi penting untuk menunjang kegiatan masyarakat Indonesia selama pandemi Covid-19. Anda yang ingin mengakses fasilitas pelayanan publik seperti mall, supermarket atau tempat-tempat umum lainnya diharuskan untuk scan aplikasi ini.

download pedulilindungi apk official untuk cek dan download sertifikat vaksin
download pedulilindungi apk official untuk cek dan download sertifikat vaksin

Begitu Pula jika ingin menggunakan transportasi umum seperti kereta, bus, pesawat atau kapal juga wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Karena aplikasi dalam aplikasi ini terdpaat sertifikat vaksn yang bisa kita tunjukkan dengan scan barcodenya.

#1. Cara Mudah Download PeduliLindungi Apk di Google Play Store

Bagi Anda yang menggunakan Android, mengunduh aplikasi resmi lewat Google Play Store sangat mudah. Tak butuh waktu lama terutama jika koneksi internetnya sedang sangat bagus. Berikut langkah-langkahnya:

Nama AplikasiPeduliLindungi APK Official
DeveloperKementrian Kesehatan RI
Ukuran file20.4 MB
Tanggal update6 April 2022
Link Download[Unduh]
  • Langkah 1: Buka Google Play Store yang ada di smartphone Anda.
  • Langkah 2: Ketik PeduliLindungi di pencarian.
  • Langkah 3:Nantinya akan muncul aplikasi yang Anda cari dan langsung saja klik Install.
  • Langkah 4: Butuh beberapa saat supaya aplikasi ini bisa terinstall di ponsel Anda secara otomatis.
  • Langkah 5: Jika sudah terpasang Anda bisa tekan Open dan lanjut membuat akun di dalamnya.
  • Langkah 6: Jika kamu menginstall aplikasi PeduliLindungi dari APK diatas, aktifkan dulu izin install dari sumber tidak dikenal di pengaturan Android.
    akitvasi izin install gb wa dari sumber tidak dikenal
    akitvasi izin install gb wa dari sumber tidak dikenal

#2. Cara Mudah Daftar Akun di PeduliLindungi Apk

Memasang aplikasi PeduliLindungi di ponsel sudah, sekarang giliran Anda membuat akun yang mana tak sesulit itu. Bahkan Anda hanya perlu memasukkan data-data yang umum saja. Berikut ini langkahnya agar Anda bisa menjadi bagian dari aplikasi tersebut.


  1. Langkah 1: Buka aplikasi PeduliLindungi, lalu klik tombol Mulai.
  2. Langkah 2: Kemudian tekan lagi tombol Daftar yang ada di halaman utama.
    login akun pedulinlindungi
    login akun pedulilindungi
  3. Langkah 3: Anda perlu mengisi data seperti Nama Lengkap, Nomor Telepon, NIK KTP dan juga memasukkan Alamat Email yang masih aktif hingga sekarang.
  4. Langkah 4: Lalu centang pada bagian kolom Saya Menerima Segala Isi, Syarat dan Kebijakan Privasi PeduliLindungi kemudian tekan tombol Daftar agar proses pendaftaran segera berlangsung.
  5. Langkah 5: Nah, nantinya akan ada kode OTP atau kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS di nomor telepon yang sudah Anda daftarkan. Inilah pentingnya memasukkan nomor telepon yang masih dipakai saat ini.
    masukkan no hp untuk login atau daftar pedulilindungi
    masukkan no hp untuk login atau daftar pedulilindungi

  6. Langkah 6: Kalau sudah memverifikasi kode-nya, maka Anda sudah terdaftar di aplikasi PeduliLindungi dan bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk perjalanan Anda.

Anda juga bisa melakukan pendaftaran akun Peduli lewat aplikasi website dengan PC. Untuk cara pendaftarnya juga sama dengan cara mendaftar lewat smartphone. Namun, jika Anda sudah memiliki aplikasinya maka akan lebih baik apabila melakukan pendaftaran dari aplikasi saja.

#3. Cara Mudah Download Sertifikat Vaksin PeduliLindungi Apk

Perlu Anda ketahui bahwa jika Anda telah melakukan vaksin covid-19, maka akan ada sertifikat yang diberikan sebagai bukti bahwa Anda sudah mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Ini bisa dijadikan sebagai bukti jika Anda mau pergi atau masuk ke suatu tempat.


Sertifikat vaksin sendiri bisa dicek di PeduliLindungi apk dengan mudah, bahkan Anda juga bisa mengunduhnya dan menyimpan di ponsel Anda. Namun, tak banyak yang tahu cara bagaimana mengunduh sertifikat vaksin ini. Jika Anda salah satunya, maka simak tutorial di bawah ini.


  1. Langkah 1: Silakan Log In ke APK PeduliLundungi
  2. Langkah 2: Cari menu Sertifikat Vaksin dan klik
    cara cek dan download sertifikat vaksin terbaru
    cara cek dan download sertifikat vaksin terbaru
  3. Langkah 3: Tunggu hingga mucul informasi terkait sertivikat vaksin
  4. Langkah 4: Klik salah satu sertifikat yang Anda butuhkan
  5. Langkah 5: Tekan tombol Unduh Sertifikat agar bisa langsung tersimpan di galeri ponsel.

Perlu Anda ketahui bahwa sertifikat vaksin menyangkut data-data yang penting di dalamnya seperti nomor KTP Anda, nama dan lain-lain. Jadi, jangan pernah membagikan sertifikat tersebut di media sosial dengan mudah, apalagi tanpa di blur pada bagian datanya.


Sertifikat tersebut hanya digunakan sebagai data pelengkap saja dan semestinya hanya ditunjukkan kepada para petugas yang memiliki wewenang, tidak untuk dipamerkan. Namun, Anda juga tidak perlu mencetaknya langsung karena biasanya versi digital saja sudah cukup untuk diberikan kepada petugas.


Selain mengunduh sertifikat vaksin lewat PeduliLindungi apk, Anda juga bisa mengunduh lewat website resminya. Kemudian ada juga yang bisa mengunduh lewat WhatsApp. Namun, lewat manapun itu tetap sama saja mudahnya.

#4. Cara Mudah Cek Tiket Vaksin Booster Aplikasi PeduliLindungi

Setelah melakukan vaksinasi dari dosis 1 dan 2, kini ada juga vaksin booster yang diperuntukkan bagi masyarakat usia 18 tahun ke atas. Mengingat variasi virus covid-19 saat ini terus berkembang dan membuat banyak tenaga medis jadi kewalahan.


Selain persyaratan usia, syarat lain untuk menerima vaksin booster ini adalah menunjukkan NIK dari KTP atau KK, bisa juga melalui aplikasi PeduliLindungi yang mungkin sudah Anda pasang di ponsel.


Kemudian syarat lainnya ialah sudah memperoleh vaksin primer dengan dosis lengkap setidaknya dari 6 bulan sebelum ini. Vaksin booster ini sendiri sangat diprioritaskan bagi para lansia di luar sana, kelompok rentan serta ibu hamil yang sudah melalui konsultasi dari dokter bersangkutan. 


Untuk mengecek tiket dan juga jadwal dari vaksin ini, Anda bisa mencobanya lewat PeduliLindungi apk. Cara mengeceknya juga sangat mudah tinggai ikuti langkah di bawah ini: 


  1. Langkah 1: Update aplikasI PeduliLindungi terlebih dahulu.
  2. Langkah 2: Lalu segera login menggunakan akun yang sudah kamu daftarkan.
  3. Langkah 3: Nantinya akan dikirimkan kode OTP ke nomor ponsel dan masukkan kode tersebut di kolom yang sudah disediakan.
  4. Langkah 4: Klik menu Profil, cari opsi Status Vaksinasi & Hasil Tes Covid-19.
  5. Langkah 5: Scroll ke bawah untuk menemukan status serta jadwal dari dilakukannya vaksin booster.
  6. Langkah 6: Lalu jika Anda ingin melakukan pengecekan terhadap tiket vaksin, maka tinggal klik saja Riwayat & Tiket Vaksin yang berada di bagian menu Profil.
    cara dapat tiket vaksin di aplikasi pedulilindungi
    cara dapat tiket vaksin di aplikasi pedulilindungi
  7. Langkah 7: Nantinya informasi terkait vaksin booster ini akan muncul termasuk lokasi yang mengadakannya.

Meskipun Anda tidak mendapatkan jadwal dan tiket, tapi termasuk dalam kelompok prioritas untuk mendapatkan vaksin booster, maka bisa langsung kunjungi tempat pelayanan kesehatan tersedia. Tentu saja jangan lupa membawa KTP, juga kartu vaksin dari dosis 1 serta dosis 2.

QnA yang menyangkut tentang Aplikasi PeduliLindungi

Dari penjelasan diatas, mungkin ada beberapa hal yang belum Anda pahami. Untuk itu, berikut QnA terakait aplikasi PeduliLindungi yang sering ditanyakan oleh banyak orang:

Kenapa Daftar PeduliLindungi Tidak Bisa?

Kesulitan mendaftar PeduliLindungi bukan berarti ada masalah dengan ponsel Anda. Bisa jadi hal ini karena koneksi internet yang sedang lemot, atau aplikasi sedang terjadi eror. Jadi, Anda harus menunggu untuk beberapa saat. 

Kenapa Ada Warna Merah di Aplikasi PeduliLindungi?

Sebenarnya warna merah pada aplikasi PeduliLindungi menandakan bahwa Anda belum menerima vaksinasi covid-19. Sehingga segera lakukan vaksinasi agar statusnya berubah.

Bagaimana Cara Update Aplikasi PeduliLindungi?

Biasanya untuk update aplikasi, Anda hanya perlu melakukannya lewat Google Play Store. Nantinya akan ada tombol Update yang bisa Anda klik dan tunggu hingga prosesnya selesai. Barulah Anda kemudian bisa login ulang aplikasi dan menikmati fiturnya.

Bagaimana Cara Scan QR Code PeduliLindungi?

scan kode qr pedulilindungi dengan mengaktifkan izin akses lokasi
scan kode qr pedulilindungi dengan mengaktifkan izin akses lokasi

Saat sudah login, Anda hanya harus mencari pilihan menu yang ada di paling atas dengan tulisan 'Masuk ke Ruang Publik?'. Setelahnya klik opsi Scan QR Code dan aplikasi akan membuka kamera, kemudian dekatkan kamera pada QR code yang sudah tersedia dan tunggu proses pemindaian selesai. 


Jangan lupa untuk aktifkan fitur pelacakan GPS berlogo location pin point di ponsel Anda saat melakukan scan qr di aplikasi PeduliLindungi. 


Sangat mudah menggunakan PeduliLindungi apk dari Autobild.co.id diatas. Semua hal dilakukan untuk memastikan masyarakat Indonesia tetap sehat-sehat saja. Jadi, Anda juga semestinya harus mematuhi peraturan yang ada dan tidak melanggarnya begitu saja.

Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
×