Saturday, June 25, 2022

author photo June 25, 2022

Daftar isi [Tampil]

Seringkali, plat nomor dipahami dengan istilah TNKB atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor. Di Indonesia, setiap wilayah memiliki kode yang berbeda-beda yang digunakan untuk acuan registrasi kendaraan bermotor serta kaitannya dengan pajak. Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang kode plat nomor Sumatera Barat serta kode belakang yang mengikutinya.

plat nomror sumatera barat
Ilustrasi plat nomor Sumatera Barat

Tentu saja, pengetahuan tentang kode plat kendaraan bermotor ini cukup penting agar pengurusan surat dan pajak tentang kendaraan nantinya bisa dipermudah. Selain itu, perlu diketahui bahwa plat sebenarnya juga menentukan jenis kendaraan bermotor yang dibedakan dengan warnanya.


Plat nomor hitam misalnya adalah plat untuk tipe kendaraan bermotor pribadi, sedangkan plat nomor merah untuk kendaraan dinas dan plat nomor kuning untuk kendaraan umum. Tentu, warna yang berbeda nantinya akan mempengaruhi besaran pajak serta pengurusan lainnya. 

Daftar Lengkap Kode Plat Nomor Sumatera Barat

Kode depan untuk plat nomor kendaraan Sumatera Barat sendiri adalah BA. Namun, ada beberapa kode belakang dari plat nomor tersebut yang berbeda di mana disesuaikan dengan pembagian wilayah.


Adapun daftar lengkap dari plat nomor kendaraan Sumatera Barat termasuk kode belakang dan nama daerahnya adalah sebagai berikut:


  • Kota Padang: BA – kode belakang A*/B*/O*/Q*/R*
  • Kabupaten Lima Puluh Kota: BA – kode belakang C* atau X*
  • Kabupaten Pasaman: BA – kode belakang D*
  • Kabupaten Tanah Datar: BA – kode belakang E*
  • Kabupaten Padang Pariaman: BA – kode belakang F*
  • Kabupaten Pesisir Selatan: BA – kode belakang G* dan I*
  • Kabupaten Solok: BA – kode belakang H*
  • Kabupaten Pasaman Barat: BA – kode belakang S*
  • Kabupaten Agam: BA – kode belakang T* dan Z*
  • Kabupaten Kepulauan Mentawai: BA – kode belakang U*
  • Kabupaten Dharmasraya: BA – kode belakang V*
  • Kota Pariaman: BA – kode belakang W*
  • Kabupaten Solok Selatan: BA – kode belakang Y*

Dari daftar kode plat nomor Sumatera Barat di atas, bisa dilihat ada cukup banyak variasi terutama pada kode belakang plat. Hal ini dikarenakan pembagian wilayah di Sumatera Barat cukup banyak dan masing-masing memiliki kode unik plat tersendiri. 

Cara Mengecek Status Kode Plat Nomor Sumatera Barat

Sebagaimana diketahui di awal bahwa plat nomor kendaraan Sumatera Barat akan berhubungan dengan pembiayaan pajak kendaraan pada negara. Pengurusan terkait pajak bisa dilakukan di SAMSAT setempat.


Nah, saat ini sudah tersedia e-SAMSAT yang disediakan oleh pemerintah Sumatera Barat untuk memudahkan pengecekan status plat nomor kendaraan. Cara pengecekannya pun cukup mudah, yaitu:


  • Kunjungi e-SAMSAT Sumatera Barat dengan cara klik alamat website https://dpkd.sumbarprov.go.id/info-pkb.html
  • Jika sudah, pilih menu yang Anda inginkan, yaitu cek pajak kendaraan bermotor atau registrasi untuk mendapatkan informasi mengenai jatuh tempo atau jadwal pembayaran pajak melalui SMS secara gratis
  • Isi data sesuai dengan perintah yang tertera dan klik action button yang tersedia
  • Sistem akan secara otomatis menampilkan informasi terkait plat nomor dan ketentuannya dengan lengkap


Adanya sistem pengecekan elektronik ini tentu akan memudahkan Anda melakukan pengecekan di mana saja dan kapan saja. Selain menggunakan situs e-SAMSAT dari pemerintah Sumatera Barat, Anda juga bisa menggunakan aplikasi cek pajak dan nomor plat kendaraan yang bisa didapatkan di Google Play atau App Store.

Jalan Rawan Razia di Sumatera Barat

Di Sumatera Barat, razia lalu lintas atau operasi zebra sering kali dilakukan di beberapa titik yang sering terjadi tindakan pelanggaran lalu lintas karena padatnya aktivitas para pengendara. Razia lalu lintas atau operasi zebra tersebut dilakukan oleh para petugas setempat yang berguna untuk mengurangi terjadinya tingkat tindakan kriminal sekaligus untuk menertibkan lalu lintas di jalan.


Adanya hal ini mengharuskan para pengguna untuk selalu memakai helm dan mematuhi aturan serta rambu lalu lintas yang ada, dan inilah jalan yang rawan razia di Sumatera Barat di daerah Bukit Daun, Sijunjung dan lain sebagainya.

Alamat Samsat dan Polres di Sumatera Barat

Buat kamu yang ingin memperpanjang SIM,mengurus BBNKB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor) ataupun registrasi untuk identifikasi kendaraan bermotor bisa langsung menuju lokasi di beberapa Samsat yang tersebar di Sumatera Barat seperti Samsat padang yang berlokasi di Jalan Asahan No. 2m Rimbo Kaluang, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat.


Plat nomor Sumatera Barat BA, bisa juga di Samsat Bukittinggi yang beralamat di Jalan Medan Lama Gadut,Gadut, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Sedangkan untuk Polres Padang berlokasi di Jalan Moh. Yamin, Belakang Padang, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat untuk membuat SKCK ataupun memperpanjang SKCK itu sendiri.


Nah, demikian beberapa ulasan tentang kode plat nomor Sumatera Barat berikut kode belakang yang mengikutinya. Cek status plat nomor kendaraan yang Anda gunakan dan jangan lupa untuk membayar kewajiban pajak kendaraan bermotor tepat waktu sebagai bukti ketaatan pada hukum yang berlaku di negara.

Next article Next Post
Previous article Previous Post