Wednesday, October 13, 2021

author photo

Daftar isi [Tampil]

Ada beberapa alasan mengapa seseorang memutuskan untuk download WhatsApp versi lama. Alasan pertama adalah ponsel yang digunakan tidak mendukung versi terbaru. Alasan yang kedua adalah aplikasi versi terbaru sering mengalami error sehingga tidak bisa digunakan secara maksimal.


Untuk mengatasi hal itu, Anda disarankan untuk menggunakan WhatsApp versi lama. Versi ini merupakan APK dari aplikasi yang belum diperbarui. Jadi kemungkinan besar tidak akan menyebabkan masalah dan cocok dengan berbagai jenis ponsel.

download wa apk versi lama
download wa apk versi lama

Fitur dari WhatsApp

Ada beberapa fitur dari WhatsApp yang sering digunakan oleh masyarakat setiap harinya. Baik versi baru maupun lawas kemungkinan besar terdapat fitur di bawah ini:

1. Ubah Mode Gelap

Pada beberapa aplikasi versi lama sudah menyisipkan mode gelap sehingga pengguna bisa mengubahnya sesuai dengan kebutuhan mereka. Biasanya aplikasi WhatsApp yang bisa diubah ke mode gelap tergantung dengan jenis ponsel yang mereka gunakan. 


Apabila pada ponsel sudah mendukung hal tersebut kemungkinan besar fitur ini bisa digunakan dengan baik.

2. Emoji yang Lebih Banyak

Koleksi emoji semakin melimpah. Saat melakukan chatting bisa lebih berwarna dan tidak monoton. Bahkan, ada kemungkinan koleksi dari GIF menjadi tidak terbatas.

3. Antarmuka Baru

Antarmuka dari aplikasi sedikit mengalami perbedaan. Hal ini membuat WhatsApp terlihat lebih elegan meski pada versi lama sekalipun.

4. Lebih Ringan

Aplikasi menjadi lebih ringan saat digunakan. Itulah kenapa aplikasi WhatsApp model lama masih bisa dimanfaatkan untuk ponsel dengan spesifikasi standar.

5. Enkripsi Pesan

Fitur terakhir yang dimiliki WhatsApp adalah proses enkripsi dari pesan yang dikirim kepada orang lain. Proses enkripsi ini berjalan sangat baik sehingga tidak akan bisa melakukan proses penyadapan.


Semua pesan yang dikirim dan diterima akan aman sehingga tidak akan menyebabkan masalah. Bahkan, pihak dari WhatsApp sendiri tidak akan bisa mengintip apa saja pesan yang dikirim.

Kelebihan WhatsApp

Untuk kelebihan dari WhatsApp itu sendiri, Anda bisa menyimak selengkapnya dalam pembahasan berikut ini:


  • Tidak perlu melakukan invite kontak karena selama ada nomor dari orang lain yang tersimpan di sana akun dari WhatsApp akan langsung muncul.
  • Kemudahan dalam mengirim berbagai jenis data, mulai dari gambar, video, hingga dokumen.
  • Aplikasi juga bisa digunakan untuk melakukan video call tanpa ada hambatan sama sekali.
  • Whatsapp juga bisa dibuka melalui browser sehingga lebih memudahkan seseorang dalam bekerja.

Perbedaan Versi Baru dan Lama

perbedaan wa versi lama v versi baru
perbedaan wa versi lama v versi baru
Secara umum perbedaan antara versi lama dan baru tidak terlalu signifikan. Tetapi, perbedaan masih bisa dilihat dari tabel di bawah ini:

WhatsApp versi lamaWhatsApp versi baru
Kemungkinan besar bisa cocok dengan berbagai jenis ponsel khususnya yang memiliki spesifikasi cukup rendah. Inilah alasan mengapa WhatsApp versi lama sering dipilih untuk dipasang pada beberapa jenis ponsel.  Jadi tidak akan ada masalah seperti munculnya bug.Versi yang paling baru sebenarnya bisa cocok juga dengan berbagai jenis ponsel.  Meski demikian beberapa ponsel khususnya yang versi lama tidak akan bisa memasang WhatsApp orangnya karena sudah tidak didukung lagi. Apabila Anda menggunakan ponsel versi terbaru tidak akan ada masalah apakah menggunakan versi baru atau versi lama.
Aplikasi WhatsApp versi lama bisa didapatkan dari situs pihak ketiga yang mengunggah aplikasi dalam bentuk APK.  Jadi semua aplikasi versi lawas tersedia disini untuk bisa digunakan secara langsung.  Selama aplikasi WhatsApp lama masih menggunakan APK asli, kemungkinan besar bisa melakukan update dengan Play Store.Bisa didapatkan secara langsung dengan mengakses Play Store.  Selain itu pada saat akan melakukan update juga bisa langsung menggunakan platform ini secara langsung dan otomatis. Apabila ada aplikasi versi lama, kemungkinan besar langsung melakukan update tanpa harus melakukan uninstall dan install berkali-kali.
Fitur yang ditawarkan masih memiliki keterbatasan karena tidak semua yang baru terdapat di versi ini. Apabila menginginkan fitur yang terbaru, seseorang harus melakukan update secara berkala.  Jika tidak mereka hanya bisa menggunakan fitur yang sudah ditawarkan saja.Fitur yang diberikan oleh WhatsApp versi yang paling baru sama dengan apa yang sudah diberikan oleh pihak pengembang.  Kemungkinan fitur di versi paling update ini bisa dimanfaatkan untuk menunjang komunikasi.
Masih tersedia beberapa gangguan yang membuat seseorang tidak bisa menggunakan WhatsApp secara maksimal. Meski demikian, apabila digunakan untuk melakukan chatting secara umum tidak akan memiliki masalah sama sekali.Gangguan seperti adanya bug merupakan hal wajar apabila menggunakan aplikasi versi yang terbaru.  Itulah kenapa terkadang seseorang menjadi beta tester.  Biasanya jika ada komplain terkait dengan masalah pada aplikasi yang terbaru dari developer akan melakukan pengecekan. Developer juga akan memperbaikinya di pembaruan update selanjutnya.
Kemungkinan besar masih terdapat masalah seperti tersisipi oleh virus atau malware yang bisa menyebabkan gangguan pada Android.Aplikasi sangat aman dan tidak akan terdapat malware atau virus yang bisa menyebabkan gangguan pada ponsel yang digunakan.

Download WhatsApp APK Versi Lama

Hal paling penting saat melakukan download WhatsApp versi lawas adalah dengan menggunakan situs yang tepat. Dengan begitu, Anda tidak akan mendapatkan APK versi yang berbahaya seperti mengandung virus atau APK yang sudah dimodifikasi oleh orang lain.


Untuk download WhatsApp versi lama ikuti langkah selengkapnya di bawah ini.


  1. Buka Google Chrome terlebih dahulu untuk memudahkan proses download.
  2. Selanjutnya, ketik Whatsapp old version.
  3. Setelah itu, Anda akan melihat beberapa situs yang muncul. Anda bisa menggunakan halaman berikut ini: https://whatsapp-messenger.en.uptodown.com/android/versions 
    cara download wa apk versi lama
    cara download wa apk versi lama
  4. Setelah mendapatkan Link yang sesuai, Anda bisa mengecek versi dari WhatsApp disana.
  5. Pilih versi yang paling stabil atau sesuai dengan kebutuhan.
  6. Setelah itu, langsung download seperti biasa.

Download GB WA versi Lama

Buat kamu yang senang dengan aplikasi WhatsApp modifikasi alias GB WA, kamu dapat mengunduh versi lama dan versi terbarunya lewat link berikut ini. Mengapa harus versi terbaru? Karena kalaupun kalian berhasil mendownload GB WhatsApp versi lama, kemungkinan besar kamu tidak dapat menginstall aplikasi WA tersebut karena engine aplikasi yang digunakan sudah kadaluarsa.

Cara pasang nomor WA GB versi Lama
Cara pasang nomor WA versi GB

Cara Instalasi WhatsApp Versi Lama

Proses instalasi dari file APK bisa saja sedikit berbeda daripada memasang dengan menggunakan Play Store. Agar tidak ada masalah selama instalasi, simak penjelasan di bawah ini:


  • Pastikan sudah tidak ada WhatsApp model terbaru yang terpasang pada ponsel Android. Apabila masih ada Anda wajib melakukan proses uninstall terlebih dahulu.
  • Selanjutnya, pada Play Store Anda juga harus menonaktifkan fitur untuk melakukan proses update secara otomatis. Jika hal ini dilakukan akan sia-sia jika sudah memasang WA versi lama tetapi tetap akan ada update.
  • Gunakan tautan yang sudah dibahas di atas.
  • Setelah mendapatkan file dalam bentuk APK, Anda bisa langsung membukanya untuk proses instalasi.
  • Apabila muncul pop-up untuk mengubah setting pada ponsel, ikuti langkahnya hingga selesai seperti mengaktifkan install from unknown sources.
  • Tunggu proses instalasi berjalan hingga selesai.
  • Setelah itu, buka aplikasi WhatsApp versi lawas lalu lakukan login.
  • Setelah selesai Anda bisa langsung menggunakan WhatsApp untuk melakukan proses chatting seperti biasa.

WhatsApp versi lama dari Autobild.co.id diatas memang memiliki beberapa kekurangan seperti fitur yang terkadang tidak sama dengan versi baru. Meski demikian, jika hanya digunakan untuk sekedar melakukan chatting standar, tidak akan ada perubahan yang cukup mendasar jadi tetap bisa digunakan.

Next article Next Post
Previous article Previous Post