Monday, November 16, 2020

author photo

Daftar isi [Tampil]

Bagi pengguna android, Google Play Store dapat diibaratkan seperti otak ponsel Android yang tidak bisa dipisahkan satu sama lainnya. Fitur ini sudah ada sejak smartphone diaktifkan dan memiliki banyak fungsi yang sangat vital. 


Sebagai penyedia aplikasi, buku, games dan tema. Dengan adanya Google Play Store pengguna android tidak perlu repot mengunduh aplikasi, buku, games atau tema dari situs internet. 

Instal play store
Instal play store

Hampir semua konten atau aplikasi tersedia di Google Play Store mulai dari yang gratis hingga berbayar. Saking bermanfaatnya, banyak pengguna android yang berpikir untuk download dan install Google Play Store versi paling baru.

2 Cara Download dan Install Google Play Store Versi Terbaru

Ada dua cara yang paling direkomendasikan bagi siapa pun yang berminat unduh dan pasang Google Play Store terbaru. Cara ini juga bisa diaplikasikan pada semua tipe smartphone android termasuk Samsung, Oppo, Vivo, Xiaomi dan sebagainya. 

  1. Manual

Disebut sebagai manual karena proses upgrade Google Play Store dilakukan secara langsung dari sumber permasalahannya yaitu Google Play Store. Bagaimana caranya? Ikuti tutorialnya berikut ini:


  • Pertama-tama, silahkan buka Google Play Store. 
  • Setelah itu, cari menu pengaturan. Dari halaman utama Google Play Store, pilih icon titik tiga yang berada di bagian atas pojok kanan tepatnya di sebelah kolom searching. 
  • Di menu setelah, scroll terus ke bawah dan pilih “versi play store” Ini berguna untuk memastikan jika Google Play Store ponsel sudah diperbarui atau belum. 
  • Jika Google Play Store sudah diperbarui maka akan muncul dialog yang kurang lebih mengatakan sudah menggunakan aplikasi terbaru.
  • Sebaliknya, apabila Google Play Store ponsel masih versi lama. Otomatis Anda akan menemukan pilihan perizinan untuk download dan install Google Play Store terbaru. Silahkan unduh aplikasinya dan tunggu hingga prosesnya selesai. 

  1. Menggunakan File Apk

Selain menggunakan cara pertama, Anda juga bisa mencoba cara kedua yang tidak kalah mudahnya ini. Apa perbedaan cara pertama dan cara kedua? Perbedaannya, dengan cara ini Anda harus mengunduh file format Apk. File Apk terbiasa digunakan untuk install software pada ponsel berbasis android.

Cara instal gapps secara manual
Cara instal gapps secara manual

  • Pertama-tama, silahkan Anda cari file Google Play Store Apk dari internet. Pastikan file Apk yang dipilih adalah versi terbaru bukan versi lama. Selain itu usahakan pula memilih file aplikasi yang benar-benar aman untuk ponsel android Anda. Salah satu yang bisa Anda unduh adalah versi terbaru November 2020 dari halaman berikut: apkpure.com/id/google-play-store/
  • Jika sudah menemukan aplikasi Google Play Store yang cocok. Download aplikasinya hingga selesai. Setelah itu pasang di android Anda.
  • Kembali ke halaman utama ponsel dan cari Google Play Store untuk memastikan lagi jika Anda telah berhasil upgrade aplikasinya. 

Itulah kedua cara yang bisa Anda coba jika bermaksud download dan install Google Play Store versi paling baru. Tidak sulit sama sekali bukan?  jika terjadi masalah dan Google Play Store tidak berhasil diunduh, perbarui pengaturan yang dibutuhkan dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

Cara Membuka Izin Keamanan

Android punya banyak sistem keamanan yang memungkinkan ponsel terlindungi dari tindakan tidak bertanggung jawab oleh oknum tertentu. Salah satu sistem keamanan yang diaktifkan adalah mencegah pengunduhan dari sumber tak dikenal. Untuk menghilangkan sistem keamanan tersebut, simak tutorialnya berikut.


  1. Langkah pertama, silahkan cari pengaturan atau setting di ponsel android Anda.
  2. Setelahnya pilih keamanan. 
  3. Dalam menu keamanan banyak informasi atau fitur yang ditawarkan. Untuk membuka izin keamanan, pilih “sumber tidak dikenal” Setelah itu klik centang. 
  4. Saat melakukan perizinan ini, ponsel akan memberikan warning. Abaikan peringatan tersebut dan pilih ok.
  5. Dengan demikian, Anda telah mengizinkan download dan install aplikasi dari berbagai sumber termasuk sumber tak dikenal. Artinya Google Play Store Apk yang ingin didownload sudah bisa diunduh dan disimpan pada ponsel.


Penting bagi Anda untuk mengembalikan kembali pengaturan perizinan keamanan setelah menyelesaikan upgrade Google Play Store. Caranya hampir sama seperti cara di atas, bedanya Anda harus menghapus tanda centangnya saja.

membuka izin keamanan di Android
membuka izin keamanan di Android / Blackxperience


Menggunakan Google Play Store versi lama membuat performa ponsel android Anda kurang bagus. Jika Anda merasakannya saat menggunakan ponsel, segera lakukan update. Tidak perlu membawa ponsel ke tukang service, cukup lakukan tiap tahapannya sendiri sebagaimana yang dijelaskan di atas.


Jika Anda mengikuti tata caranya secara sistematis. Proses download dan install Google Play Store terbaru akan berjalan lancar. Ponsel android pun berhasil terupgrade ke versi terbaru.

Next article Next Post
Previous article Previous Post