Saturday, June 25, 2022

author photo June 25, 2022

Daftar isi [Tampil]

Apabila membahas tentang kode plat nomor DI Yogyakarta tentu saja akan membahas hingga ke banyak topik. Kota ini sudah menjadi salah satu kota wisata budaya yang masih melestarikan kehidupan keraton yang layak dikunjungi. Uniknya kota ini menggunakan perpaduan wisata kultur budaya dengan modern sehingga menarik minat banyak orang.

Ilustrasi plat yogyakarta
Ilustrasi plat nomor Yogyakarta

Apabila mengunjungi Yogyakarta pasti akan menemukan banyak plat nomor di sini karena memang banyak wisatawan yang datang atau warga dari luar kota yang menetap di sini. Namun sebenarnya kode plat kendaraan Yogyakarta itu yang mana termasuk kode belakang setiap wilayahnya. Hal ini seringkali membuat banyak orang bingung apalagi yang baru saja datang ke Yogyakarta. 

Kode Plat Nomor DI Yogyakarta

Plat nomor sangat penting dan wajib dimiliki oleh setiap kendaraan bermotor karena bertujuan sebagai identifikasi kendaraan bermotor dan juga artinya kendaraan sudah mendapatkan izin beroperasi di jalanan. Plat nomor kendaraan juga datang bersama dengan STNK yang berisi informasi kendaraan bermotor yang penting. 


Plat nomor kendaraan atau nomor polisi memiliki informasi penting kendaraan seperti tahun pembuatan, warna, model, merek, VIN, dan nama serta alamat pemilik kendaraan. Semua data-data ini tertera di Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang merupakan salah satu bukti bahwa kendaraan tersebut memiliki izin beroperasi dan juga sudah resmi. 


Daerah Istimewa Yogyakarta terbagi menjadi satu kota dan juga beberapa kabupaten. Seluruh kabupaten yang terletak di DI Yogyakarta memiliki kode plat nomor kendaraan yang diawali dengan AB namun yang membedakannya yaitu terletak pada kode belakang setiap plat nomor yang letaknya setelah angka.


Huruf setelah angka di plat nomor kendaraan bervariasi bergantung pada masing-masing tiap area yang ada di Yogyakarta. Untuk plat nomor kendaraan bermotor Yogyakarta baik itu kendaraan roda empat maupun kendaraan roda dua yaitu: 


  • Kota Yogyakarta memiliki plat nomor AB dan kode belakang *A/*F/*H/*I/*S
  • Kabupaten Bantul memiliki plat nomor AB dan kode belakang *B/*G/*J/*K/*T
  • Kabupaten Gunung Kidul memiliki plat nomor AB dan kode belakang *D/*M/*W
  • Kabupaten Sleman memiliki plat nomor AB dan kode belakang *E/*N/*Q/*U/*Y/*Z
  • Kabupaten Kulon Progo memiliki plat nomor AB dan kode belakang *C/*L/*P/*V

Jalan Rawan Razia di Jogja (Plat Nomor AB)

Tahukan kamu bahwa ada beberapa titik point yang biasanya sering terjadi razia lalu lintas atau kerap kali disebut dengan operasi zebra, maka tak salah jika kamu harus siap sedia untuk selalu mematuhi peraturan dan memakai perlengkapan berkendara tidak hanya saat terjadinya razia saja. Diadakannya razia bertujuan untuk menertibkan para pengguna kendaraan dan mengurangi tindakan – tindakan kriminal.


Untuk informasi saja, di Yogya ada beberapa titik atau jalan yang biasanya rawan razia lalu lintas diantaranya Jalan Raya Prambanan – Piyungan, jalan dekat parkiran monjali,  dan beberapa daerah lain yang tidak perlu kamu khawatirkan.

Alamat Samsat dan Polres di Jogja

Daerah dengan plat nomor Jogja AB ini mempunyai kantor Samsat yang berfungsi untuk tempat pelayanan penggantian SIM, membuat dan memperpanjang SIM. Selain itu masih ada lainnya seperti membayar pajak kendaraan dan lainnya, untuk alamatnya sendiri berada di Jalan Tentara Pelajar Nomor 13, Bumijo, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.


Sedangkan untuk tempat pembuatan atau perpanjangan SKCK kamu bisa menuju Polres yang berada di Jalan Reksobayan Nomor 1, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain menuju ke lokasi langsung, kamu juga bisa melakukan atau membuat SKCK secara online. 

Cara Cek Plat Nomor DI Yogyakarta

Untuk mengecek plat nomor DI Yogyakarta bisa menggunakan aplikasi yang didownload di Play Store atau App Store. Untuk nama aplikasinya yaitu Pajak Kendaraan Yogyakarta. Aplikasi ini memang tidak dikhususkan untuk melakukan pengecekan plat nomor namun umumnya digunakan untuk melakukan pengecekan pajak kendaraan secara lebih rinci sehingga bisa mengetahui perkiraan pajak sebelum melakukan pembayaran atau perpanjangan STNK. 


Selain menggunakan aplikasi, bisa juga menggunakan website resmi dari Samsat. Untuk website Samsat DI Yogyakarta yaitu http://infonjkbdiy.com/. Informasi yang didapatkan dari website ini yaitu nama pemilik, warna, tahun kendaraan, dan informasi lengkap lainnya. Caranya hanya perlu mengakses website tersebut kemudian masukkan plat nomor kendaraan pada kolom yang sudah tersedia kemudian akan muncul informasi kendaraan.


Namun apabila tidak terlalu mengerti internet, bisa langsung mengunjungi kantor Samsat di wilayah anda. Jangan lupa untuk membawa dokumen yang dibutuhkan yaitu bukti pembayaran kendaraan bermotor (PKB) terakhir, STNK asli dan fotokopi, KTP asli dan fotokopi, BPKB asli dan fotokopi lembar pertama. Plat nomor DI Yogyakarta sebaiknya selalu diperpanjang tepat waktu dan juga pembayaran pajaknya agar tidak dirazia dan dikenakan denda nantinya. 

Next article Next Post
Previous article Previous Post